December 16, 2019

Air Terjun Tukad Cepung

Tak heran jika pulau Bali mempunyai julukan sebagai surga tersembunyi di dunia, karena begitu banyaknya tempat di pulau dewata ini yang sangat indah dan menakjubkan yang bahkan mungkin tidak ada di daerah lain maupun di negara lain.

Tentang Air Terjun Tukad Cepung

Bahkan di tempat-tempat yang sulit dijangkau maupun tersembunyi sekalipun pulau Bali memiliki keindahan yang luar biasa. Salah satu surga tersembunyi yang menjadi tujuan favorit para wisatawan pecinta wisata alam adalah Air Terjun Tukad Cepung di Bali ini.

Untuk anda wisatawan yang menyuaki alam, suasana hijau, derasnya air yang segar serta heningnya suasana sekitar maka Air Terjun Tukad Cepung menjadi objek wisata yang wajib anda kunjung dan masuk ke daftar tempat wisata di pulau Bali yang tak boleh terlewatkan karena Air Terjun ini benar-benar alami dan tidak ada sedikitpun campur tangan manusia di dalamnya.

Lokasi

Lokasinya yang sangat eksotis ini berada di Banjar Penida Kelod, Desa Tembuku, Kabupaten Banglibangle.

isorepublic.com

Rute Perjalanan

Jika anda dari bandara ngurah Rai maka jarak yang anda tempuh adalah sekitar 55 kilometer dan dapat ditempuh sekitar 1 setenga jam hingga 2 jam untuk sampai ke Air Terjun Tukad Cepung.

Air Terjun ini berada di antara dua tebing, yaitu di apit oleh dua tebing yang menjulang tinggi. Meskipun untuk masuk ke dalam air terjunnya sedikit sulit dan harus berhati-hati karena rawan terpeleset namun semua akan terobati jika anda sudah masuk ke tempat wisata ini, air terjunnya yang bersih dan jernih serta deras serta lumut-lumut hijau yang berada di sekitar air terjun menambah suasana sejuk sekitar air terjun.

Harga Tiket Masuk

Salah satu kelebihan dari tempat wisata ini adalah jika anda masuk ke objek wisata maka anda tidak dikenakan tarif resmi namun Untuk masuk ke objek wisata ini anda cukup membayar iuran sukarela seikhlasnya yang dimasukkan ke dalam kotak sebagai pengganti biaya untuk merawat dan menjaga keamanan sekitar.

Meskipun tidak sepopuler tempat wisata di pulau Bali yang lainnya pada umumnya namun objek wisata ini banyak di buru oleh wisatawan terutama bagi mereka para wisatawan pecinta alam yang cinta akan keindahan alam dan suka melewati jalur yang sedikit ekstrim untuk mendapat kepuasan tersendiri.

Karena untuk sampai ke lokasi Air Terjun anda harus cukup bekerja keras melintasi jalannya terutama jalan di antara tebing tinggi tersebut yang rawan kepleset dan membahayakan keselamatan.

Namun disamping jalanan yang ekstrim anda akan di suguhkan dengan pepohonan yang rindang dan asri serta sangat sejuk dan kontur tanah yang berundak dan menyusuri aliran sungai untuk dapat sampai ke tebing dimana Air Terjun ini berada.

isorepublic.com

Setelah anda mencapai ke Air Terjun Tukad Cepung ini anda dapat menikmati air terjun ini dengan mandi sepuasnya karena airnya yang jernih dan selalu mengalir membuat air di sini terasa sangat segar di badan.

Anda juga bisa rileks sejenak menikmati kesegaran di sini dengan menghirup udara yang segar serta memandangi hijaunya alam sekitar dan berendam atau mandi di dinginnya Air Terjun.

Tidak hanya itu, anda juga dapat berfoto-foto sepuasnya dengan spot foto Air Terjun ini yang sangat instagramable yaitu dengan latar belakang air terjun yang indah yang diapit oleh dua tebing yang tinggi dan besar, anda akan terlihat seperti di dalam gua yang memiliki air terjun.

Belakangan ini Air Terjun Tukad Cepung meskipun tidak terlalu popular namun sudah dilirik olah banyak wisatawan trutama wisatawan yang suka akan keindahan alam dan tracking yang menantang, oleh karena itu banyak pula agen biro wisata perjalanan yang menjadikan cukad tepung masuk ke dalam agenda wajib objek wisata yang harus di kunjungi.

Biasanya agen biro wisata perjalanan akan menawarkan beberapa opsi paket dengan beberapa destinasi wisata. Anda dapat memilih sesuka hati anda misalnya paket one day tour, aket 2 hari 1 malam, paket 3 hari 2 malam dan Paket Tour Bali 4 Hari 3 Malam.

Jika anda akan memilih paket tour wisata maka pastikan semua objek wisata yang ada dalam agenda paket tour wisata tersebut adalah objek wisata yang benar-benar anda ingin kunjungi. Jika budget anda tipis atau pas-pasan anda cukup memilih paket one day tour atau one day trip yang jelas lebih murah karena tidak ada biaya penginapan, makan maupun biaya-biaya pendukung lainnya.

Namun jika anda ingin puas berlibur di pulau Bali maka pilihlah paket tour wisata yang sekaligus menyediakan penginapan, makan, transportasi, tiket masuk objek wisata dan lainnya.

Carilah agen biro wisata perjalanan yang terpercaya serta memiliki ijin usaha resmi dari pemerintah daerah setempat sehingga anda terhindar dari penipuan.

Sekian yang dapat kami sampaikan tentang gambaran keindahan dari Air Terjun Tukad Cepung, semoga Anda dapat mengetahui bahwa di Bali masih ada wisata alam yang mungkin jarang dikunjungi tapi tetap memiliki keindahan alam yang tidak boleh dilewatkan ketika berlibur ke Bali.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *