May 28, 2020

Mengijinkan Anak Main Gadget Tanpa Harus Takut Kecanduan

Ada yang menganggap gadget itu racun buat anak. Namun, ada juga yang berpendapat anak sekarang memang sudah zamannya bermain device modern seperti gadget. Bagaimana menurut Anda?

Sekarang ini banyak gadget seperti tablet windows yang harganya murah. Ini membuat orangtua bisa mudah sekali membeli dan memberikan kepada anak sebagai hadiah.

Harus diakui banyak anak yang mengalami kecanduan gadget. Mereka lupa waktu jika sudah mainan gadget. Bahkan, tidak jarang anak tidak mau keluar rumah. Ia lebih suka berada di rumah dan main gadget online. Hal itulah yang membuat munculnya perspektif bahwa gadget itu tidak baik untuk anak.

Akan tetapi, harus juga diterima bahwa gadget juga bisa memberikan dampak positif. Karena bagaimanapun juga anak sekarang harus disiapkan di era digital di masa yang akan datang. Makanya, sejak kecil anak sudah harus dikenalkan dengan gadget. Hanya saja, anak harus bisa dikontrol agar tidak kecanduan.

Mengapa Anak Kecanduan Gadget?

Yang menjadi pertanyaan sekarang adalah bagaimana agar anak tidak kecanduan. Pertanyaan ini hanya bisa dijawab ketika Anda bisa menjawab apa yang menyebabkan anak kecanduan gadget.

Setidaknya ada dua faktor utama. Yang pertama, tidak adanya pengawasan dari orang tua. Anda bisa lihat sendiri banyak orang tua yang justru menjadikan gadget sebagai obat agar anak tidak rewel. Agar anak tidak mengganggu pekerjaan orang tua, maka gadget diberikan.

Mereka membiarkan anak bermain gadget. Asalkan anak tenang dan tidak rewel, orang tua memberikan gadget sepanjang hari. Akhirnya, anak mengalami ketergantungan sehingga setiap kali rewel, ia akan meminta gadget.

Sementara itu, orang tua tidak bisa mengontrol dan mengawasi. Anak akan menjelajahi dunia internet dengan gadget. Apalagi jika anak diberi tablet windows sendiri. Itu artinya gadget tersebut anak sendiri yang kuasai.

Tidak hanya itu. Kebanyakan anak juga hanya bermain game di gadget. Padahal, gadget bisa dijadikan media untuk belajar, bukan? Namun, tidak adanya pengarahan dari orang tua membuat anak hanya tahu bahwa gadget itu media untuk bermain game. Itu saja

Agar anak Anda bisa mendapatkan manfaat dari gadget, Anda harus memahami dua faktor tersebut. Kemudian cari tahu cara agar anak bisa berkembang dengan memberinya gadget.

Menjadikan Gadget Sebagai Media Belajar

Apakah hal ini mungkin? Sangat mungkin. Bahkan, ini sudah diterapkan di berbagai negara. Anda bisa meniru dengan melakukan beberapa hal berikut ini:

  1. Siapkan Tablet Khusus

Jangan berikan hp tapi berikan tablet. Ini smartphone yang layarnya lebar. Ini akan membuat anak tidak memicingkan mata sehingga bisa menyebabkan mata anak sakit.

Anda bisa belikan tablet windows murah yang memang didesain untuk alat belajar anak-anak. Tablet tersebut biasanya tidak dibuat dengan spesifikasi tinggi. Sehingga anak tidak bisa memainkan game besar.

  1. Jangan Sambungkan ke Internet

Setelah membelikan tablet, yang Anda perlu lakukan adalah membuat anak tahu bahwa tablet bukan hp untuk main game, melainkan untuk belajar.

Faktanya, banyak anak kecil, bahkan balita, sudah bisa download game sendiri dan memainkannya tanpa diajari. Untuk itu, hindari menyambungkan tablet dengan koneksi internet. Biarkan offline.

  1. Siapkan Materi Belajar

Lalu, apa gunanya memberikan tablet jika tidak terkoneksi dengan internet? Tablet bisa digunakan sebagai media belajar.

Anda tinggal sambungkan dengan internet lalu download-kan materi pembelajaran. Download materi ebook yang diperlukan sang buah hati, mulai dari materi IPA, IPS, matematika, dan lain sebagainya.

Download juga materi kuis interaktif yang tidak membutuhkan koneksi internet ketika dimainkan. Setelah materi tersebut selesai didownload dan tersimpan di tablet, matikan koneksi internet. Tablet bisa diberikan ke anak dan kasih tahu di mana saja materi disimpan.

  1. Download Mainan untuk Entertaining

Boleh saja anak main game. Namun, Anda yang harus memilihkan. Misalnya saja untuk balita, Anda bisa download mainan menggambar atau mewarnai digital. Atau Anda bisa download mainan edukatif interaktif.

  1. Menentukan Jadwal

Ini yang tak kalah penting. Meskipun Anda sudah membelikan tablet windows, bukan berarti anak bisa bermain dengan table semaunya.

Harus ada keseimbangan antara bermain atau belajar dengan tablet dengan bermain aktif secara fisik. Permasalahan yang muncul sekarang adalah banyaknya anak yang pasif. Mereka tidak mau bergerak aktif ketika mereka sudah terlalu suka dengan digital.

Oleh sebab itu, tentukan jam berapa saja anak boleh memegang tablet. Selain itu, bagi juga kapan waktu anak harus belajar dengan tablet dan bermain game.

Sekarang, simpan hp Anda. Jangan berikan kepada anak. Sebaiknya Anda belikan tablet windows murah yang memang didesain sebagai media belajar anak zaman sekarang. Ikuti tips tersebut di atas agar anak tidak kecanduan bermain gadget.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *