May 28, 2020

Antivirus Terbaik Untuk Android Yang Tidak Memakan Banyak RAM

Sebelum menjawab jenis antivirus terbaik untuk Android, penting untuk tahu dulu sebenarnya perlu ataukah tidak HP Android dipasang antivirus. Di era digital berbasis internet seperti sekarang ini, mungkin akan banyak yang menjawab jika HP Android harus ada antivirusnya.

Sebenarnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Mungkin pada PC atau Laptop, antivirus benar-benar sangat dibutuhkan. Bahkan untuk kedua perangkat tersebut antivirus menjadi salah satu aplikasi yang wajib ada. Lalu bagaimana dengan perangkat lunak lain seperti smartphone?

Perlukah Antivirus Pada HP Android  

pexels.com

Dalam hampir semua kasus, ponsel dan tablet berbasis Android sebenarnya tidak memerlukan antivirus. Pasalnya virus pada HP Android sama sekali tidak lazim seperti yang selama ini banyak diyakini.

Justru yang sebenarnya harus diantisipasi dari smartphone berbasis Android adalah berkaitan dengan pencurian data atau yang sering dikenal dengan malware daripada virus. Kenapa demikian?

Pasalnya hampir sebagian besar malware Android sengaja dipasang di belakang aplikasi yang tidak jelas asal-usulnya atau masih meragukan. Yang membut sedikti lebih tenang adalah jenis aplikasi seperti ini sekarang sudah tidak lagi ditemukan di Google Play Store.

Pernahkah ketika Anda menginstall aplikasi yang tidak jelas, HP Android akan langsung memberikan peringatan. Hal ini dikarenakan secara default Android tidak memungkinkan untuk diinstall aplikasi dari sumber lain yang kurang jelas keamanannya.

Artinya potensi smartphone berbasis Andoid terkena virus sangatlah kecil dengan catatan Anda tidak memasang apliksi dari sumber lain selain dari Google Play. Jadi jika Anda main aman dengan tidak menginstall apalikasi di luar Play Store, maka sebenarnya HP Anda tidak butuh antivirus.

Antivirus Terbaik Untuk HP Android

pexels.com

Meskipun di atas sudah sangat jelas dikatakan jika smartphone Android tidak terlalu butuh antivirus, namun untuk berjaga-jaga alangkah lebih baiknya jika memasang antivirus pada Ponsel Android Anda.

Berbicara mengenai antivirus terbaik untuk Android, di bawah ini ada beberapa pilihan antivirus yang dikenal sangat bagus dan tidak memakan banyak RAM. Artinya sangat ringan jika diinstall pada HP Android.

  1. Avast Mobile Security

Secara fungsi, Avast Mobile Security ini hampir sama dengan Avast yang umum dipasang pada PC maupun Laptop. Artinya secara kualitas sudah tidak diragukan lagi. Selain bisa mengamankan email dari phising, HP juga bisa terbebas dari website yang terjangkit virus. Artinya berselancar di dunia maya akan lebih aman jika ponsel dipasang Avast Mobile Security.

  1. McAfee Mobile Security

McAfee memang lebih populer sebagai aplikasi antivirus versi desktop atau antivirus untuk PC maupun Laptop. Namun kini McAfee sudah hadir dalam versi Mobile, khususnya yang berbasis Android.

Selain mampu memberantas virus, antivirus terbaik untuk Android ini juga menyediakan fitur lacak smartphone apabila smartphone hilang. Selain itu terdapat juga fitur pengunci aplikasinya juga.

  1. CM Security Master

Banyak yang menganggap jika CM Security memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding dengan antivirus Android lainnya. Dan ternyata itu benar adanya. Aplikasi CM Security memang menyedikan beragam fitur yang menarik, misalnya saja seperti fitur VPN dan pembersih sampah.

Selain itu antivirus bernama CM Security ini dikenal cukup ampuh untuk mengamankan smartphone Android dari serangan virus dan mampu mengamankan data dari spyware maupun malware.

  1. Bitdefender Mobile Security

Untuk versi desktop, antivirus bernama Bitdefender ini memperoleh peringkat terbaik di atas Kaspersky. Berita baiknya kini sudah hadir untuk versi mobile khususnya yang berbasis Android.

Bukan sesuatu yang mengejutkan jika Bitdefender Mobile Security ini dinobatkan sebagai aplikasi pengamanan terbaik. Pasalnya antivisrus ini secara fitur terbilang sangat lengkap. Bahkan ada juga fitur bernama WearOn yang memungkinkan bisa menjaga keamanan data smartwatch.

Keempat aplikasi antivirus tadi secara gratis bisa Anda unduh melaui Google Play Store. Memang cukup penting untuk melindungi data-data penting di smartphone Android Anda. Oleh sebab itu pilihlah aplikasi antivirus yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja jika Anda memiliki hoby menonton film menggunakan Ponsel.

Kenapa demikian? Pasalnya website-website penyedia film dikenal memiliki potensi yang cukup besar untuk menyebarkan virus pada perangkat HP. Untuk itulah penting untuk melakukan proteksi sedini mungkin.

Berbicara mengenai menonton film di HP, jadi teringat dengan paket internet khusus bernama Videomax. Salah satu paket internet yang memang kuotanya dikhususkan untuk menonton film dan serial TV.

Artinya menonton film akan semakin nyaman dan tidak khawatir kuota habis jika memilih paket internet khusus seperti Videomax ini. Namun untuk urusan proteksi HP Android, keempat antivirus terbaik untuk Android di atas bisa dipilih salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *