October 29, 2020

Apa Itu Doa Qunut? Berikut Penjelasan Beserta Manfaatnya

Sebagai penganut agama Islam tentu sudah tidak asing dengan doa qunut. Doa ini akan diucapkan ketika menunaikan ibadah sholat subuh. Ketika mengerjakan sholat subuh anda akan menemukan sebuah gerakan yang disebut gerakan qunut. Gerak qunut merupakan gerakan tegak setelah melakukan rukuk. Gerakan qunut ini memiliki arti sebagai ketaatan, patuh berdiam dalam jangka waktu, dan kesungguhan.

Ada yang membedakan antara menunaikan sholat subuh dengan sholat lima waktu lainnya. Perbedaan tersebut adalah adanya tambahan gerakan qunut. Gerakan qunut ini ditunaikan setelah rakaat kedua, saat melakukan gerakan qunut ditambah dengan membaca doa. Doa tersebut memiliki arti sebagai permohonan umat kepada Tuhan untuk mendapatkan petunjuk, mendapatkan kesehatan, dan keberkahan.

Doa satu ini juga tidak hanya ditemukan pada sholat subuh saja namun bisa ditemukan pada sholat witir. Doa ini diucapkan dalam pelaksanaan sholat witir untuk bisa menyempurnakan sholat. Walaupun bisa ditemukan baik di sholat subuh dan sholat witir namun qunut kedua sholat ini berbeda. Qunut pada sholat witir memiliki arti permintaan umat kepada Allah SWT untuk meminta pengampunan dan menunjukan jalan yang benar.

Hukum Membaca Qunut

Membahas hukum dari membaca qunut dibagi menjadi tiga bentuk. Qunut sendiri memang cukup baru dan memiliki hukum yang beragam. Setiap ulama memiliki pendapatnya masing – masing dalam penetapan hukum bacaan qunut. Hukum bacaan qunut yang pertama adalah bacaan yang disunnahkan. Bacaan qunut ini disunnahkan untuk dibaca secara terus menerus. Hukum bacaan yang ke dua adalah menyatakan bahwa qunut yang masih disyariatkan adalah qunut nazilah. Qunut nazilah ini tetap diperbolehkan untuk sebagai bacaan ketika sholat.

Hukum baacaan yang ke tiga adalah bacaan yang sudah tidak disyariatkan. Ada yang menganggap bahwa qunut sudah terhapus hukumnya. Tiga hukum mengenai qunut tersebut memang harus anda ketahui. Pada Intinya penggunaan bacaan qunut masih diperbolehkan untuk bacaan yang dibaca terus menerus.

Manfaat Membaca Qunut

Manfaat membaca qunut ketika menunaikan sholat adalah untuk memohon pemberian petunjuk dari Allah SWT dalam menjalankan kehidupan di dunia. Mengucapkan qunut juga bisa digunakan untuk meminta ilmu dan juga amal sholeh. Bacaan qunut dijadikan sebagai bacaan untuk memohon kesehatan. Qunut memiliki arti sebuah permohonan agar seluruh umat mendapatkan perlindungan Allah SWT sehingga terhindar dari berbagai mara bahaya.  Ada banyak manfaat dari bacaan qunut ini.

Pada intinya mengucapkan qunut bertujuan untuk menyempurnakan sholat yang ditunaikan. Selain itu ada beragam manfaat yang bisa didapatkan dengan mengucapkan doa satu ini. Bagi umat muslim mengucapkan doa ini mampu menjadi cara untuk lebih mendekatkan diri dengan Allah SWT. Itulah pengertian dari qunut yang sering diucapkan ketika sholat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *