October 29, 2020

Mencari Tahu Apa Itu UKM Beserta Klasifikasi dan Cara Mengembangkannya

Apa itu UKM? Pertanyaan seperti ini sudah seringkali didengar. Masih ada banyak masyarakat Indonesia yang belum paham dan mengerti tentang UKM. Padahal keberadaannya ada di sekitar kita dan telah meningkatkan perekonomian masyarakat.

Saat ini jumlah UKM terus mengalami pertumbuhan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya persaingan. Selama ini keberadaan UKM telah mengurangi banyak pengangguran di Indonesia. Bahkan bisa membuat masyarakat untuk mau mulai membuka bisnis jenis ini. Ada kendala dalam menjalankan usaha ini, seperti minimnya modal dan strategi pemasaran.

Sebelum membahas lebih jauh tentang UKM, mari terlebih dahulu mencari tahu pengertiannya. Hal ini dilakukan supaya lebih memahami tentang UKM secara keseluruhan. Untuk lebih jelasnya, simak uraian d bawah ini.

Pengertian UKM

Apa itu UKM? Usaha Kecil Menengah merupakan salah satu penggerak perekonomian di Indonesia. Hal ini karena 60 persen PDB berasal dari UKM. Hal ini sangat luar biasa karena usaha ini bisa memiliki peranan penting dalam memajukan perekonomian negara.

Secara tidak langsung keberadaan UKM telah membantu negara dalam menciptakan lapangan kerja baru. Semakin banyaknya lapangan kerja baru maka akan mengurangi jumlah pengangguran di Indonesia. Tentunya masyarakat menjadi lebih mandiri dengan berani membuka suatu usaha.

Ada banyak jenis bisnis UKM yang bisa dijalankan. Dari beberapa jenis UKM tentunya  telah berhasil meningkatkan perekonomian negara. Contohnya usaha di bidang kuliner, fashion, agrobisnis, otomotif, pendidikan, produk kreatif, tour and travel, dan sebagainya.

Klasifikasi UKM Berdasarkan Perkembangannya

  1. Livelihood Activities

Livelihood activities merupakan UKM yang biasanya digunakan sebagai suatu kesempatan kerja untuk mencari nafkah. Supaya lebih mudah dipahami maka bisa disebut sebagai sektor informal. Contoh dari klasifikasi UKM ini adalah pedagang kaki lima. Di Indonesia sendiri banyak ditemukan pedagang kaki lima yang menjual berbagai macam produk.

  1. Micro Enterprise

Micro enterprise merupakan jenis UKM yang bersifat pengrajin tetapi belum mempunyai jiwa kewirausahaan. Contohnya adalah usaha gerabah rumahan. Di Indonesia sendiri masih banyak UKM micro enterprise.

  1. Small Dynamic Enterprise

Small dynamic enterprise merupakan UKM yang dalam perjalanannya telah memiliki jiwa kewirausahaan serta telah menerima pekerjaan sub kontrak dan ekspor. Contohnya ukiran patung di Bali yang telah diekspor ke luar negeri terutama Eropa.

  1. Fast Moving Enterprise

Fast moving enterprise merupakan UKM yang memiliki jiwa kewirausahaan dan telah bertransformasi menjadi usaha besar. Contohnya kebab turki yang telah menjadi franchise di Indonesia.

5 Cara Mengembangkan UKM Supaya Berhasil

  1. Menjaga Kualitas Produk

Kualitas produk menjadi satu hal yang harus diperhatikan. Terlebih produk merupakan sesuatu yang ditawarkan ke masyarakat. Suatu perusahaan biasanya menentukan standard operating system. Dalam menekuni UKM memang harus selalu memperhatikan kualitas yang ditawarkan. Karena ini merupakan penentu kesuksesan UKM yang dijalani.

  1. Meningkatkan Kapasitas Teknologi Informasi

Tidak bisa di pungkiri jika saat ini teknologi telah berkembang dengan begitu pesat. Dalam menjalankan bisnis UKM bisa memanfaatkan teknologi untuk menjangkau banyak konsumen. Biasanya memanfaatkan media sosial untuk pemasaran produk. Jika produk yang ditawarkan telah menjangkau pasar yang sangat luas maka akan mendapatkan banyak pendapatan.

Tidak hanya itu saja, canggihnya teknologi juga bisa dimanfaatkan untuk menyimpan data dan informasi. Data dan informasi yang disimpan dengan sangat baik bisa digunakan jika sewaktu-waktu ingin mengambil suatu keputusan. Caranya dengan membuka laporan sebelumnya. Cara ini dapat membantu dalam mengembangkan UKM.

  1. Media Internet

Sudah bukan rahasia lagi apabila media internet memiliki peran begitu besar dalam kehidupan masyarakat terutama UKM. Dalam UKM keberadaan internet bermanfaat untuk menjalin kerja sama secara online. Salah satunya untuk menawarkan barang secara online.

Strategi pemasaran menggunakan media internet sangat efektif untuk dilakukan. Selain mudah juga tidak membutuhkan modal besar. Bisa dibilang menjadi lebih hemat. Tentunya sisa biaya untuk promosi bisa digunakan untuk kebutuhan lainnya untuk keberhasilan UKM.

  1. Segmentasi Pasar

Kesuksesan suatu bisnis juga ditentukan oleh segmentasi pasar. Keberhasilan penjualan produk sangat ditentukan oleh market yang telah Anda pilih. Ketika menentukan segmentasi pasar tentunya harus memperhatikan berbagai hal.

Keberhasilan UKM yang dijalankan ditentukan dengan cara Anda mengelolanya. Perlu diketahui jika setiap target  memiliki kebutuhan yang berbeda-beda. maka dari itu menentukan segmentasi pasar bisa mengoptimalkan setiap produk yang diproduksi.

  1. Membuat Rencana Bisnis

Sebelum memulai menjalankan usaha kecil menengah terlebih dahulu harus membuat rencana bisnis yang tepat. Hal ini penting dilakukan supaya bisa mencapai tujuan dan usaha yang dijalankan bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Nah itulah uraian tentang apa itu bisnis UKM beserta klasifikasi dan cara mengembangkannya. Salah satu usaha kecil menengah paling menjanjikan adalah menjual pulsa dan paket data. Supaya mendapatkan banyak keuntungan bisa memilih agen pulsa murah. Biasanya melalui agen pulsa murah akan mendapatkan harga miring.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *