September 20, 2020

Bahaya MSG untuk Anak

Anak-anak identik dengan jajanan. Banyak jajanan yang beredar di supermarket atau kedai memiliki dibuat dengan menambahkan MSG atau penyedap didalamnya. Hal tersebut membuat anak-anak suka menikmatinya karena rasanya yang sedap.

Sebagai bahan tambahan pangan, sebenarnya MSG berbahaya tidak sih buat anak-anak? Bagi para orang tua yang masih bingung jawabannya, artikel ini akan membahas mengenai bahaya MSG untuk anak.

Bahaya MSG untuk Anak

MSG (Monosodium Glutamate) adalah suatu bahan kimia yang biasanya digunakan sebagai penyedap pada makanan. MSG ini terdiri dari garam natrium, air, dan glutamate. MSG biasa disebut dengan vetsin. Penyedap makanan ini bisa digunakan dalam berbagai makanan mulai dari daging, ikan, sayuran, berbagai saus, sup, dan makanan ringan.

Menurut WHO (1970), MSG bisa dikonsumsi dengan aman sebanyak 0 – 120 mg/kg berat badan. Tentunya konsumsi MSG yang melebihi dosis akan memberikan dampak  buruk bagi masalah kesehatan. Terutama bagi anak-anak karena mereka memiliki tubuh yang masih lemah dan lebih sensitif.

Bahaya MSG untuk anak dibagi menjadi dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang. Dampak jangka pendek bagi konsumsi MSG yang berlebihan yaitu sakit kepala, perut mual, keringat yang berlebihan, kesemutan, nyeri dada, dan jantung yang berdetak kencang.

Dampak jangka panjang MSG pada anak

·        Alergi

MSG bisa menyebabkan reaksi hipersensitif atau alergi bagi sebagian orang.

·        Adiktif

Mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG bisa membuat orang menjadi ketagihan. Apabila konsumsinya terlalu berlebihan makan akan timbul gejala obesitas

·        Obesitas

MSG bisa menyebabkan obesitas karena mengganggu hubungan endokrin antara brown fat dan meta-thermoregulatory modulators.

·        Hipertensi

Tingginya kandungan natrium dalam MSG menyebabkan seseorang dapat mengalami hipertensi.

·        Menurunkan fungsi otak

MSG yang masuk ke dalam otak akan diterima oleh sel-sel neuron. Sel-sel neuron itu akan menjadi bergairan dan meningkatkan impulsnya hingga kemudia neuron tersebut banyak mati. Matinya neuron menyebabkan turunnya fungsi otak.

  • Kanker
    Glutamate dalam MSG bisa membentuk pirolisis karena adanya pemanasan dalam suhu tinggi dalam waktu yang lama.

Itulah beberapa bahaya MSG untuk anak yang bisa diwaspadai. Penggunaan MSG diperbolehkan asalkan dosisnya tidak melebihi batas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *