May 28, 2020

Beberapa Hal Penting yang Perlu Diperhatikan oleh Profesi Supir Truk

Banyak yang mengira jika sopir merupakan pekerjaan yang ringan dan bisa dilakukan siapa saja, padahal justru sebaliknya karena berprofesi sebagai seorang supir juga memiliki tantangannya sendiri dengan banyak resiko yang mengikutinya, termasuk salah satunya adalah Supir truk. Profesi yang satu ini mungkin masih kerap dianggap remeh padahal ada tanggung jawab besar yang harus diemban oleh para Supir truk tersebut, bukan soal keluarga di rumah atau tugas dari atasan saja yang harus dipikirkan tapi masih banyak lagi hal yang seringkali menjadi perhatian bagi para supir truk seperti berikut ini.

Faktor penting yang perlu diperhatikan oleh para supir truk

  1. Kondisi truk

Karena seringnya digunakan terkadang truk juga menemukan kondisi Lelah di mana beberapa bagiannya mungkin rusak dan perlu diganti di saat itu juga, kondisi seperti ini tentu akan menjadi kendala tersendiri di kala barang angkutan harus tiba tepat waktu namun kondisi truk sedang tidak bersahabat.

  1. Pungutan liar

Tak bisa dipungkiri bahwa di sepanjang perjalanan truk seringkali menemui beberapa titik pungli atau pungutan liar yang sangat mengganggu, biasanya ini dilakukan oleh segelintir oknum yang mengatasnamakan apparat atau juga bisa para preman setempat. Dengan adanya pungutan liar seperti ini maka tak jarang para supir truk mengeluhkan berkurangnya penghasilan bahkan lebih memilukan lagi bagi para supir yang hanya diberi uang makan saja selama perjalanan sehingga untuk pengeluaran yang satu ini sang supir harus merogoh kocek sendiri.

  1. Kesehatan

Kesehatan menjadi salah satu faktor paling penting yang wajib diperhatikan oleh seorang supir truk. Dengan kesehatan yang baik, maka faktor keselamatan dari truk dan juga barang bawaan yang dibawa akan lebih tinggi. Selain itu kesehatan juga mempengaruhi kinerja dari supir truk. Jika seorang supir truk memaksakan diri untuk bekerja di saat sakit maka konsentrasi mereka akan berkurang sehingga resiko kecelakaan akan meningkat dan itu bisa membahayakan tidak hanya keselamatan sang supir tapi juga orang orang disekitar mereka karena truk yang dibawa memiliki volume yang besar dan bisa membahayakan jalanan jika terjadi kecelakaan. Itulah mengapa faktor keehatan sangat penting dan menjadi faktor wajib yang perlu diperhatikan seorang supir truk.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *