December 2, 2022

Bet Tenis Meja

Tenis meja adalah salah satu cabang olahraga yang dapat dimainkan tunggal maupun secara berpasangan. Permainan yang popular dengan nama pingpong ini memiliki cara bermain yang menyerupai bulu tangkis namun menggunakan bola dan bet sebagai perlengkapan. Nah, kali ini yang akan dibahas adalah tentang bet tenis meja. Berikut pejelasannya :

Bet merupakan alat pemukul bola pada tenis meja. Setiap bet mengandung kayu dan campuran serat karbon. Komposisi kayu sebanyak 85% dan ditambah dengan campuran serat karbon, kertas padat serta serat kaca. Disetiap sisi bet dilapisi dengan karet licin dengan ketebalan sekitar 2mm tanpa tambahan spons dan dengan tambahan spons sekitar 4mm.

Raket tenis meja atau disebut bet memiliki 2 bagian utama yaitu papan sekaligus pegangan atau blade dan lapisan karet yang biasa disebut rubber berwarna hitam dan putih. Bet biasanya dijual terpisah atau langsung satu bundle yang siap digunakan. Lapisan karet biasanya perlu diganti agar tetap dapat memantulkan bola secara maksimal.

Ada 2 cara memegang bet yaitu shake hand dan penhold. Shake hand adalah posisi memegang bet menyerupai orang yang berjabat tangan. Biasanya digunakan oleh orang yang telah professional karena menghasilkan kekuatan maksimal. Sementara penhold adalah posisi memegang bet seperti sedang menulis. Bet yang baik harus sesuai dengan kenyamanan Anda.

Bet memilki 2 bentuk yakni berbentuk kotak dan berbentuk bulat. Raket tenis meja berbentuk bulat memberikan tenaga yang lebih kuat yang memudahkan untuk mengontrol bola. Sementara bet berbentuk kotak biasanya dipakai oleh orang yang menggunakan posisi pegangan penhold.

Di Indonesia umumya bet berbentuk bundar yang sering digunakan. Harga untuk satu buah bet mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Untuk dapat menggunakan bet dalam jangka waktu yang lama, perlu memperhatikan cara penyimpanan dan perawatan yang tepat.

Protective coating dapat digunakan untuk melindungi lapisan kayu bet agar tidak terkelupas jika ingin mengganti rubber. Menyimpan bet menggunakan plastic pelindung juga dapat menjadi solusi agar kelembaban udara terjaga dan terlindungi dari debu. Dengan penyimpanan dan perawatan yang tepat, bet tidak mudah megalami pelapukan dan kerusakan.