April 6, 2020

Pentingnya Mempunyai BPKB Motor

Berbicara mengenai dokumen penting berkendara pasti sangat menarik untuk disimak. Sebagai salah satu pengguna kendaraan bermotor, alangkah baiknya kita juga tahu dokumen penting apakah yang harus dimiliki sebuah kendaraan bermotor. Salah satu dokumen penting tersebut adalah BPKB.

BPKB adalah singkatan dari Buku Pemilik Kendaraan Bermotor. Sesuai dengan namanya menunjukan bahwa dokumen ini dimiliki oleh pemilik kendaraan. Secara tidak langsung menandakan bahwa BPKB menunjukan bahwa pemegangnya buku tersebut yang menjadi pemilik sah kendaraan tersebut. Dari situ saja sudah bisa disimpulkan bahwa BPKB sangat penting untuk dimiliki.

Dokumen penting kendaraan tidak hanya BPKB saja melainkan masih ada beberapa dokumen lainnya. Seperti haknya ada STNK dan Surat Ketetapan Kewajiban Pembayaran lainnya. Kenapa harus mempunyai BPKB? Ada beberapa hal yang harus anda tahu mengenai BPKB ini sehingga anda bisa menjaga BPKB anda dengan lebih baik.

Motor menjadi salah satu kendaraan pribadi yang hampir dimiliki setiap orang. Bahkan bisa dikatakan satu orang satu motor. Hal ini menunjukan bahwa manusia sangat bergantung dengan kendaraan tersebut. Tidak hanya asal mempunyai kendaraan saja. Ketika anda ingin membeli motor maka anda harus menayangkan BPKBnya. Walaupun motor tersebut bekas tetap saja harus dilengkapi dengan dokumen pentingnya.

Mempunyai kelengkapan dokumen penting berkendara ini menunjukan bahwa kendaraan tersebut tidak bermasalah. Sehingga sering ditemukan kalimat kendaraan bodong. Maksud bodong adalah kendaraan yang tidak dilengkapi dengan dokumen penting. Biasanya jika tidak memiliki dokumen penting kendaraan ini bisa terkena razia maupun ditilang oleh polisi.

Lengkapi Kendaraan Bermotor dengan BPKB

ilustrasi (photo: pixabay.com)

BPKB adalah buku yang dikeluarkan secara resmi dari Kepolisian Negara Republik Indonesia. BPKB ini akan selalu diberikan ketika membeli sebuah motor. Satu kendaraan bermotor dilengkapi dengan satu BPKB. Tidak hanya sekedar buku saja melainkan BPKB ini mengandung sebuah nilai yang cukup kuat.

Ketika pemilik kendaraan kehilangan BPKB ataupun BPKB digadaikan maka anda harus segera mengurusnya. Dibutuhkan juga sebuah surat kuasa pengambilan BPKB ketika terjadi sebuah masalah. Karena dokumen ini sangat penting alangkah baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu sebelum bertindak.

BPKB mempunyai nilai yang kuat di depan hukum dan juga mempunyai nilai ekonomis. BKPB di depan hukum bisa dijadikan sebagai barang bukti yang akan mempermudah pemilik untuk menyelesaikan masalah yang sedang terjadi. Sering terjadi beberapa kasus yang membuat dokumen BPKB ini dimunculkan. Itulah yang menjadikan BPKB semakin penting untuk dimiliki. Sedangkan untuk nilai ekonomisnya BPKB menjadi dokumen yang mempunyai nilai uangnya. Banyak yang menggunakan BPKB untuk mengajukan pinjaman uang dan menjadikan BPKB sebagai jaminan. Namun walaupun mempunyai nilai ekonomis jangan sampai anda menjadikan BPKB anda sebagai jaminan ya.

Sangat pentingnya BPKB tentu membuat anda sebagai pemiliknya jangan sampai sembarangan untuk mempergunakannya, atau bahkan sampai kehilangan. Karena melalui BPKB inilah anda bisa dikatakan sebagai pemilik kendaraann bermotor yang sah. Jadi perhatikan dengan baik – baik mengenai BPKB motor ini.

Kenapa BPKB Penting?

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Beberapa penjelasan yang sudah dipaparkan di atas tentu sudah membuat anda sedikit paham akan alasan kenapa BPKB ini sangat penting. Namun untuk lebih jelasnya akan dibahas di bawah ini mengenai alasan pentingnya mempunyai sebuah BPKB.

Seperti yang sudah sedikit dijelaskan di atas bahwa BPKB mempunyai nilai hukum. Ketika terjadi sebuah masalah maka BPKB ini bisa dijadikan sebagai bukti yang sah di mata hukum. Sehingga memang sangat penting untuk mempunyai BPKB ini. Jika hilang maka segeralah untuk mengurusnya.

Salain mempunyai nilai hukum, BPKB juga mempunyai nilai ekonomis. Baik BPKB motor maupun mobil sama – sama mempunyai nilai ekonomis. BPKB ini bisa dijadikan sebagai cara meminjam uang dengan menggandaikannya. Karena mempunyai nilai ekonomis inilah seringkali orang menggadaikan BPKBnya. Namun mengingat pentingnya dokumen ini maka jagalah dengan baik.

Lalu apa alasan penting lainnya? BPKB menjadi penting karena bisa menciptakan ketertiban masyarakat. BPKB sebagai salah satu bukti yang mampu menunjukan kepemilikan. Sehingga ketika semua kendaraan baik motor maupun mobil dan beberapa kendaraan lainnya mempunyai BPKB ini maka bisa menciptakan ketertiban masyarakat.

Mudah lecak kendaraan yang tidak memiliki dokumen penting. Seringkali orang melakukan kejahatan dengan mencuri kendaraan dan menjualnya untuk menghilangkan jejak. Baisanya kendaraan curian ini tidak dilengkapi dengan dokumen penting. Sehingga ketika ada kendaraan yang tidak dilengkapi dokumen penting bisa disita untuk menyelesaikan beberapa kasus kehilangan yang terjadi.

Beberapa hal di atas menunjukan betapa pentingnya BPKB untuk sebuah kendaraan. Setelah membaca penjelasan di atas pastilah anda semakin paham mengenai BPKB. Setiap orang memang harus paham dengan dokumen penting yang dimiliki setiap kendaraan yang mereka miliki tersebut. Jangan sampai kendaraan anda tidak dilengkapi dengan dokumen penting sehingga bisa menyebabkan berbagai masalah kedepannya.

Kini siapkan dokumen penting kendaraan anda. Tidak hanya BPKB saja melainkan beberapa dokumen penting kendaraan lainnya. Jadilah sebagai warga negara yang baik dengan mematuhi beberapa peraturan yang telah ditetapkan oleh negara secara resmi. Itulah sekilas informasi mengenai BPKB secara umum.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *