December 6, 2019

Cara Ini Bisa Membuat Anak Berhenti Ngompol

mengompol pada anak memang sulit sekali untuk mulai dihentikan. Namun, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Jika Anak sudah mulai memasuki usia yang harusnya bisa berhenti, maka segeralah lakukan cara agar tidak ngompol yang efektif. Anak yang masih sering ngompol bisa menjadi korban bullying akibat diejek teman-teman. Selain itu, akan sangat merepotkan jika sedang ada aktivitas sekolah yang mengharuskan mereka menginap di luar rumah.

Hubungan Antara Mengompol dan Kondisi Kandung Kemih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa mengompol merupakan hal yang wajar pada anak sampai batasan usia tertentu. Hal tersebut karena anak kecil belum bisa melakukan kontrol yang baik terhadap kondisi kantung kemih mereka. Orang tua akan berusaha mengajarkan kepada anak mereka bahwa jika ingin pipis, maka gunakanlah toilet. Hal ini bisa dilakukan ketika mereka dalam kondisi sadar. Namun, berbeda saat tertidur karena mereka tidak sadar. Biasanya hal ini bisa diatasi seiring berjalannya waktu.

Cara Agar Anak Berhenti Ngompol

Hal pertama yang bisa orang tua lakukan sebagai cara agar tidak ngompol adalah dengan mengatur minum pada anak. Batasi konsumsi air pada malam hari jika anak sudah beranjak untuk tidur. Perbanyak konsumsi pada siang hari sehingga malamnya tidak kehausan. Hindari juga konsumsi minuman seperti susu hangat bahkan minuman bersoda. Risiko untuk ngompol semakin besar jika banyak konsumsi minuman pada malam hari.

Langkah selanjutnya yang dinilai cukup efektif adalah cobalah untuk mulai berbicara dengan anak Anda. Mulailah dengan memberi sugesti bahwa anak yang sudah besar harus bisa tidur tanpa mengompol. Pujilah mereka jika berhasil untuk tidak mengompol saat tidur. Namun, sebaliknya jangan sampai memarahi mereka jika ternyata masih saja ngompol. Hal tersebut akan berdampak buruk bagi mental mereka.

Apabila anak takut untuk pergi ke kamar mandi sendiri, maka temanilah mereka. Bila perlu pasang lampu yang terang sepanjang jalan menuju toilet. Jangan pernah membangunkan anak yang sudah terlelap untuk sekadar pergi pipis. Hal tersebut jutsru bisa membuat tidur anak menjadi tidak nyenyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *