May 28, 2020

Cara Memasak ketan Yang Baik dan Benar

Ketan adalah salah satu jenis makanan karbohidrat utama pengganti nasi. Namun spesialnya, ketan bisa di variasikan dengan berbagai jenis masakan, entah itu masakan manis atau asin. Kentang juga merupakan makanan yang sangat nikmat, makanan ini tetap eksis dari generasi ke generasi. Berbagai olahan ketan telah banyak dijumpai di berbagai tempat jajanan. Anda sendiri juga bisa memasak ketan tersebut dirumah. Karena ketan bisa divariasikan dengan apa saja. Lalu bagaimana cara memasak ketan agar hasil masakannya jadi lebih lezat lagi? Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan tentang cara memasak ketan agar dihasilkan ketan yang nikmat nan lezat

Gunakanlah beras ketan yang berkualitas

Pertama, untuk menghasilkan ketan yang berkualitas anda harus memastikan dulu berasnya dalam keadaan yang baik. Pastikan beras ketan yang anda pilih merupakan emas ketan murni dan bukan oplosan. Secara visual, cara membedakan beras ketan dengan beras biasa yang untuk mengoplos sangatlah mudah. Beras ketan memiliki tekstur yang besar dan keras dibandingkan dengan beras pada umumnya. Dari segi warna, beras ketan cenderung memiliki warna putih susu sedangkan untuk beras biasa berwarna putih mengkilap. Ketika direndam, beras yang baik juga tidak banyak yang mengambang.

Cuci dan Rendam

Selanjutnya anda bisa menakar beras ketan yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Cuci beras tersebut hingga bersih. Setelah dicuci dengan bersih, rendamlah beras ketan tersebut selama satu hingga empat jam. Pastikan semua butirnya terendam sempurna. Dalam menentukan selera tekstur pada ketan anda bisa mengukurnya dari lamanya merendam ketan tersebut. Semakin lama merendam maka ketan semakin lengket.

Basahi peralatan masak

Untuk menghindari kelengketan pada perabot anda. Maka sebaiknya anda membawahi alat alat masak. Selain dengan membasahinya anda juga bisa menggunakan kertas minyak sebagai pelapis perabotan anda.

Kukus beras kentan dalam panci kukus

Untuk mendapatkan tekstur ketan yang sempurna, disarankan anda merebusnya menggunakan panci kukus selama kurang lebih setengah jam atau hingga matang. Anda juga bisa Mengukusnya menggunakan rice cooker namun hal ini tidak direkomendasikan karena beras dimasak dengan rice cooker biasanya lebih lengket sehingga teksturnya menyatu dan tidak bagus.

Rebus santan terlebih dahulu

Selanjutnya apabila anda ingin menggunakan santan, sebaiknya rebus santan terlebih dahulu. Rebus santan yang dicampur dengan daun pandan, daun salam dan garam. Kemudian beras ketan yang telah dimasak lalu campurkan pada santan tadi lalu aduk hingga meresap. Dengan santan yang sudah direbus dengan dedaunan akan membuat rasanya lebih gurih.

Sajikan dan simpan agar selalu hangat

Selalu pastikan ketan dalam kondisi hangat karena ketan bisa mengeras apabila diletakkan di suhu ruangan. Sebaiknya anda simpan di tempat penghantar seperti rice cooker. Apabila anda ingin mencetak ketan tersebut maka anda harus segera melakukannya selagi ketan hangat. Namun berbeda saat anda ingin membuat tape ketan, anda harus memastikan suhu ketan dalam keadaan dingin lalu tambahkan dengan ragi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *