December 1, 2020

Cara Membuat Password Komputer Yang Menggunakan Windows 7

Mengamankan data penting dalam komputer bisa dilakukan dengan mengunci akses masuk ke komputer. Penguncian ini bisa Anda lakukan dengan memasang password. Lalu, bagaimana cara buat password komputer tersebut?

Cara membuatnya sebenarnya sangat mudah. Tahapannya cukup simpel. Dan Anda bisa melakukannya tanpa kesulitan.

Yang perlu diketahui adalah tahapannya terkadang memiliki perbedaan untuk setiap windows. Jadi, Anda perlu memastikan informasinya sesuai dengan windows yang Anda gunakan.

Pada kesempatan kali ini, kami hanya akan mengulas tentang bagaimana cara membuat password komputer yang menggunakan windows 7. Jika ini yang Anda harapkan, mari simak ulasannya berikut ini.

Cara Membuat Password di Windows 7

Password diperlukan untuk menjaga keamanan data pribadi yang tersimpan dalam komputer. Pemiliknya tidak menginginkan orang lain bisa mengakses komputer secara sembarangan. Apalagi jika ini menyangkut dengan data penting yang sifatnya rahasia.

Membuatnya juga tidaklah sulit. Jika Anda menggunakan windows 7, Anda bisa mengikuti panduannya dalam membuat password ini.

Langkahnya dimulai dengan menekan tombol start atau windows. Setelah itu, pilih menu control panen di sebelah kanan layar.

Langkah selanjutnya ialah dengan memilih user account and family safety. Kemudian pilih user accounts. Di sini, Anda bakalan menemukan sejumlah menu. Salah satunya ialah menu untuk pembuatan password.

Untuk cara buat password komputer ini, Anda tinggal pilih create password for your account. Anda akan dibawa masuk ke menu di mana Anda perlu memasukkan karakter yang akan digunakan sebagai login ke komputer.

Kolom pertama dan kedua perlu diisi dengan sandi. Sebaiknya, sandi ini dibuat agak rumit. Tetapi, hanya Anda yang bisa mengingatnya.

Jika sudah, tekanlah tombol create password. Hasilnya, password sudah berhasil dibuat. Anda bisa mencobanya untuk memastikan aktif tidaknya password.

Caranya cukup mudah. Restart komputer. Setelah komputer menyala, layar komputer akan muncul sebuah jendela khusus yang mana Anda perlu memasukkan password. Ketik password dengan benar, dan Anda bisa masuk ke komputer.

Cara membuat kata sandi di komputer ini hanya berlaku untuk windows 7. Jika Anda menggunakan versi lain, caranya agak berbeda. Dan Anda bisa menemukan informasinya di https://www.charis.id.

Cara Menghapus Password di Windows 7

Apabila Anda merasa bahwa komputer boleh di akses oleh siapapun, tentunya password tampaknya tidak diperlukan lagi. Anda bisa menghapusnya supaya tidak mengalami kesulitan untuk masuk. Nah, bagaimana cara menghapus password di windows 7?

Caranya juga tidak kalah gampang. Anda cukup masuk ke menu user accounts. Untuk memasukinya, Anda cukup mengikuti langkahnya sebagaimana bila Anda akan membuat password di atas.

Sesampainya pada menu user accounts, Anda cukup pilih menu remove your password. Dan Anda akan dibawa masuk ke jendela di mana sistem memberikan kejelasan tentang apakah Anda yakin untuk menghapusnya.

Isilah kolom dengan password yang telah Anda buat sebelumnya. Setelah itu, Anda bisa menekan tombol remove password. Hasilnya, kata sandi yang Anda buat terhapus. Setiap kali Anda menyalakan komputer, Anda tidak lagi perlu mengetik kata sandi.

Cara Mengunci Windows Dalam Komputer

Terkadang, memberikan password ketika komputer baru menyala ini cukup menjengkelkan. Kesannya tidak efektif. Karena Anda perlu mematikan dan menyalakan terlebih dahulu.

Bisa dibayangkan jika Anda ingin keluar sebentar setelah menyalakan komputer. Contohnya ingin ke dapur untuk membuat kopi dan lain sebagainya. Tentunya, mematikannya kembali hanya akan membuat waktu Anda lebih terkuras.

Beruntungnya, ada alternative yang bisa Anda gunakan untuk mengamankannya dari pengguna lain. Caranya ialah dengan mengunci windows. Penguncian ini bekerja dengan menonaktifkan fungsi keyboard dan mouse. Jadi, seseorang tidak bisa mengoperasikan komputer sesuka hati meskipun telah terbuka.

Untuk melakukannya, Anda butuh aplikasi tambahan. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan dari internet. Salah satunya ialah Keyfreeze.

Alasan memilih aplikasi ini ialah support dengan windows berbagai versi. Selain itu, aplikasi ini cukup ringan sehingga windows tetap berjalan maksimal.

Silahkan unduh aplikasinya dan pasang dalam komputer. Setelah itu, buka aplikasi serta pilih Lock Keyboard & Mouse. Dengan memanfaatkannya, sistem tidak akan bekerja sama sekali.

Jika Anda ingin membukanya, Anda hanya perlu menekan kombinasi CTRL + ALT + DEL. Setelah itu, tinggal tombol ESC. Maka, aplikasi sudah terbuka dan Anda bisa menggunakan windows seperti biasanya.

Akhirnya, jika Anda tidak ingin repot memasukkan password, Keyfreeze bisa jadi pilihan menarik. Tetapi bila Anda berharap tingkat keamanan yang lebih tinggi, tidak ada salahnya untuk menerapkan cara buat password komputer melalui sistem komputer.