May 18, 2021

Contoh Artikel Populer

Artikel adalah sebuah karya tulis yang berisi pendapat yang dapat mempengaruhi pembaca. Dari banyak jenis artikel, artikel populer adalah artikel yang memiliki Artikel populer adalah artikel yang memiliki gaya bahasa ringan. Gaya bahasa ringan yang dimaksud adalah seperti sebuah percakapan. Biasanya seorang penulis dari jasa penulis artikel akan menggunakan kata kamu untuk berinteraksi dengan pembaca. Selain itu penguunaan gaya bahasa dalam artikel opini menggunakan bahasa tidak baku, seperti nggak, banget, atau bikin. Namun yang terpenting bagi sebuah artikel populer adalah isi artikel yang temanya yang mengangkat isu populer. Biasanya pembaca yang dituju adalah generasi muda, agar menarik minat baca mereka. Artikel populer juga membahas tema yang kekinian yang membahas seputar anak muda. Berikut contoh artikel populer yang dapat menjadi referensi menulis.

Contoh Artikel yang Populer

Belakangan ini kamu pasti sering mendengar istilah anak indie. Sebutan anak indie muncul saat musik indie juga sedang berkembang. Grup musik indie mulai berkembang pada tahun 2017. Grup musik indie seperti, Fourtwnty, Banda Neira, dan Payung Teduh yang sedang naik daun di dunia musik Indonesia. Seperti sebuah efek domino, penggemar musik indie menjamur di mana-mana.

Selain selera musik, anak indie juga memiliki gaya berpakaian yang khas. Totebag, jaket jeans dan sepatu converse menjadi gaya andalan para anak indie. Tidak hanya berhenti disitu, anak indie juga memiliki kendaraan yang menjadi ciri khas mereka, kebanyakan dari mereka gemar mengendarai kendaraan vespa. Dari segi kebiasaan anak indie juga memiliki ciri khas, anak indie sering kali disebut-sebut sebagai penikmat senja. Hal ini lantaran pada lirik lagu-lagu indie terdapat banyak kata ‘senja’. Anak indie juga diidentikan dengan begadang dan kopi, karena anak indie suka nongrong di coffee shop-coffee shop kekinian sampai larut malam. Sebenarnya apa Indie itu sebenarnya?

Apakah indie merupakan aliran musik? Ternyata tidak, indie merupakan sebuah istilah  untuk membedakan musik yang dimainkan musisi profesional dan musisi amatir. Indie adalah sebuah gerakan bagi musisi amatir dalam menciptakan musik, seorang musisi amatir akan memproduksi sendiri musik mereka, mulai dari menulis lagu, merekam, mendistribusikan dengan uang sendiri.

Lawan dari musik indie sendiri adalah musik mainstream. Lalu, apakah arti dari musik mainstream itu sendiri? Musik mainstream adalah arus utama dari sebuah industri musik. Musik mainstream adalah tempat bernanungnya band-band di bawah label besar rekaman yang sudah mapan secara finansial. Band-band tersebut dipromosikan oleh label rekaman secara luas, mulai dari nasional sampai internasional, mulai darimedia cetak, media elektronik, hingga multimedia. Selain itu musik mainstream juga ditanami modal dan memiliki nilai investasi.

Musik indie lahir dari para musisi yang memiliki mimpi untuk menjadi seorang musisi yang sukses. Namun mereka sadar bahwa untuk menjadi seorang musisi terkenal mereka membutuhkan label besar. Oleh karena itu para musisi indie lebih mandiri secara finansial. Hal ini juga merupakan sebuah perlawanan bagi kalangan bawah dalam hal bermusik karena mereka tidak bergantung pada label rekaman yang dianggap sebagai kalangan atas.

Musik Indie berkembang di Indonesia dengan sebutan underground pada tahun 1970-an. Dimulai dari God Bless, AKA, Giant Step, dan Super Kid. Kiprah band-band indie masa lalu ini bermula dari Underground Music Festival di Surabaya.  Festival ini merupakan sebuah kompetisi antar band. Pada kompetisi ini, Jakarta diwakili oleh God Bless, Bandung diwakili oleh Giant Step, Malang diwakili oleh Bentoel, dan Solo diwakili oleh Tencrem. Hal ini diikutioleh penerus mereka, oleh karena itu band-band indie banyak lahir di kota-kota tersebut. Namun pada tahun 1993, ditengarai menjadi awal mula munculnya istilah indie, saat itu yang menjadi pionir musik indie adalah PAS band. PAS band memulai gerakan indie dengan menjual 5000 kopi albumnya dan terjual habis. Setelah itu PAS Band menjadi inspirasi bagi band lainnya untuk melakukan gerakan indie. Setelah itu munculah band indie lainnya seperti Puppen, Pure Saturday, Waiting Room, dan lain-lain.

Faktor yang menjadikan musik indie menjadi ngehits saat-saat ini adalah peran dari sosial media. Sosial media yang mulai berkembang menjadikan musik indie kini banyak dikenal masyarakat. Sejak tahun 1990-an musik indie mulai menyebar melalui internet, mulai dari warnet, kampus, hingga sekolah. Selain itu ternyata ada faktor lain yang mendukung penyebaran musik indie. Adanya distro ternyata membantu band-band indie dalam memasarkan albumnya. Dimulai dari distro Pose di Jakarta pada tahun 1995 yang menjadi outlet penjualan album band-band indie.

Jadi Indie bukanlah sebuah aliran musik, juga bukan sebuah gaya berpakaian, melainkan sebuah gerakan  dalam bermusik. Akan tetapi kini indie memiliki istilah baru, menjadi sebuah identitas diri seseorang. Senja, kopi, dan pusi, apakah kamu anak Indie?

Artikel populer di atas membahas istilah indie yang sekarang ini populer di kalangan anak muda. Artikel populer ini membawa tema yang menarik terkait anak muda yang menjadi sasaran bagi artikel populer. Artikel populer diatas bisa menjadi referensi pembaca untuk menulis sebuah artikel populer. Semoga bermanfaat bagi pembaca.