April 6, 2020

Cara Convert Word ke PDF Menggunakan Aplikasi

Microsoft word merupakan sebuah software yang digunakan untuk mengedit tulisan atau naskah. File word adalah jenis file yang mudah digunakan dan juga mudah edit. File word juga bisa kamu convert dengan cara mengubah word ke pdf atau ke dalam bentuk format file lain. Karena kemudahan inilah file ini termasuk file yang banyak digunakan.

Bagi kamu yang ingin mengubah format file word menjadi pdf, kamu bisa melakukannya dengan mengikuti step by step yang akan kami jelaskan secara lengkap. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu lakukan untuk mengubah file word menjadi format dengan bentuk pdf dibawah ini.

pexels.com

1. Menggunakan Software LibreOffice

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengubah atau convert file word menjadi sebuah file pdf adalah dengan menggunakan software LibreOffice. Kamu bisa download terlebih dahulu software LibreOffice tersebut bilamana kamu belum memilikinya. Setelah di download, jangan lupa instal sekalian dong. Baiklah, adapun cara mengubah file dengan format word menjadi file pdf dengan menggunakan software LibreOffice adalah sebagai berikut.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka dan menjalankan software LibreOffice yang telah kamu instal di perangkat pc atau laptop yang kamu miliki.
  2. Setelah software LibreOffice kamu buka, pada halaman beranda dari software tersebut kamu pilih dan klik menu open.
  3. Langkah berikutnya adalah kamu cari file word yang ingin kamu ubah formatnya menjadi file pdf. Setelah file tersebut kamu temukan, kemudian kamu klik open dan akan dibawa masuk ke halaman dari software LibreOffice.
  4. Setelah file tersebut terbuka di halaman kerja dari LibreOffice, kamu langsung klik toolbar yang ada di atas dan kamu pilih menu dengan ikon export.
  5. Beri nama file tersebut sesuai dengan selera dan langkah terakhir kamu klik save. Maka file yang tadinya berformat word berubah menjadi file dengan format pdf.

Nah itulah cara mengubah file word menjadi file dengan format pdf yang di lakukan dengan menggunakan software LibreOffice. Cara ini sangat simpel dan sederhana serta sangat mudah kamu praktekan sendiri.

pexels.com

2. Menggunakan Software Microsoft Word 2010

Kamu bisa juga menggunakan software word untuk mengubah file menjadi pdf. Namun, tidak semua software word bisa digunakan untuk mengubah file menjadi pdf. Software word yang memberikan fasilitas dan fitur untuk mengubah format menjadi pdf adalah software Microsoft Word 2010. Adapun cara mengubah file word menjadi file pdf dengan menggunakan software Microsoft Word 2010. Simak ulasan artikel dibawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka dan menjalankan software Microsoft Word 2010. Biasanya software Microsoft Word 2010 sudah terinstal otomatis pada semua perangkat pc atau laptop.
  2. Setelah software Microsoft Word 2010 kamu buka, kamu klik menu office button dan pilih serta klik opsi open yang berada disana.
  3. Kamu cari file word yang ingin kamu ubah menjadi file pdf. Setelahnya kamu klik ok atau open apabila file word tersebut sudah kamu temukan.
  4. Langkah selanjutnya kamu masuk lagi ke menu office button dan klik menu dengan tulisan save as.
  5. Akan muncul kotak dialog. Kamu ubah nama file tersebut dan pada kolom dengan tulisan save as type kamu ganti dengan format pdf.
  6. Jika sudah kamu klik save. Maka file tersebut telah berhasil kamu ubah menjadi file dengan format pdf.

Itulah tadi step by step mengubah file dengan format word menjadi file berformat pdf dengan menggunakan software Microsoft Word 2010. Sebenarnya cara tersebut tak jauh beda dari yang sebelumnya. Kamu bisa langsung praktekan cara mengubah file word menjadi pdf dengan software Microsoft Word 2010.

3. Menggunakan Software Foxit Reader

Cara berikutnya yang bisa kamu praktekan untuk mengubah file dengan format word menjadi file pdf adalah dengan menggunakan software Foxit Reader. Cara ini lebih simpel dan mudah. Tentu sebelum menggunakan cara ini, terlebih dahulu kamu unduh dan instal software Foxit Reader ini di perangkat pc atau laptop mu agar bisa digunakan. Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan software Foxit Reader untuk mengubah file word menjadi file pdf. Simak ulasan artikel yang ada di bawah ini.

  1. Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah masuk ke halaman windows atau browser yang ada di perangkat pc atau laptop.
  2. Kamu cari file yang ingin kamu ubah formatnya menjadi pdf. Setelah file word tersebut kamu temukan, langkah berikutnya adalah kamu klik kanan dengan mouse atau kursor.
  3. Akan muncul beberapa opsi dan kamu pilih opsi dengan tulisan convert to pdf in Foxit Reader.
  4. Pada tampilan laptop atau pc mu akan secara otomatis terbuka halaman dari software Foxit Reader tersebut.
  5. Langkah terakhir yang harus kamu lakukan adalah menyimpan file tersebut dengan cara klik save dan kamu beri nama file tersebut agar mudah ditemukan.
  6. Setelah semua kamu lakukan, maka kamu sudah berhasil mengubah file word menjadi file pdf.

Nah itulah ulasan lengkap mengubah file word menjadi pdf. Sekian dan terima kasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *