April 6, 2020

5 Web untuk Membuat CV Kreatif Secara Online

Curriculum Vitae atau CV kreatif bisa menjadi salah satu cara menarik perhatian perusahaan agar Anda dipanggil wawancara. Masalahnya, tidak semua orang memiliki kemampuan desain atau menyusun layout dengan baik. Beruntung, sekarang banyak tersedia online resume builder untuk pembuatan CV yang menarik.

Syaratnya adalah Anda harus terhubung ke internet agar bisa mengakses situs resume builder tersebut. Layanan ini memungkinkan Anda untuk memasukkan informasi dan membuat desain CV yang tidak biasa.

Cara Membuat CV Kreatif dengan Resume Buldier

Sebelum membahas tentang situs apa saja yang menyediakan resume builder, baiknya Anda ketahui dulu bagaimana cara kerjanya. Ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama, temukan dulu situs yang cocok. Ada yang gratis, tetapi beberapa lainnya harus berlangganan terlebih dahulu agar Anda mendapat fitur premium.
  • Kedua, pastikan materi Anda sudah siap, termasuk resume dan deskripsi pekerjaan dari posisi yang hendak dilamar.
  • Ikuti petunjuk langkah demi langkah dari situs pembuat resume yang Anda pilih. Meski secara keseluruhan sama, tetapi mungkin akan ada perbedaan di tahap tertentu.
  • Terakhir, cek ulang daftar riwayat hidup yang telah disusun untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau informasi penting yang belum dicantumkan.

Daftar Situs Resume Builder

Berikutnya, Anda bisa memilih satu atau beberapa di antara beberapa rekomendasi resume builder terpopuler di internet berikut ini. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan, jadi pilihlah yang kiranya paling pas untuk Anda.

stocksnap.io

1.    Cultivated Culture (cultivatedculture.com)

Resume builder yang pertama menyediakan layanan pembuatan CV kreatif yang benar-benar gratis. Ya, ini bukan layanan berlabel ‘freemium’, melainkan ini adalah satu-satunya yang tidak akan meminta Anda membayar saat ingin mengunduh CV atau menggunakan template eksklusif.

Cultivated Culture juga sangat mudah digunakan, bahkan untuk orang yang kurang paham teknologi sekalipun. Cukup masukkan informasi Anda ke kolom khusus yang sudah disediakan dan Anda akan mendapatkan tampilan yang diinginkan. Ketika Anda selesai membuat CV Anda, klik “Selesaikan” dan pilih formatnya.

2.    Resume Genius (resumegenius.com)

Resume Genius juga mudah digunakan dan tak kalah praktis dengan rekomendasi pertama tadi. Software ini akan memberi serangkaian pertanyaan tentang pendidikan dan pengalaman kerja. Kemudian meminta Anda untuk mengisi kolom yang kosong dengan tanggal, posisi pekerjaan, dan jawaban sederhana lainnya.

Keunggulan Resume Genius ini adalah pilihan untuk menambahkan poin-poin penting sesuai kebutuhan. Tetapi fitur ini tidak sepenuhnya gratis, karena berikutnya Anda akan diarahkan ke halaman paket berlangganan. Yang termurah adalah paket 14 hari dengan biaya $1,95.

3.    My Perfect Resume (myperfectresume.com)

Kelebihan yang dimiliki My Perfect Resume ini adalah membantu menyoroti keterampilan Anda dan kata kunci penting dalam CV. Jadi ketika memasukkan posisi tertentu yang ingin dilamar, mereka akan mencarikan rekomendasi keterampilan yang terkait hanya dengan satu klik.

Pada langkah terakhir dari proses pembuatan daftar riwayat hidup di My Perfect Resume adalah Anda dapat menambahkan bagian sertifikasi  atau pencapaian. Bagian ini cukup dibutuhkan oleh pelamar kerja. Sayangnya, hanya opsi unduh dalam format TXT yang bisa didapatkan secara gratis.

stocksnap.io

4.    Indeed (indeed.com)

Indeed ini bukan hanya situs pembuat CV, tetapi juga sekaligus pencari pekerjaan. Setelah membuat CV online, Anda bisa langsung mencari lowongan di sana dan mengirimkan lamaran dengan CV yang sudah dibaut tadi. Tetapi untuk mencari lowongan kerja, pengguna perlu sign up terlebih dahulu secara gratis.

Di dalamnya juga ada resume builder gratis dengan enam pilihan template tanpa perlu sign up. Pilih template, atur warna, font, bagian-bagian, dan isi datanya sesuai resume Anda. Setelah itu klik tombol “Download resume” di sudut kanan atas layar.

5.    Zety (zety.com)

Dari beberapa situs yang memberikan review, Zety ini adalah resume builder dengan nilai terbaik. Pasalnya, selain gratis Zety juga menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian untuk bisa membuat CV kreatif sesuai yang Anda inginkan. Mulai dari kustomisasi warna, font, penambahan garis, tanggal, dll.

Anda juga bisa menambahkan tautan media sosial, seperti LinkedIn, Twitter dan Facebook. Ini penting jika posisi yang dilamar adalah pekerjaan social media marketing. File CV bisa disimpan dalam bentuk format DOC atau PDF.

Kesimpulan

Pastikan setiap poin di dalam CV menunjukkan bahwa Anda adalah kandidat terbaik. Setelah memiliki CV kreatif dan menarik, kirim lamaran ke banyak perusahaan. Berharap pada satu lamaran saja tidak memperbesar peluang Anda diterima. Jangan menyerah dan terus mencoba.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *