December 6, 2019

Fakta Unik Tentang Kuda Laut Yang Harus Kamu Ketahui

Luasnya wilayah laut yang di miliki oleh negara indonesia membuat indonesia menjadi salah satu negara dengan keberagaman biota laut yang sangat banyak. Kuda laut menjadi salah satu keunikan biota laut yang dimiliki oleh indonesia. Dengan kekayaan alam bawah laut yang dimiliki oleh indonesia sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaganya.

Kuda Laut Penghuni Bawah Laut                         

Di laut indonesia yang sangat luas dan juga kaya akan biota laut pastinya tidak heran apabila banyak sekali jenis biota laut yang bisa ditemukan. Salah satu biota laut yang cukup unik dan terdapat di lautan indonesia adalah kuda laut. Perlu diketahui bahwa di indonesia kita bisa menjumpai 9 jenis kuda laut yang berbeda dari total 54 jenis kuda laut yang ada di seluruh dunia.

Dengan ukurannya yang imut dan beragam warna yang dimiliki oleh kuda laut membuat kuda laut menjadi salah satu biota laut yang sangat cocok untuk dipelihara di aquarium. Sekarang ini sudah banyak masyarakat yang mulai membudidayakan kuda laut dan di jadikan sebagai komoditas dengan nilai ekonomis yang cukup tinggi.

Fakta Unik Tentang Kuda Laut

Terdapat beberapa fakta unik tentang kuda laut yang mungkin belum banyak diketahui oleh masyarakat. Berikut ini adalah beberapa fakta unik yang dimiliki oleh kuda laut yang perlu kamu ketahui.

  1. Kuda laut oleh para peneliti digolongkan sebagai ikan karena berenang menggunakan sirip. Tetapi tahukah kamu bahwa kud laut merupakan satu satunya jenis ikan yang tida berbentuk seperti ikan.
  2. Meskipun berenang menggunakan sirip tetapi letak sirip kuda laut tidak seperti ikan pada umumnya. Kuda laut memiliiki sirip dorsal dan sirip pectoral yang masing masing terletak di bagian bawah dan dibagian kepala.
  3. Kuda laut menjadi salah satu hewan laut dengan tubuh mungil dengan waran yang sangat bervariasi. Ukuran kuda laut bervariasi mulai dari 0,6 inci sampai 14 inci.
  4. Meskipun kecil kuda laut tergolong sebagai hewan paling rakus yang ada di lautan. Karena kuda laut salam sehari bisa memakan hingga 3000 artemia di dalam air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *