September 20, 2020

Apa Sajakah Fasilitas Utama Sebuah Masjid yang Bagus

Kita mengenal masjid sebagai tempat ibadah bagi umat muslim dan bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia. Sebagai negara dengan penduduk mayoritas beragama Islam memang bukan hal yang mengherankan jika masjid tersebar di segala tempat. Bahkan beberapa tahun belakangan ini masjid menjadi aset dan tujuan wisata religi yang sering dilakukan oleh masyarakat.

Hal tersebut disebabkan oleh semakin banyaknya masjid yang dibangun dengan indah dan megah. Orang berkunjung ke sebuah masjid selain ingin beribadah menjalankan shalat juga karena penasaran. Masjid di beberapa tempat bahkan sudah begitu terkenal keindahannya sehingga membuat orang ingin berkunjung kesana. Bukan hanya di dalam negeri saja, banyak juga masjid indah di luar negeri.

Masjid yang bagus bukan hanya memiliki desain bangunan yang megah dan indah saja tetapi juga lengkap fasilitasnya. Adanya fasilitas yang lengkap tersebut akan membantu dan mempermudah pengunjung untuk melakukan ibadah secara maksimal. Terlebih jika masjid tersebut sering menjadi tujuan wisata halal oleh masyarakat.

Biasanya masjid yang bagus dan lengkap akan menyediakan beberapa fasilitas utama yaitu sebagai berikut.

Faslitas Utama pada Masjid

pixabay.com

Ruang Shalat

Fungsi utama dari masjid adala untuk menjalankan ibadah shalat sehingga tempat shalat merupakan hal utama yang harus ada. Pada masjid yang bagus ruang utama untuk menjalankan shalat memiliki ukuran yang cukup luas dan bisa menampung jamaah hingga ribuan. Sebagai contoh adalah Masjid Istiqlal yang cukup untuk 200 ribu orang.

Selain memiliki ukuran ruangan yang luas, tempat shalat yang bagus juga beralaskan permadani terbaik yang berasal dari toko karpet masjid terpercaya. Hal tersebut semata-mata agar orang bisa melakukan shalat dengan nyaman. Agar jamaah betah berlama-lama di dalam masjid biasanya dipasang juga AC untuk menciptakan hawa yang sejuk.

Tempat Wudhu

Selain ruangan untuk menjalankan shalat, fasilitas utama lainnya pada sebuah masjid adalah tempat wudhu. Tempat untuk mensucikan diri sebelum melakukan shalat di masjid dibuat terpisah antara laki-laki dan perempuan. Di masjid yang bagus tempat wudhu akan dilengkapi dengan toilet juga. Kondisi dari tempat wudhu dan toilet selalu dijaga kebersihannya dan kelancaran airnya.

Rak Penyimpanan Peralatan Ibadah

Orang yang menjalankan shalat di sebuah masjid bukan hanya mereka yang tinggal di sekitarnya saja tetapi juga para pendatang. Biasanya orang yang sedang dalam perjalanan akan mampir ke masjid untuk menjalankan kewajiban shalat. Tidak semua dari mereka membawa peralatan shalat seperti mukena atau sarung dalam perjalanannya.

Masjid yang bagus akan menyediakan mukena dan sarung di dalam rak yang selalu dijaga kebersihan dan kerapiannya. Sehingga orang yang datang untuk shalat bisa menunaikan ibadah dengan mudah serta khusyuk. Selain mukena dan sarung biasanya ada juga beberapa Al Quran yang disediakan.

Tempat Penyimpanan Sepatu dan Sandal

Kejadian yang sering menimpa orang ketika shalat di masjid adalah kehilangan sepatu atau sandal. Untuk menghindari hal tersebut maka disediakan fasilitas seperti rak atau loker penyimpanan alas kaki jamaah. Dengan begitu orang tidak akan merasa kuatir alas kakinya akan hilang dan bisa lebih khusyuk dalam shalatnya.

Perpustakaan

Sekarang ini sudah banyak masjid yang dilengkapi dengan perpustakaan agar jamaah bisa memperkaya ilmu agamanya. Di dalam perpustakaan masjid biasanya tersedia banyak koleksi buku-buku agama, majalah dan pastinya kitab suci Al Quran.

Itulah beberapa fasilitas yang biasanya ada pada masjid yang bagus. Semua fasilitas utama yang disediakan tersebut bertujuan untuk membantu jamaah bisa melakukan ibadah dengan lebih baik.

Di Indonesia ada beberapa masjid yang sudah dilengkapi dengan fasilitas bagus dan merupakan bangunan yang megah. Inilah contoh masjid yang dimaksud.

Masjid Megah di Indonesia

pixabay.com

Masjid Baiturrahman, Aceh

Pada saat terjadinya peristiwa bencana alam tsunami besar yang menerjang Aceh tahun 2004 yang lalu telah membuat semua bangunan rata dengan tanah. Kecuali Masjid Baiturrahman yang masih berdiri tegak saat itu. Fakta tersebut memang benar-benar menakjubkan bagaimana sebuah masjid mampu menahan serangan gelombang air yang besar.

Kini masjid raya yang berada di Banda Aceh tersebut telah direnovasi dan dilengkapi dengan fasilitas yang mirip dengan Masjidil Haram, Mekah. Masjid ini juga memiliki payung seperti yang ada di Masjid Nabawi, Madinah.

Masjid Rahmatan Lil Alamin, Indramayu

Masjid di Indramayu ini juga akan membuat takjum pengunjung dengan gaya arsitekturnya yang unik. Memiliki 6 lantai masjid ini mampu menampung jamaah sebanyak 100 ribu orang. Desain masjid tidak biasa karena mengusung gaya klasik Eropa. Di masjid ini juga sering dilakukan kegiatan pembelajaran Al Quran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *