February 26, 2020

Mengapa Perlu Menerapkan ISO 27001:2013? Ini Dia Alasannya

Informasi atau data merupakan sebuah komponen penting yang ada di dalam manajemen suatu perusahaan, sehingga harus selalu dijaga kredibilitasnya. Jika sudah membahas mengenai kredibilitas perusahaan, maka artinya informasi yang ada di dalamnya harus aman dari ancaman bahaya atau pihak-pihak yang ingin merusaknya. Untuk itu, diperlukan sebuah standarisasi keamanan, yakni ISO 27001:2013.

Jika sudah menggunakan standarisasi sistem keamanan tersebut, akan lebih mudah dalam manajemen data atau informasi yang dimiliki perusahaan. Standarisasi juga akan menjadikan informasi dapat terdistribusi dengan baik, bahkan sangat mungkin jika nilai perusahaan menjadi meningkat. Sudah terbukti jika penurunan sebuah perusahaan diakibatkan karena minimnya sistem keamanan informasi yang ada di dalamnya.

Mengenal Lebih Dekat ISO 27001:2013

pexels.com

Apa Itu ISO 27001:2013?

Bagi yang sudah berkecimpung di bidang manajemen informasi, maka bisa jadi sudah cukup familiar dengan istilah ISO 27001:2013. Seperti yang telah disinggung sebelumnya, jika istilah tersebut merupakan sebuah standarisasi keamanan yang dapat melindungi informasi menjadi lebih aman dan terlindungi. Maka dari itu sangat penting untuk mendaftarkan perusahaan Anda agar memiliki sertifikat ISO 9001.

Sertifikat tersebut dapat memastikan perusahaan Anda memiliki pengontrolan yang baik terkait informasi atau data yang dimiliki. Selain itu dapat  membantu perusahaan untuk terus bertumbuh dan memperbaiki sistem keamanan yang dimiliki. Anda tidak perlu lagi khawatir mengenai serangan keamanan yang terjadi karena standarisasi tersebut dapat meningkatkan efektivitas keandalan dalam mengelola informasi dan juga data.

Ruang Lingkup Kinerja ISO 27001:2013

Dalam penerapannya, ruang lingkup dari ISO 27001:2013 meliputi beberapa hal yang dijadikan sebagai landasan pengaturan. Sebenarnya, bisa dikatakan jika landasan tersebut sama halnya dengan manfaat yang bisa diperoleh oleh perusahaan yang telah menerapkannya. Untuk lebih memahaminya, sebaiknya Anda simak beberapa ruang lingkup berikut ini.

  1. Mengelola penataan serta pendistribusian dokumen agar dapat dikelola maupun diterima oleh user yang benar.
  2. Mendukung perusahaan dalam mengelola manajemen keamanan informasinya serta membantu agar lebih efektif.
  3. Membantu perusahaan dalam membuat sistem operasional keamanan secara teknis dan terkelola dengan baik.
  4. Meninjau kinerja dari sistem informasi atau data yang dimiliki oleh perusahaan.
  5. Mengoreksi apabila terdapat kesalahan dalam pengelolaan sistem informasi keamanan.
  6. Melakukan perencanaan terhadap sistem informasi perusahaan, termasuk juga memprediksi adanya gangguan atau serangan yang mungkin muncul.

Nah, itulah ruang lingkup dari kinerja yang akan dilakukan oleh standarisasi keamanan tersebut. Bisa dipastikan jika akan ada banyak manfaat yang diperoleh apabila menerapkannya. Untuk itu, Anda harus segera mengetahui alasan pentingnya menerapkan sistem keamanan informasi ISO 27001:2013 agar manajemen informasi keamanan dapat dikelola dengan baik.

Alasan Pentingnya Menerapkan ISO 27001:2013

pexels.com

Alasan Bagi Perusahaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya jika dalam suatu perusahaan sangat rawan terjadi kerusakan atau kesalahan dalam pengelolaan data. Tidak ada satu pun perusahaan yang dapat memberikan jaminan keamanan terhadap pengelolaan data atau informasi yang dimiliki. Maka melalui penerapan standarisasi tersebut, integritas dan kredibilitas perusahaan akan dapat terjaga dengan baik.

Bagi perusahaan, memiliki kontrol terhadap keamanan informasi dapat membantu meminimalisir adanya gangguan proses pengelolaan. Perusahaan dapat mengatur informasi dengan prosedur yang sudah terdokumentasi dengan praktik standar dan tentunya memberikan dampak yang baik. Alasan inilah yang menjadi dasar utama mengapa penting sekali menerapkan standarisasi ISO 27001:2013.

Selain itu, mitra kerja yang bersangkutan dengan perusahaan Anda akan lebih percaya dan mau terus menjalin kerja sama. Tak dapat di pungkiri jika kepercayaan mitra kerja adalah hal yang utama bagi sebuah perusahaan. Mitra kerja akan melihat kredibilitas serta kemampuan perusahaan melalui caranya dalam mengelola serta me manajemen informasi atau data yang dimiliki.

Bagi Mitra Kerja

Mitra kerja adalah hal yang sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan, maka penilaian dari mereka adalah hal yang patut untuk dipertimbangkan. Apabila perusahaan yang diajak kerja sama sudah memiliki perangkat Sertifikat ISO 9001, maka bisa dipastikan dapat membuat penilaian menjadi meningkat. Mitra kerja juga dapat tenang dalam mempercayakan informasi atau datanya dikelola oleh perusahaan tersebut.

Nah, jika Anda ingin mewujudkan sistem manajemen keamanan informasi yang baik dan strategis, maka harus menerapkan ISO 27001:2013 dan sertifikat ISO 9001. Dengan menerapkan sistem standarisasi tersebut, data dan informasi yang ada di dalam perusahaan dapat terjamin keamanan serta keakuratannya. Untuk itu, segera saja mengurus segala persyaratan yang dibutuhkan untuk dapat menerapkannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *