February 26, 2020

Perjalanan Karir dan Pretasi Serta Penghargaan Milik Joko Widodo

Ir. H. Joko Widodo atau yang lebih dikenal dengan sebutan Jokowi adalah presiden Indonesia  ke 7 untuk dua periode pemerintahan yakni 2014-2019 dan 2019-2024.  Ia lahir  pada 21 Juni 1961, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia.   Tentunya nama Jokowi sebagai presiden Indonesia dua periode sudah amat dikenal masyarakat indonesia.  Karir politiknya di Indonesia sangatlah cemerlang tanpa cacat karena disetiap pemilihan umum yang diikutinya ia tidak pernah kalah.  Karir politik Jokowi ini diawali dengan memenangkan pilkada Walikota Surakarta  bersama F.X Hadi Rudyatmoko di tahun 2005.  Jokowi berhasil menjabat sebagai walikota surakarta selama dua periode sehingga secara teknis ia menjabat dari tahun 2005 -2015. Namun, di tahun kedua ia menjalankan periode kedua sebagai walikota surakarta yakni di tahun 2012, Jokowi ditunjuk oleh PDIP yang merupakan partainya untuk maju dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Hasilnya pun memuaskan karena Jokowi dan Ahok berhasil menang.

Sejak Jokowi berhasil terpilih menjadi gubernur Jakarta, namanya semakin melambung dan dikenal masyarakat Indonesia secara luas. Walaupun begitu, saat dirinya menduduki posisi sebagai Walikota Surakarta pun juga tidak kalah terkenal. Pasalnya ia berhasil mengubah kota Surakarta menjadi kota batik, kota pariwisata dan kota budaya.  Oleh karena kepopuleran dari Jokowi yang semakin melambung terutama setelah menjadi Gubernur Jakarta, di tahun 2014 ia menerima mandat dari megawati untuk maju dalam pemilu sebagai calon presiden. Langkah tersebut  sangatlah wajar mengingat hasil survei dari berbagai  lembaga survei menunjukan keunggulan Jokowi.   Akhirnya di tahun 2014, Jokowi maju bersama Jusuf Kalla dan berhasil memenangkan pemilu 2014. Di tahun 2019, Jokowi kembali maju dalam pemilu Indonesia dan kali ini mengandeng  Ma’ruf Amin. Dalam pemilu tersebut, Jokowi-Ma’ruf  berhasil menang mengalahkan Prabowo Subianto dan Sandiaga uno sehingga resmi menjadi presiden serta wakil presiden Indonesia periode 2019-2024.

unsplash.com

Keluarga dan Kehidupan Joko Widodo

Karir Jokowi tidak hanya bagus dalam dunia politik saja tetapi juga dalam dunia bisnis. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari keadaan keluarga dan kehidupan dari Jokowi.  Ia lahir sebagai putra sulung dari empat bersaudara dari pasangan Sudjiatmi dan Noto Mihardjo.  Semasa kecil, Jokowi terbiasa hidup susah dengan keadaan keluarganya sehingga ia terpaksa untuk menjalankan berbagai pekerjaan mulai dari berdagang, ojek payung hingga menjadi kuli panggul.  Ia juga bekerja sebagai penggeraji kayu karena mewarisi kahlian dari ayahnya.  Jokowi sewaktu kecil  penah mengalami penggusuran selama 3 kali dan hal ini berhasil membawa pengaruh dalam kehidupannya sekaligus kepemimpinannya sebagai kepala daerah dahulu dan saat ini sebagai kepala negara. Berkat dari dirinya yang sedari kecil  selalu berusaha dan mandiri  dengan ditambah berbagai pengalaman kehidupan yang berhaga berhasil membentuk Jokowi yang saat ini  menjadi Presiden Indonesia untuk dua periode berturut-turut.

Tidak lengkap apabila membahas Joko Widodo tanpa membahas istri, anak dan cucunya. Bisa dibilang keluarga presiden saat ini adalah idaman dan dicontoh banyak masyarakat Indonesia. Istri dari Jokowi adalah Iriana yang dinikaihinya pada 24 Desember 1986 di Solo. Dari pernikahannya tersebut mereka dikarunia tiga orang anak yakni Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu dan Kaesang Pengarep.  Ketiga anaknya ini  dimata publik dinilai sangatlah mandiri karena tidak mengandalkan posisi ayahnya dalam pemerintahan. Misalnya saja Gibran dan Kaesang yang mempunyai banyak bisnis terutama di bidang kuliner yang sangatlah Sukses. Sementara itu, cucu dari Jokowi juga tidak kalah menyita perhatian publik dengan tingkah laku lucu dan menggemaskan yakni ada Jan Ethes anak dari Gibran dan Selvi Ananda serta  cucu keduanya ada Sedah Mirah yang merupakan anak dari Kahiyang dan Bobby Nasution.

unsplash.com

Penghargaan dan Prestasi Jokowi  yang Paling Memukau

Dalam karirnya di dunia politik dan pemerintahan, Joko Widodo berhasil mengukir berbagai prestasi  dan penghargaan yang begitu memukau sekaligus membanggakan.  Untuk beberapa penghargaan paling memukau yang berhasil diterimanya antara lain berhasil terpilih menjadi 10 Tokoh 2008  oleh Majalan Tempo, penghargaan dari Kemitraan Pemerintahan Lokal Delgosea (Demokratis Asia Tenggara), Bintang Jasa Utama, Walikota terbaik  ke-3 dunia tahun 2013, Marketer of The Year 2012,  Bung Hatta Anti Corruption Award, Anti Gratifikasi dari KPK,   TOP 50 Leaders,  Adiupaya Puritama,  Good Governance Award, Star of The Order of King Abdulasis Al-Saud Medal dan masih banyak lagi.  Berbagai penghargaan tersebut sangatlah memukau seperti halnya situs washingtonunitedformarriage.

Untuk soal prestasi yang diterima Jokowi selama karirnya di dunia politik juga tidak kalah memukau. Mulai dari  prestasinya ketika menjabat sebagai walikota Solo, gubernur jakarta dan presiden Indonesia. Misalnya saja prestasinya ketika menjabat kota Jakarta ini seperti  menertibkan PKL,  menata dan pengisi Rumah Susun Marunda serta Muara Baru, menata kampung Cakung Barat, membangun Rusunawa Rawa Bebek dan masih banyak lagi. Sementara itu prestasinya selama menjabat sebagai presiden Indonesia  dalam 5 tahun kepemimpinannya ini seperti  mampu meningkatkan pendapatkan negara lewat pajak,  meningkatkan jaminan kesehatan nasional,  memberbaiki pendidikan, membangun berbagai infrastruktur, pemerataan pembangunan,  menurunkan kemiskinan dan masih banyak lagi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *