November 17, 2019

Kabupaten Banggai

Kabupaten banggai merupakan kabupaten yang berada di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. kabupaten ini memiliki luas sekitar 9.000 km², data sensus penduduk terakhir pada 2017 kabupaten banggai memiliki jumlah penduduk 359.495 jiwa.

Tentang Kabupaten Banggai

Lokasi

Kabupaten banggai merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi tengah yang memiliki potensi dan kekayan sumber daya alam yang melimpah seperti ikan, udang, mutiara, rumput laut serta aneka hasil bumi seperti sawit, kopra, coklat, beras, kacang mete serta hasil pertambangan dan gas alam seperti nikel dan blok eksplorasi gas di wilayah matindok dan senoro.

Kondisi Geogratis

Kondisi geografi atau morfologi kabupaten banggai memiliki keaneka ragaman seperti terdapat wilayah perbukitan atau pegunungan, sungai-sungai yang masih jernih dan belum tercemar serta pulau-pulau kecil yang tersebar mengelilingi wilayah kabupaten banggai ini.

Pariwisata

Kabupaten banggai juga memiliki tempat wisata yang di dominasi oleh wisata pantai seperti pantai kito lima yang menjadi salah satu pantai tujuan utama warga lokal untuk liburan, di sepanjang bibir pantai juga terdapat deretan warung makan, kios maupun café yang bisa anda coba ketika anda mengunjungi pantai ini.

Selain wisata pantai terdapat pula wisata alam lain yaitu cagar alam salodik, cagar alam ini memiliki pemandangan yang luar biasa indah dan masih murni terjaga dan salah satu keunggulan dari cagar alam ini adalah memiliki air terjun yang bersusun atau bertingkat, selain air terjun cagar alam ini juga memiliki vegetasi hutan yang masih hijau dan binatang-binatang liar yang masih terjaga hingga kini.

Akses Jalan

Untuk menuju kabupaten banggai dapat di akses dengan menggunakan jalur darat, laut maupun udara. Kabupaten banggai dapat di tempuh menggunakan bus melalui kota palu maupun kota makasar, meskipun jaraknya cukup lumayan jauh yaitu sekitar 600 kilometer. Jika melalui udara, kabupaten banggai memiliki bandara kecil di kota luwuk dan anda dapat menggunakan penerbangan komersil dengan sriwijaya air, ekspress air, wings air dan garuda dari bandara palu, makasar, manado ke luwuk begitu juga sebaliknya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *