February 26, 2020

Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

Proposal merupakan susunan rencana kerja yang bersifat formal untuk mendapatkan persetujuan resmi dari pihak lain.

 

Proposal sendiri memiliki tujuan inti seperti untuk mendapatkan perizinan, dukungan, bantuan atau bahkan untuk mendapatkan sponsor atas acara atau kegiatan yang akan kita lakukan.

 

Akan tetepi proposal haruslah disusun sesuai dengan unsur-unsur dan kaidah yang ada agar memudahkan para pembaca sehingga tersampaikan maksud dan tujuan dari pembuatan proposal tersebut.

Tujuan Proposal

Tujuan dari pembuatan proposal usaha biasanya digunakan untuk keperluan seperti mendapatkan izin untuk suatu acara, untuk mendapatkan bantuan dana, untuk mendapatkan dukungan dan juga digunakan untuk mendapatkan sponsor.

Jenis-Jenis Proposal Yang Harus Diketahui

Ada 4 jenis proposal yang akan kami jelaskan secara lengkap di bawah ini:

1. Proposal Bisnis atau Proposal Usaha

Proposal bisnis atau usaha merupakan jenis proposal sering digunakan untuk dunia usaha, baik digunakan untuk usaha kelompok atau bisnis perseorangan kepada para investor.

stocksnap.io

Proposal usaha biasanya didalamnya menjelaskan tentang sebuah kelebihan usaha yang ditawarkan, profil singkat usaha, serta memberikan gambaran atau analisa keuntungan dan kerugian. Contoh beberapa proposal bisnis adalah proposal pendirian usaha, proposal dalam bentuk kerjasama, dan lain sebagainya.

2. Proposal Kegiatan

Proposal kegiatan banyak digunakan di lingkungan masyarakat dikarenakan ini adalah proposal yang bertujuan untuk mengajukan sebuah rencana suatu kegiatan baik kegiatan kelompok ataupun individu. Contoh proposal kegiatan adalah proposal kegiatan seni budaya, ulang tahun sekolah, perkemahan, pengajian.

3. Proposal Penelitian

Untuk proposal penelitian umumnya harus ditulis berdasarkan sebuah ide, gagasan, acuan atau sebuah usulan yang dibutuhkan untuk suatu instansi, badan atau lembaga yang sedang mengadakan sebuah penelitan terhadap sebuah masalah yang terjadi.

 

Umumnya di dalam proposal penelitan terdiri dari gambaran singkat, latar belakang masalah, tujuan penelitian, alas an terhadap isi yang diteliti, estimasi waktu penelitian, tempat atau lokasi penelitian. Proposal penelitian biasanya dibuat untuk kebutuhan akademis seperti untuk penelitian untuk sebuah tesis, tugas akhir atau lainnya.

 

Namun kali ini saya hanya akan membahas tentang proposal usaha saja. Nah, untuk kalian yang masih bingung untuk membuat proposal usaha khusunya pada bagian kata pengantarnya, kali ini akan saya kasihkan contoh kata pengantar proposal usaha yang bisa menjadi referensi untuk kalian. Berikut ini penjelasannya.

stocksnap.io

Contoh Kata Pengantar Proposal Usaha

Contoh 1

Penulis ucapkan segala puji dan syukur kepada Allah yang telah memberikan banyak nikmat sehingga penulis dapat menyelesaikan tugas kewirausahaan dengan tepat waktu.

 

Adapun maksud dan tujuan dari penyusunan proposal ini adalah untuk memenuhi salah satu tugas yang diberikan oleh guru pada mata kuliah kewirausahaan.Dalam proses penyusunan tugas ini kami menjumpai hambatan, namun berkat dukungan materil dari berbagai pihak, akhirnya penulis dapat menyelesaikan tugas ini dengan cukup baik, oleh karena itu melalui kesempatan ini penulis menyampaikan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang telah membantu terselesaikannya tugas ini.

 

Dalam penulisan tugas yang penulis buat masih jauh dari kesempurnaan karena masih banyak kekurangan, oleh karena itu penulis membutuhkan segala saran dan kritik yang membangun demi perbaikan pada proposal ini. Semoga bermanfaat.

 

Bandung, 12 Mei 2019

 

 

Penulis

Contoh 2

Penulis ucapkan segala puji dan syukur kepada kehadirat Tuhan yang Maha Esa, Karena berkat limpahan rahmat dan karunia-Nya kami dapat menyusun proposal ini dengan baik dan tepat pada waktunya. Dalam proposal ini penulis ingin membahas mengenai tugas untuk dana bergulir yang bertujuan untuk membuat sebuah produk kerajinan yaitu “Tas Daun Nanas”.

 

Tersusunnya proposal usaha ini tidak lepas dari peran berbagai pihak yang terkait dalam proses pembuatannya. Oleh karena itu, penulis ingin ucapkan rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah bersedia memberikan bantuan dan memotivasi dalam penyusunan proposal usaha ini.

 

Kami menyadari bahwa masih banyak kekurangan yang terdapat pada proposal usaha ini. Maka dari itu, kami berharap agar pembaca untuk memberikan saran serta kritik yang dapat membangun. Semoga proposal ini dapat bermanfaat bagi pembaca dan akhir kata penulis ucapkan terima kasih.

 

Bekasi, 26 November 2019

 

Penulis

stocksnap.io

Contoh 3

Dengan mengucapkan syukur Alhamdulillah kehadirat Allah SWT, hanya dengan limpahan rahmat dan hidayah-Nya, penulis dapat menyelesaikan tugas penyusunan proposal pengajuan usaha dengan judul “ Pengembangan Potensi Batik Gumelem”.

 

Proposal pengajuan pengembangan usaha ini penulis susun untuk meningkatkan potensi ekonomi yang ada di desa gumelem melalui karya batiknya.Dalam penyusunan proposal pengembangan usaha ini penulis banyak mendapat bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu penulis mengucapkan terima kasih dengan tulus dan sedalam-dalamnya kepada semua pihak yang telah banyak membantu sehingga penulisan ini selesai.

 

Penulis menyadari bahwa penyusunan proposal pengembangan usaha jauh dari kata sempurna untuk itu segala kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak selalu penulis harapkan untuk bisa memotivasi penulis agar lebih baik lagi. Terima kasih.

 

Banjarnegara, 4 September 2019

 

 

Penulis

 

Itulah sedikit gambaran yang dapat kami berikan kepada kalian semua tentang kata pengantar proposal usaha, sehingga ketika kalian ingin membuat proposal usaha dan menulis kata pengantar sudah tidak akan bingung lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *