April 6, 2020

Kebutuhan Bulanan Anak Kuliah

Berbicara tentang perkuliahan, tentunya tidak terlepas kaitanya dengan mahasiswa. Terlepas dari dunia perkuliahan, tentunya suatu universitas atau perguruan tinggi memiliki banyak mahasiswa yang bukan berasal dari domisili dimana universitas atau perguruan tinggi itu berada. Tidak sedikit dari mahasiswa berasal dari luar kota dan harus menetap selama beberapa tahun guna memudahkan mobilitasnya dalam menempuh kehidupan perkuliahan.

Berkaca pada hal diatas, tentunya kehidupan mahasiswa tidak lepas dari beberapa kebutuhan penting yang harus membuat mereka berpikir keras memikirkan bagaimana caranya bertahan hidup di masa perantauan. Beberapa dari mereka memilih bekerja dan disisi lain masih harus mengatur flow income dan outcome uang hasil pemberian orang tua mereka.

Selanjutnya, mengenai bagian mana saja yang biasanya para mahasiswa harus atur guna memudahkan mereka selama hidup di masa perantauan adalah beberapa hal yang membantu mengcover kebutuhan – kebutuhan baik itu primer, sekunder maupun tersier. Ada beberapa kebutuhan yang bulanan yang harus mereka atur, ada juga beberapa kebutuhan yang biasanya bersifat mendesak seperti keperluan studi dan lain – lain.

Beberapa Kebutuhan Bulanan Anak Kuliah

Berbicara tentang kebutuhan bulanan anak kuliah, tentunya banyak yang sudah tahu apa saja yang biasanya di butuhkan seorang anak kuliah dalam memenuhi kebutuhanya selama 1 bulan penuh, baik itu kebutuhan biaya kost, sandang, pangan dan lain – lain. Di dalam artikel ini, kita akan mengupas beberapa kebutuhan bulanan anak kuliah yang biasanya di lakukan oleh para anak kuliahan, seperti:

  1. Biaya Sewa Kost

Kebutuhan yang biasanya sudah di atur dalam anggaran perbulan seorang anak kuliahan adalah biaya sewa kost. Berkisar antara rentang waktu dari mulai pertahun hingga perbulan. Opsi biaya sewa perbulan biasanya menjadi opsi yang paling banyak di mintai oleh para anak kuliah yang berasal dari luar daerah. Selain harganya relatif lebih murah, mereka juga bisa berganti – ganti tempat sesuai dengan keinginan mereka tanpa harus khawatir jika merasa tidak nyaman akan tetapi tidak bisa pindah karena terhalang kontrak biaya sewa per tahun.

  1. Biaya Makan

Selanjutnya adalah anggaran biaya untuk makan. Karena sejatinya anak kuliahan juga manusia biasa seperti pada umumnya, tentu mereka membutuhkan asupan makanan setiap harinya. Nah biasanya, pada dari anak kuliahan, memilih untuk mengaggarkan biaya makan mereka dalam hitungan perbulan. Hal ini guna menghindari resiko yang biasanya di alami oleh mereka yang baru saja merasakan euforia sebagai anak perantauan kuliah yang gemar makan – makanan enak di awal bulan dan harus makan seadanya di akhir bulan.

  1. Biaya Sandang

Tentu, untuk melengkapi kebutuhan mereka selama menimba ilmu, para anak kuliah sangat membutuhkan sandang untuk aktivitas mereka sehari – hari. Terlepas dari itu, biaya maintenance pun perlu di perhatikan seperti contohnya biaya laundry yang harus anak kuliah anggarkan supaya tidak memangkas biaya – biaya bulanan lainya yang tak kalah penting.

  1. Biaya Kesehatan

Kemudian ada biaya kesetahan, dimana para anak – anak kuliah biasanya sudah menganggarkan di awal sebelum mereka memulai masa studinya di universitas maupun perguruan tinggi. Biaya kesehatan di rasa penting karena bisa membantu para anak kuliah mengatur pengeluaran mereka jika terjadi permasalahan pada kesehatan mereka. Mereka tidak harus panik merogoh kocek dalam – dalam ketika sakit karena biaya pengobatan sudah tercover melalui anggaran yang sudah di buat sebelumnya.

  1. Kebutuhan Pelengkap

Terakhir adalah biaya yang biasanya anak kuliah sebut dengan dana cadangan, dimana biasanya kebutuhan ini meliputi kebutuhan – kebutuhan ekstra yang harus di tanggung oleh anak kuliahan.

Dalam hal ini salah satu contohnya adalah biaya pulsa murah dan paket data yang harus anak kuliah keluarkan tiap bulannya agar mampu membantu mereka terkoneksi dengan sanak famili di luar daerah dan kerap kali membantu mereka dalam mengerjakan beberapa tugas kuliah yang tentunya membuthkan koneksi internet dan sebagainya.

Biasa di katakan bahwa biaya kebutuhan pulsa dan paket data seorang anak kuliahan di zaman sekarang sudah menjadi kebutuhan primer, oleh karena itu, para anak kuliah wajib mengaggarkan dana yang mereka miliki untuk mencukupi kebutuhan ini.

Beberapa poin kebutuhan yang harus anak kuliah cermati diatas mungkin hanya sebagian besar dari keseluruhan biaya kebutuhan yang harus di tanggung oleh anak kuliahan. Akan tetapi, melihat alasan dan kondisi di zaman sekarang, sangatlah relevan jika kelima poin di atas patut untuk di jadikan pedoman atau pengingat anak kuliahan dalam mencoba mengatur anggaran biaya kebutuhan mereka baik dalam hitungan minggu, bulan maupun tahun.

Dan perlu di garis bawahi, adalah tentang pengeluaran dana tak terduga, yang acap kali mengganggu manajemen keuangan seorang mahasiswa dalam memenuhi kebutuhanya. Sering kali jika ada keperluan mendesak dan para anak kuliahan tidak memiliki atau mengaggarkan dana tersebut, orang tualah yang biasanya di mintai pertolongan pertama.

Pun berbeda keadaanya jika anak kuliahan tersebut bisa memenuhi kebutuhanya sendiri melalui cara yaitu dengan berjualan seperti contohnya pulsa, paket data, dan lain sebagainya, maupun bekerja secara paruh waktu di beberapa perusahaan – perusahaan yang membuka lowongan kerja paruh waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *