February 26, 2020

apa saja kelebihan murai batu? Yuk kenali dan pahami

Bagi para pencinta burung, pasti sudah tak asing lagi dengan nama burung murai batu. Burung jenis ini adalah salah satu burung yang cukup banyak dikembangkan dan mulai dijadikan komoditi oleh banyak orang. Burung cantik ini tersebar mulai dari Sumatra hingga ke Malaysia. Di beberapa daerah di pulau Jawa, burung cantik ini juga memiliki persebaran yang cukup luas. Dengan berbagai keunggulan dan kelebihan banyak orang yang memilih memelihara burung jenis ini. Hal ini lah yang membuat banyak orang mulai melakukan perkembangan biakan untuk memperbanyak jenis burung ini. Masyarakat sekarang ini mulai melakukan pengembangan dengan cara membangun kandang-kandang besar yang dapat menampung banyak burung yang nantinya akan dikawinkan.  Hal ini lah yang nantinya akan memberikan mereka keuntungan.

Keunggulan Dari Burung Murai Batu

Memelihara burung murai batu pasti hal utama yang dicari adalah kecantikannya. Akan tetapi masih banyak keunggulan lain yang dimiliki oleh burung ini. Berikut beberapa kelebihan dan keunggulan dari burung murai batu ini:

  1. Suara

Salah satu keunggulan yang dimiliki oleh burung ini adalah suara yang sangat memukau. Burung ini telah terkenal sebagai salah satu jenis burung yang paling banyak memenangkan perlombaan. Burung ini memiliki suara yang khas sehingga akan membuat para pendengarnya merasa bahwa sedang berada di alam liar sebab suaranya yang begitu mempesona. Suara dari burung murai ini merupakan salah satu kelebihan dan keunggulan yang bisa didapat oleh mayoritas para pemilik atau pemelihara burung murai ini.

unsplash.com
  1. Bentuk tubuh

Kelebihan yang kedua adalah bentuk tubuh dari burung murai ini. Bentuk tubuh burung murai ini memiliki suatu kekhasan tersendiri yang dapat dijadikan acuan oleh masyarakat ketika ingin memelihara burung cantik ini. Bentuk tubuh yang kecil dan ramping membuat masyarakat suka dan menjadikan burung ini sebagai salah satu burung peliharaan yang modern dan menyenangkan.

  1. Harga jual tinggi

Salah satu kelebihan lain dari burung murai ini adalah harga jual yang nantinya akan diberikan jauh lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual burung lain. Hal ini karena burung murai telah terkenal sebagai salah satu burung yang telah menjadi langganan memenangkan permainan. Harga jual burung yang berhasil memenangkan pertandingan burung berkicau tentu akan sangat mahal dibanding dengan jenis burung lain yang memiliki persentase kemenangan lebih kecil. Harga yang makin tinggi akan sejalan dengan kualitas suara yang dihasilkan.

  1. Imun tubuh

Keunggulan lain yang dimiliki oleh seekor burung murai adalah kekebalan tubuh. Banyak yang telah membuktikan bawah burung murai ini termasuk dalam kategori burung yang memiliki sistem imun sangat kuat. Berbeda dengan beberapa jenis burung pada umumnya yang sangat rentan terhadap penyakit, jenis burung ini telah banyak dibuktikan menjadi burung yang memiliki sistem kekebalan tubuh lebih.

pixabay.com
  1. Stamina kuat

Sebagai salah satu burung aduan yang telah sangat terkenal, burung murai ini terkenal dengan stamina yang sangat kuat. Stamina ketika mereka berkicau membuat para juri tak kan ragu lagi jika mereka telah bertanding. Kelebihan ini tak hanya dapat dilakukan dengan cara dicari saja akan tetapi dengan dilatih maka stamina yang dimiliki oleh burung murai ini juga akan semakin besar.

  1. Sifat bertarungnya kuat

Salah satu keunggulan lain yang dimiliki oleh burung murai ini adalah insting bertarungnya yang kuat. Burung murai ini memiliki sifat bertarung yang cukuo kuat dan berani yang berarti mereka akan terus bertarung atau berkicau jika masih ada burung lain yang berkicau. Hal ini lah yang membuat burung murai terkenal sebagai salah satu burung yang paling kuat dapat bertanding.

Kekurangan Burung Murai Batu

Selain kelebihan, burung murai batu ini juga memiliki beberapa kekurangan. Akan tetapi kekurangan tersebut tidak akan berpengaruh banyak pada kualitas yang dimiliki oleh burung murai ini. Berikut kekurangan atau kelemahan yang dimiliki oleh burung murai batu:

  1. Membutuhkan waktu lumayan lama untuk beradaptasi

Sama seperti jenis burung lainnya. Burung murai ini memerlukan waktu yang cukup lama untuk beradaptasi pada sebuah tempat baru. Burung yang tadinya ada di penangkaran atau peternakan burung dan berpindah ke rumah pribadi orang yang membelinya tentu membutuhkan waktu cukup lama untuk menyesuaikan diri

rgbstock.com
  1. Perlu latihan keras

Burung murai yang ada di alam dan burung murai yang hasil peternakan juga berbeda. Burung murai yang berasal dari alam pasti akan lebih susah dilatih dibanding dengan burung murai dari peternakan. Burung murai dari alam tidak akan berkicau sesering ketika mereka berada di alam. Karena hal ini lah banyak perlu banyak pelajaran dan latihan bagi burung murai hasil tangkapan.

  1. Pemeliharaan harus tepat

Walau terkenal karena sistem imun yang kuat akan tetapi jika salah dalam merawat burung murai ini tentu akan memperbesar peluang kematian. Hal ini telah banyak terjadi di masyarakat. Burung murai adalah salah satu jenis burung yang memiliki beragam hal sensitif dalam tubuh mereka. Hal ini karena burung murai terbiasa untuk bebas di alam sana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *