July 16, 2020

Kiat Penyelenggaraan Acara Tabligh Akbar

Menjadi sebuah acara rutin yang memiliki nilai urgensi tersendiri, tabligh akbar mengharuskan panitia harus benar-benar mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Beragam rangkaian persiapan mulai dari pemilihan pengisi acara yakni ustadz yang baik, tema yang sesuai serta persiapan teknis lainnya harus benar-benar diperhatikan dengan detail. Salah satu jenis hal teknis yang tidak luput dari perhatian adalah permasalahan sewa tenda di bogor, pengisi kajian yang tepat dan hal lainnya. Untuk mendapatkan tambahan informasi bagi Anda, berikut ini terdapat beberapa tips dalam penyelenggaraan acara tabligh akbar yang bisa Anda jadikan referensi. Informasi selengkapnya dapat Anda simak pada uraian berikut ini.

Definisi Tabligh Akbar

Mungkin Anda sudah tidak asing lagi mendengar kata tabligh akbar. Namun, tahukah Anda apa itu sebenarnya makna dari tabligh akbar? Secar sederhana tabligh akbar mempunyai makna sebagai suatu acara pengajian Al-Quran yang mempunyai skala besar atau suatu pertemuan kegiatan agama massal yang dilakukan di seluruh Indonesia. Acaranya sendiri terdiri atas rangkaian pengajian pada umumnya yakni beruap khutbah, dzikir, dan dakwah yang dilakukan oleh ustadz pilihan panitia. Skala dari tabligh akbar ini bervariasi mulai dari ranah masjid kompleks, kabupaten, provinsi bahkan nasional. Untuk jenis terakhir biasanya sering Anda jumpai leafletnya yang tersebar baik secara cetak maupun melalui media sosial.

Kiat Penyelenggaraan Acara Tabligh Akbar

Setelah Anda mengetahui apa itu tabligh akbar, selanjutnya Anda harus paham apa saja hal-hal yang harus diperhatikan ketika akan mengadakan acara tersebut. Sebagai suatu acara yang terbilang besar cakupannya, terdapat beberapa tips berupa kiat-kiat yang bisa Anda praktikkan agar acara bisa berjalan dengan lancar. Selengkapnya dapat Anda simak pada ulasan berikut ini.

1.      Pembentukan Ketua dan Tim Panitia

Hal pertama yang lazim dan wajib ada dalam suatu rangkaian acara adalah pembentukan tim panitia mulai dari ketua hingga staff yang membawahi bidang-bidang terkait. Meskipun sesuatu hal yang lumrah, namun Anda harus menyusunnya dengan baik agar masing-masing departemen yang Anda bentuk tersebut dapat berjalan dengan semestinya melalui kepemimpinan yang amanah. Untuk itu pemilihan tim yang solid dan kimpak perlu dipertimbangkan dengan baik.

2.      Persiapkan Tema dan Konsep Acara dengan Baik

Meskipun acaranya tergolong sebagai acara keagamaan, namun tetap memerlukan adanya tema dan konsep yang jelas. Anda dapat berkonsultasi dengan beberapa pemuka agama setempat untuk menyusun konsep dan tema yang sesuai. Lakukanlah persiapan terkait hal ini dengan matang agar acara tabligh akbarnya dapat berjalan dengan lancar.

3.      Perencanaan Anggaran Beserta Sumber Pendanaan

Hal krusial yang harus Anda perhatikan dengan baik adalah perencanaan anggaran beserta sumber pendanaan yang diperoleh. Termasuk ke dalam jajaran acara yang besar, maka tidak ada salahnya jika Anda mendapuk beberapa pihak untuk dijadikan sponsor maupun donatur. Demi terselenggaranya acara dengan baik Anda pun harus turut serta merencanakan biaya sewa tenda di bogor yang bisa Anda cek melalui Selarastenda.com.

4.      Susunlah WBS (Work Breakdown Structure)

Tak kalah penting dengan beberapa tips sebelumnya adalah menyusun WBS. Mungkin beberapa dari Anda masih awam dengan istilah tersebut, perlu Anda ketahui bahwa WBS adalah suatu struktur yang memuat rincian kerja secara detail dari setiap departemen. Anda dapat menyusun WBS untuk masing-masing departemen secara rinci untuk meminimalisir kesalahan dari tiap departemen. Disamping itu, hal ini juga mempermudah Anda untuk mengontrol kinerja dari setiap tim, berlaku bagi Anda yang menajbat sebagai ketua tim. Bahkan tak hanya itu saja, terdapat manfaat lain yang bisa Anda peroleh melalui work breakdown structure ini, seperti dapat mengurangi kompeksitas, termasuk ke dalam fasilitas penjadwalan dan pengendalian, estimasi biaya, penyusunan anggaran, identifikasi aktivitas, dan pengendalian risiko yang mungkin saja terjadi.

5.      Buatlah SOP (Standar Operating Procedure) yang Rinci

Berdasarkan data dari WBS, Anda dapat menyusun time table beserta SOP untuk tiap departemen. Melalui hal ini tim Anda dapat mengetahui rundown acara yang brejalan pada hari H beserta tugas dari masing-masing department.

6.      Lakukan Survey

Tak boleh dikecualikan dari beberapa kiat penyelenggaraan acara tabligh akbar adalah melakukan survey. Hal ini tak hanya berlaku untuk survey lokasi saja, bahkan aneka sajian snack, pembicara maupun hal teknis berupa peralatan dan perlengkapan juga sangat diperlukan. Anda bisa menugaskan tim humas beserta tim terkait lainnya untuk melakukan survey dan kontrol sebelum hari H.

7.      Siapkan Plan A dan B

Tak dapat dipungkiri bahwa segala konsep dan susunan acara yang sudah diatur sedemikian rupa dari jauh hari bisa saja tidak sesuai dengan ekspektasi ketika hari H tiba. Untuk menghindari hal buruk terjadi, Anda harus bisa menyediakan planning lainnya. Lazimnya seorang panitia harus bisa menyediakan setidaknya dua plan, A dan B agar bisa dijadikan pilihan ketika sewaktu-waktu keadaan tidak mendukung.

8.      Evaluasi

Terakhir Anda harus melakukan evaluasi secara menyeluruh maupun antar department. Hal ini berguna agar Anda dan tim dapat mengetahui kesalahan maupun kekurangan yang dilakukan selama pelaksanaan acara.

 

Nah itu dia penjelasan rinci mengenai kiat penyelenggaraan acara tabligh akbar yang dapat Anda jadikan referensi. Untuk mengetahui detail pemesanan sewa tenda di bogor yang merupakan bagian dari rangkaian persiapan acara, silakan Anda bisa menyimak melalui website Selarastenda.com. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *