December 6, 2019

Persiapan Kuliah di Universitas Indonesia

satu universitas tertua dan menjadi kampus favorit di tanah air adalah Universitas Indonesia atau yang lebih dikenal dengan sebuatn UI. Kampus utama UI berada di bagian Utara Depok, Jawa Barat. Selain itu, kampus utama UI juga terletak di Salemba, Jakarta Pusat. Hingga saat ini, kampus modern, humanis dan multi budaya ini telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni yang tersebar di seluruh Indonesia.

Jika dlihat letak geografisnya, kampus UI berada di daerah Depok dan Salemba. Sebagian besar fakultas berada di daerah Depok yang dibangun di atas lahan seluas 320 hektar. Kampus ini dibangun dengan konsep green campus atau kampus hijau karena kampus UI dikenal dengan sebutan hutan kota karena ditumbuhi oleh pepohonan yang berada di daerah perkotaan.

Sejarah didirikannya UI berawal pada tahun 1849 pada saat Indonesia masih berada di bawah pemerintahan colonial Belanda. Saat itu Belanda mendirikan sekolah dengan tujuan untuk menambah asisten dokter tambahan. Sekolah ini kemudian dikenal sebagai Dokter Djawa School Batavia dan pelajar yang sekolah di sana mengenyam pendidikan kedokteran dan diberikan pelatihan selama dua tahun.

Pelajar yang telah menyelesaikan studi diberikan sertifikat dan diberi gelar Dokter Djawa (Javanese Doctor) untuk dapat memberikan perawatan tingkat dasar. Tenaga medis yang memiliki gelar ini hanya dapat melakukan praktek di wilayah Hindia Belanda, khususnya di pulau Jawa.

pxhere.com

Pada tahun 1864 rentang waktu pendidikan ditambah menjadi 3 tahun dan terus mengalami pertambahan menjadi 7 tahun pada tahun 1875. Selain masa studi yang semakin bertambah, gelar yang diberikan bagi lulusannya pun berubah menjadi Dokter Medis (Medical Doctor). Pada tahun 1898 sekolah ini berubah menjadi School tot Opleiding van Indische Artsen (STOVIA) dan tutup pada tahun 1927.

Setelah ibukota Indonesia kembali ke Jakarta, pada tahun 1950 Universiteit van Indonesie berganti menjadi Universitas Indonesia. Pada tahun 1966 saat pemerintahan Orde Baru, pemerintah menunjuk beberapa Guru Besar UI untuk menjabat sebagai Menteri di pemerintahan Orba.

Pada 26 Desember 2000, UI ditetapkan sebagai perguruan tinggi berbadan hukum milik negara (BHMN) yang tertuang melalui Peraturan Pemerintah Nomor 152 tahun 2000. Saat ini UI memiliki 14 fakultas, sekolah vokasi dan sekolah pascasarjana. Bagi Anda yang memiliki rencana melanjutkan pendidikan di UI, Anda dapat mengunjungi website resmi UI untuk mendapatkan informasi tentang jurusan apa saja yang ada di UI.

pxhere.com

Salah satu kampus terbaik di Indonesia ini menyediakan berbagai fasilitas bagi mahasiswanya, seperti perpustakaan, balai mahasiswa, pusat kegiatan mahasiswa, fasilitas dan sarana olahraga dan pusat kesehatan mahasiswa. Selain itu, UI juga menyediakan asrama bagi para mahasiswanya.

Tidak hanya itu, UI juga menyediakan transportasi seperti sepeda kampus dan bus kampus yang memudahkan mahasiswanya untuk pindah dari fakultas satu ke fakultas lainnya. Dengan berbagai fasilitas yang diberikan, dapat memudahkan mahasiswa untuk beraktifitas dan tentunya dapat mengembangkan bakat dan minat mahasiswa melalui kegiatan kampus yang ada.

Sebagai kampus favorit dan menyandang gelar kampus terbaik, tentunya mahasiswa yang kuliah di UI juga dikenal sebagai mahasiswa yang pintar dan cerdas. Mungkin seperti itu bayangan sebagian besar orang tentang UI. Namun tahukah Anda, mahasiswa yang berhasil menyandang gelar sebagai mahasiswa UI tentunya telah melewati berbagai tantangan untuk bisa kuliah di UI.

Ada berbagai tahapan seleksi yang dilewati untuk dapat mengenyam pendidikan di kampus kuning ini. Untuk bisa kuliah di UI, ada beberapa jalur masuk yang bisa Anda coba, mulai dari SNMPTN, SBMPTN, PPKB UI, SIMAK UI dan SIMAK KKI. Anda dapat mencoba jalur masuk tersebut untuk bisa kuliah di UI.

Jika Anda sudah mencoba jalur SNMPTN dan SBMPTN namun belum berhasil, tidak perlu khawatir, masih ada cara lain untuk bisa masuk UI. Seleksi jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan (PPKB) merupakan penerimaan mahasiswa baru UI melalui jalur prestasi akademik saat di sekolah menengah.

pxhere.com

Syarat utama untuk bisa mengikuti seleksi jalur PPKB sekolah Anda harus menerima undangan dari UI. Setelah itu, kepala sekolah mengisi data sekolah hingga data mahasiswa yang direkomendasikan untuk mengikuti program ini. Jika Anda termasuk kandidat yang direkomendasikan, Anda akan mendapatkan nomor pendaftaraan dan sandi pendaftaran.

Selain PPKB, jalur penerimaan mahasiswa baru UI adalah SIMAK UI yang merupakan singkatan dari Seleksi Masuk UI. Seleksi ini dilaksanakan secara terpadu oleh UI. Proses seleksi SIMAK UI tidak beda jauh dengan SBMPTN. Peserta akan mengikuti tes tertulis yang terdiri dari Tes Kemampuan Dasar (TKD), Saintek dan Soshum.

Sedangkan SIMAK KKI merupakan seleksi masuk kelas khusus internasional yang diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang ingin mengikuti kelas internasional. Anda dapat mengikuti bimbel KKI UI untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi SIMAK KKI UI.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *