February 26, 2020

Mempelajari Letak Astronomis Negara Kamboja

Setiap negara memiliki karakteristik yang berbeda beda. Hal ini tergantung pada beberapa faktor baik letak geografisnya, letak geologisnya hingga letak astronominya. Atas perbedaan inilah berbagai negara memiliki perbedaan baik dari segi fisikal, sosial, pemerintahan hingga budayanya. Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang salah satu negara yang ada di Asia Tenggara dan merupakan tetangga negara kita yaitu negara Kamboja.

Letak Astronomis Negara Kamboja

pixabay.com

Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang negara Kamboja dari segi letak astronominya. Letak astronomi merupakan posisi tempat di di dunia yang  tergambarkan oleh garis imajiner bumi berupa garis lintang dan garis bujur. Sedangkan pengertian dari garis lintang sendiri merupakan garis imajiner yang digambarkan secara horizontal sementara garis bujur merupakan garis khayal yang digambarkan dari utara ke selatan bumi secara vertikal.

Kamboja adalah  suatu negara yang merdeka pada tanggal 17 April 1983. Negara yang dipimpin oleh seorang Raja ini memiliki bentuk negara berupa monarki konstitusional. Dari segi astronomi, negara yang beribukota di Phnom Penh ini memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri dari para negara lainnya.

Negara dengan nama lain Kampuchea ini merupakan salah satu anggota ASEAN yang memiliki garis lintang dan bujur tak jauh berbeda dengan negara negara di kawasan Asia Tenggara. Letak astronomi inilah yang nantinya akan mempengaruhi perbedaan dari segi iklim maupun perbedaan waktu. Negara Kamboja memiliki garis lintang 10 derajat lintang utara sampai 14 derajat lintang selatan. Sedangkan untuk garis bujurnya negara ini terletak pada 104 derajat bujur timur hingga 108 bujur timur.

Kamboja juga memiliki letak berbatasan dengan beberapa negara Asia Tenggara yang berada di kawasan Indocina. Negara ini memiliki luas sekitar 181.035 km persegi dengan 98 persen wilayahnya merupakan daratan. Hal inilah yang membuat daerah perairan dari Kamboja sangat sedikit hingga mempengaruhi dari segi curah hujan.

Negara Kamboja juga memiliki bentang alam yang cukup unik karena dari segi Geologi tanahnya memiliki bentuk seperti sebuah piring. Kamboja berbatasan langsung dengan negara Laos dan Thailand Di sebelah utara sedangkan di sebelah selatan berbatasan langsung dengan Teluk Thailand. Untuk bagian timur, Kamboja berbatasan langsung dengan Vietnam dan sebelah barat berbatasan langsung dengan Thailand.

Kamboja terletak di sebuah lempeng Eurasia yang merupakan lempeng penghubung antara Eropa dan Asia. Negara ini juga memiliki barisan pegunungan yang memiliki ketinggian 700 hingga 900 meter yang berjajar di bagian utara. Pegunungan inu biasa disebut dengan pegunungan Dong Rek.

Tidak hanya di bagian utara,  pada bagian barat juga terdapat pegunungan Cardamon. Bentang alam di Kamboja tidak hanya berupa pegunungan,  negara ini juga terdapat Gunung yang memiliki tinggi 1771 yang bernama Gunung Phnum Aoral. Sedangkan di bagian timur negara ini terdapat plato yaitu Plato Mondol dan Plato Rotanikri.

Kamboja dari iklimmya 

pixabay.com

Negara Kamboja memiliki iklim yang hampir mirip dengan negara negara di Asia Tenggara. Negara ini memiliki iklim muson tropis dimana suhu rata rata per tahun di negara ini yaitu sekitar 27 derajat celcius. Bulan terdingin merupakan bulan desember sementara itu bulan terpana ada pada bulan mei. Untuk pembagian musim dari negara ini yaitu musim kemarau diantara bulan november hingga mei yaitu saat musim angin timur laut.

Sedangkan untuk musim penghujan, negara ini memiliki rentang waktu antara bulan juni hingga Oktober. Yaitu pada saat terjadi angin musim barat.  Untuk curah hujan di negara ini yang tertinggi ada di Pegunungan Elephant dan Cardamon dimana disana terdapat curah hujan sampai 3040 mm per tahunnya. Selain itu di dataran Tonle Sap memiliki curah hujan hanya sekitar 1525 mm per tahunnya berbeda dengan daerah plato yang menerima hujan hingga 2 540 per tahunnya.

Akibat dari curah hujan yang tidak merata ini membuat Kamboja memiliki keragaman baik flora dan fauna yang tersebar di setiap wilayahnya. Bagian hutan hujan tropis terletak di daerah pegunungan yang hijau sepanjang tahun. Namun halnini berbeda dengan daerah Battambang barat laut. Disana terdapat sabana yang ditumbuhi oleh rerumputan sementara untuk area pantai dr ditumbuhi oleh tanaman hutan bakau.

Keuntungan Letak astronomi negara Kamboja

1. Memiliki Keanekaragaman Hayati yang Bervariasi

Walaupun negara Kamboja tidak memiliki daerah yang luas, namun dengan kondisi astronomi san geografisnya bisa membuat negara ini kaya akan keanekaragaman hayati. Negara Kamboja diapit oleh barisan pegunungan serta perbukitan dan ditambah dengan curah hujannya merasa membuat flora dan fauna di negara ini sangat beragam.

2. Hasil Pertanian Melimpah

Kamboja memiliki hasil pertanian yang  melimpah hal ini jelas saja karena Kamboja juga terletak di kawasan tropis. Kawasan tropis membuat curah hujannya cukup baik sehingga membuat tanah menjadi lebih subur. Hal ini ditambah dengan kondisi geografis dari negara ini yang diapit oleh pegunungan serta perbukitan. Berbagai hasil pertanian di negara Kamboja bahkan menjadi salah satu komoditas ekspor utama.

Demikian penjelasan dari kami Untuk mengetahui info lebih lanjut dari materi ini ada juga bisa melihat di pintarnesia.com. Berbagai info menarik juga tersedia disana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *