December 6, 2019

6 Macam Macam Niqab Yang Wajib Kamu Coba

Berbusana syar’i, tidak lengkap jika tidak menggunakan cadar untuk menutupi sebagian wajah wanita muslimah yang telah baliq. Banyaknya peminat untuk menggunakan niqab ini, membuat perancang niqab membuat berbagai model agar tidak kalah kekinian dan fashionable. Bahkan kini niqab tidak hanya hadir dengan satu warna saja, sebab kebutuhan berbagai warna semakin diminati. Sebelum membeli niqab, yuk kenali macam macam niqab yang harus kamu tahu.

Berbagai Macam Niqab yang Bisa Dicoba

  1. Hadramaut Bis Dengan Desain Simpel

Cadar atau niqab satu ini, terdiri dari berbagai komponen, yaitu bagian punutup wajah, tali yang menjuntai, dan layer pada bagian belakang. Sedangkan untuk ujung layer bagian belakang, terdapat kancing yang menyatu dengan kedua sisi niqab, sehingga cadar tidak mudah lepas. Selain itu, untuk menyatukan tali tersebut cukup mudah, yaitu tinggal kaitkan tali dengan kancing yang ada di bagian belakang.

  1. Yaman Long Dengan Panjang Sepunggung

Salah satu cadar yang banyak digunakan oleh wanita muslimah di Yaman, adalah Yaman Long. Cadar satu ini, terdiri dari berbagai komponen, meliputi penutup wajah, tali yang menjuntai, serta layer pada bagian belakang. Panjang layer bagian belakang ini, bisa mencapai punggung wanita muslimah dewasa. Dengan panjangnya cadar tersebut, membuat penampilanmu semakin syar’i.

unsplash.com
  1. Hidden Eyes Yang Menyisakan Bagian Mata

Seperti dengan namanya, cadar satu ini hanya menyisakan bagain mata yang tidak tertutup. Macam macam niqab satu ini, terdiri dari beberapa komponen, yaitu penutup wajah, tali yang menjuntai, dan poni yang melengkung pada bagian wajah dan poni. Poni ini dijahit di bagian pinggirnya menggunakan bisban pita satin. Agar penampilan terlihat fashionable sekaligus syar’i, kamu bisa memadukannya dengan french khimar.

  1. Butterfly Rekat Yang Nampak Seperti Kupu Kupu

Selain itu, cadar juga memiliki varian macam niqab lain, yaitu butterfly Rekat. Dimana cadar ini terdiri dari penutup bagian wajah, tali yang menjuntai, serta layer bagian belakang pada bagian dalamnya, layer pada bagain luar, serta dapat direkatkan pada posisinya. Penggunaan cadar ini terlihat simpel namun kekinian. Selain itu,  cadar ini terlihat seperti kupu kupu karena terdapat layer pada belakang bagian dalam dan luarnya.

  1. Bandana Purdah Dengan Full Bisban

Tidak hanya itu saja, cadar satu ini juga tidak kalah populer digunakan masyarakat, dimana terdiri dari komponen penutup wajah, tali yang menjuntai, dan purdah. Khusus pada lubang mata yang berada diantara penutup wajah dan tali, pinggirannya menggunakan full bisban sebagai penyempurna penampilan.  Adanya full bisban ini, membuat hidung penggunanya tidak sakit akibat adanya tekanan dari cadar.

  1. Bandana Bis Dengan Bisban Di Pinggirannya

Bandana satu ini, terdiri dari beberapa komponen, meliputi penutup wajah dan tali yang menjuntai di bawah mata langsung.  Berbeda dengan model penutup wajah lainnya, cadar satu ini memiliki penutup pada bagian wajahnya, yang pinggirannya dijahit menggunakan bisban atau pita. Sedangkan pada bagian atas matanya, terdapat tali yang digunakan untuk mengikat cadar agar tidak mudah lepas.

pxhere.com
  1. Yaman Poni Unik

Macam macam niqab yang ada, tidak terlihat unik seperti cadar satu ini. Sesuai dengan namanya, cadar satu ini memang banyak digunakan oleh wanita muslimah Yaman. Cadar Yaman Poni terdiri dari beberapa komponen seperti penutup wajah, tali yang menjuntai, poni yang terletak di dahi, serta layer pada bagian belakang. Layer tersebut mempunyai panjang hingga sepunggung wanita muslimah dewasa. Yang menarik dari cadar ini, adalah poni yang menutupi dahi.

  1. Niqab Saudi atau Bandana Purdah Petak

Bandana satu ini memiliki berbagai komponen yang terdiri dari penutp wajah, tali yang menjuntai, dan adanya purdah petak. Sedangkan untuk bagian matanya, terdapat diantara penutup wajah dan tali yang digunakan untuk mengaitkan cadar. Yang membedakannya dengan cadar yang lainnya, adalah adanya penggunaan purdah petak, sehingga penggunanya merasa lebih nyaman. Terutama jika bahan yang digunakan terbuat dari bahan yang lembut di kulit.

  1. Niqab Sara Dengan Layer Belakang Bisa Dibuat Poni

Niqab satu ini terdiri dari beberapa komponen, yaitu cadar penutup wajah, tali yang menjuntai, dan layer pada bagian belakang. Namun, cadar satu ini memiliki keunikan sendiri daripada macam macam niqab lainnya. Keunikannya terletak pada bagian layer belakangnya, yang bisa dijadikan sebagai poni melengkung. Selain itu, layer tersebut terbuat dari full bis sehingga penampilan akan semakin fashionable dan kekinian.

  1. Hadramaut Non Bis

Hadramaut non is atau bisa juga disebut sebagai hadramaut neci ini, terdiri dari beberapa komponen yang meliputi penutup wajah, tali yang menjuntai, serta layer pada bagian belakangnya. Sedangkan untuk ujung layer yang berada di belakang, terdapat kancing yang berfungsi untuk menyatukan antar tali cadar. Selain itu, pada bagian pinggiran cadar dijahit neci atau tanpa menggunakan bis.

pxhere.com
  1. Bandana Poni Dengan Perekat

Bandana satu ini, merupakan cadar yang terdiri dari beberapa komponen, yaitu bagian penutup wajah, tali yang menjuntai, serta poni. Terdapat lubang mata yang terletak di antara penutup wajah dan tali poni, dimana tali poni ini bisa direkatkan pada tali agar tidak mudah lepas. Pada saat ini, sebagian orang ingin mencari cadar yang simpel ketika digunakan, sehingga kehadiran perekat ini bisa menjadi cadar alternatif terbaik.

12.Niqab  Bandana yang Paling Sering Digunakan

Salah satu niqab yang paling banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia adalah niqab bandana. Sebab, cadar ini sangat mudah digunakan, mudah dicuci, bahkan lebih mudah dijemur. Selain itu, cadar ini memiliki harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan macam macam niqab lainnya. Cadar satu ini, terdiri dari penutup wajah dan tali. Sedangkan bagian lubang mata, terdapat diantara penutup wajah dan talinya.

Pengguaan cadar untuk melengkapi gaya berbusana wanita muslimah, tampaknya sudah mulai meningkat  setiap tahunnya. Bahkan tidak hanya wanita dewasa saja, namun para wanita remaja nampaknya telah tertarik untuk berbusana syar’i sesuai dengan syariat Islam. Kesadaran penggunaan cadar ini, membuat pebisnis cadar membuat aneka ragam cadar beserta warnanya yang kaya. Tampil syar’i, kini juga bisa fashionable sekaligus kekinian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *