December 1, 2020

Makanan Capung Beserta Keunikannya

 

Capung merupakan salah satu jenis serangga yang tidak dianggap berbahaya. Bahkan, sebagian orang memasukkan capung ke dalam kategori serangga yang banyak disukai manusia layaknya kupu-kupu. Hal ini dikarena capung terdiri dari berbagai jenis dengan warna yang beragam. Tampak sekilas capung juga termasuk hewan yang ramah dan tidak menakutkan, sehingga banyak orang yang tidak menganggap bahaya serta tidak takut akan keberadaan jenis serangga ini di sekitarnya. Akan tetapi, dibalik sikap dan penampilannya yang terkesan ramah, capung termasuk sebagai hewan predator udara yang ganas dan rakus. Bahkan penelitian dari salah salah satu Universitas di Amerika menyatakan bahwa capung ialah jenis serangga yang brutal dan efektif dalam memangsa musuhnya.

Di samping itu, tim riset dan ilmuwan juga menyatakan bahwa keberhasilan capung dalam menangkap mangsanya berupa serangga-serangga kecil telah mencapai 95%. Bahkan tidak jarang dijumpai capung memakan mangsanya sambil terbang, sehingga kelincahan capung dalam makan dan mencari mangsa sudah diakui kehebatannya. Sedangkan serangga yang menjadi makanan capung akan dirobek-robek dan terus dikunyah sampai halus membentuk gumpalan-gumpalan sebelum ditelan ke dalam perutnya. Selain itu, terdapat keunikan lain mengenai makanan dan nafsu makan capung yang tergolong sangat besar. Hal ini dikarenakan selera makan yang tiada henti, jika dibiarkan mereka akan mampu menghabiskan 30 ekor lalat dalam sekejap atau sekali makan. Sehingga banyak dilakukan penelitian mengenai pola makan dan makanan capung, mengingat hewan ini berukuran kecil namun ternyata merupakan karnivora bahkan predator ganas.

Dengan demikian, dalam tempat hidup atau habitat capung akan jarang dijumpai lalat, nyamuk dan beberapa jenis serangga kecil lainnya karena mereka ialah santapan utama capung. Oleh sebab itu, jarang pula ditemui lalat dan nyamuk di kawasan persawahan, danau, rawa ataupun sungai karena tempat ini pada dasarnya merupakan habitat asli capung. Meski tergolong sebagai karnivora dan predator, jenis serangga satu ini memiliki tubuh yang kecil, terlebih lagi jenis capung jarum yang memiliki bentuk tubuh kecil dan panjang menyerupai jarum. Dengan demikian, banyak orang yang menduga bahwa hewan ini ialah herbivora atau pemakan tumbuhan.