December 6, 2019

Manfaat Dark Chocolate Untuk Kesehatan

Kamu pasti suka banget makan coklat. Coklat memang disukai banyak orang karena rasanya enak dan manis. Memiliki kandungan nutrisi cukup tinggi, mengonsumsi coklat dengan jumlah tertentu secara rutin ternyata juga bisa menyehatkan.

 

Salah satu coklat yang bermanfaat bagi kesehatan adalah jenis coklat hitam alias Dark Chocolate. Namun berbeda dengan coklat umumnya yang rasanya manis, Dark Chocolate memiliki rasa pahit yang khas. Hal ini karena kandungan kakao di coklat ini lebih tinggi sedangkan kadar gulanya rendah.

Manfaat Dark Chocolate Untuk Kesehatan

Walaupun pahit, coklat ini baik untuk kesehatan. Berikut manfaat utama Dark Chocolate yang perlu kamu ketahui :

 

1.  Mengurangi Risiko Diabetes

Kandungan flavonoid yang ada pada Dark Chocolate, dapat membantu sel bekerja dengan baik serta mengurangi resistensi insulin. Sehingga membuat insulin dalam tubuh lebih efesien, hal ini akan berdampak pada penurunan risiko penyakit diabetes.

 

Dark Chocolate murni juga tidak menyebabkan kadar gula naik secara drastis. Coklat jenis ini juga bisa membantu kesehatan pembuluh darah, sehingga sirkulasi darah menjadi lancar.

2. Untuk Kesehatan Jantung

Dark Chocolate, memiliki flavanol yang bermanfaat mencegah penggumpalan darah, menurunkan tekanan darah serta meningkatkan aliran darah ke jantung dan ke otak. Mengonsumsi coklat ini secara teratur dapat mencegah terjadinya pengerasan pembuluh darah yang memicu penyakit jantung. Manfaat lainya, coklat hitam dapat menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskular, yang merupakan penyakit yang berhubungan dengan pembuluh darah dan jantung.

3. Memperlambat Penuaan

Dalam tubuh terdapat radikal bebas yang dapat merusak sel sel tubuh, pemicu penuaan dini dan menimbulkan penyakit seperti kanker. Radikal bebas ini tidak dapat dihindari karena terbentuk secara alami melalui pernapasan. Meski ada juga radikal bebas yang dibentuk dari polusi seperti asap rokok dan asap kendaraan.

 

Kandungan Flavonoid dan antioksidan yang cukup tinggi pada coklat hitam, ternyata mampu melawan dan melindungi tubuh dari radikal bebas, serta mampu menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit kanker dan sanggup memperlambat proses penuaan.

4. Mengurangi Risiko Stroke

Orang yang mengonsumsi coklat hitam secara teratur (disarankan mengonsumsi dua batang setiap hari) menurut sebuah penelitian,  lebih kecil kemungkinan diserang penyakit stroke dibanding orang yang jarang atau tidak pernah mengonsumsi coklat hitam sama sekali. Namun mencegah penyakit stroke harus dibarengi dengan berbagai upaya seperti pola hidup sehat serta mengkonsumsi makanan bergizi.

5. Memperbaiki Mood

Kalau kamu sedang kurang bahagia atau sedih, cobalah untuk makan coklat hitam. Agar lebih maksimal, kamu disarankan memakan coklat hitam murni tanpa tambahan kacang, susu, karamel maupun gula.

 

Coklat ini mengandung senyawa kimia Phenylethylamine. PEA akan menstimulasi otak untu melepas hormon bernama endorphin yang menyebabkab efek kesehatan kognitif dan meningkatkan mood secara positif. Sehingga setelah memakan coklat hitam ini, mood kamu berubah, kamu akan merasa lebih bahagia.

Nah itulah beberapa manfaat utama coklat hitam yang perlu kamu ketahui. Ingin mood kamu lebih baik? Cobalah mengonsumsi coklat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *