November 17, 2019

Mari Ulas Fungsi dan Gaji DPRD Kabupaten

Memilikki pekerjaan dengan gaji tetap  dan adanya tunjangan masa tua yang terjamin, merupakan mimpi banyak orang, salah satunya menjadi anggota dewan. Pekerjaan ni dianggap sebagai pekerjaan yang mulia dan tinggi, sebab memiliki tanggung jawab besar terhadap masyarakatnya. Tidak hanya itu saja, anda akan mendapatkan gaji yang menyentuh angka lumayan  tinggi. Berikut fungsi beserta gaji DPRD kabupaten.

Fungsi  Adanya Dewan Perwkilan Rakyat Daerah

Dewan perwakilan rakyat daerah ini memiliki 3 fungsi utama, yaitu legislasi, anggaran dan pengawasan. Legislasi berfungsi untuk mewujudkan dlam bentuk peraturan daerah bersama bupati. Anggaran berfungsi untuk mewujudkan dalam pembahasan dan menyetujui adany aanggaran pendapatan dan belanja daerah yang dilakukan bersama bupati. Sedangkan pengawasan berfungsi untjuk mewujudkan segala bentuk pengawasan terhadap setiap peraturan UU.

Gaji Menjadi Seorang Dewan Perwakilan Rakyat Daerah

Menurut data yang telah diambil dari beberapa sumber, gaji per bulan di beberapa daerah sekaligus tunjanannya bisa mencapai angka Rp. 1.8 miliar. Khusus untuk ketua dan wakil ketua dean, akan mendapatkan gaji pokok. tunjangan komunikasi dana operasional, tunjangan rumah, serta bahan bakar minyak. Sedangkan anggota dewan akan mendapatkan gaji pokok, tunjangan komunikasi dna transportasi, serta tunjangan perumahan.

Sebagai seorang ketua dewan, gaji DPRD kabupaten sebesar Rp. 5.8 juta per bulannya. Kemudian ditambah dengan tunjangan lainnya seperti tunjangan komunikasi sebesar Rp. 12.4 juta, dana operasional Rp. 12.6 juta, dan tunjangan perumahan sebesar Rp. 10.9 juta. Sehingga jika ditotalkan akan mencapai Rp. 45 juta lebih untuk setiap bulannya.

Sedangkan untuk seorang wakil ketua dewan, akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp. 5.1 juta dan ditambahkan tunjangan lainnya seperti tunjangan komunikasi Rp. 12.4 juta, dana operasional Rp. 6.7 juta, dana BBM Rp. 37 juta, dan tunjangan perumahan sebesar Rp. 10.3 juta. Sehingga jika ditotalkan akan mencapai Rp. 37 juta lebih untuk setiap bulannya.

Jika melihat pendapatan per bulan dengan angka yang fantastis ini, tentu siapa saja ingin mencalonkan dirinya untuk menjadi dewan perwakilan rakyat daerah. Namun dibalik besarnya angka gaji  tentu memiliki tanggung jawab yang cukup besar pula. Tugas dari seorang dewan bukan hanya untuk lingkup kecil, namun bisa mencangkup ratusan hingga ribuan orang yang tinggal di daerah tersebut, sehingga memerlukan rasa tanggung jawab tinggi

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *