August 14, 2020

Mengenal Ikan Mola-Mola, Ikan Menggemaskan Asal Indonesia

Ada jenis ikan yang berukuran besar dengan bentuk yang menurut banyak orang cukup aneh. Namun inilah nilai keunikan dari ikan mola-mola atau sunfish laut.

Mungkin bagi anda yang kurang mengetahui berbagai jenis ikan laut, juga tidak akan mengenal apa itu ikan mola-mola. Padahal bentuk ikan ini begitu menarik perhatian karena agak berbeda dari ikan-ikan biasanya. berikut ini berbagai ciri-ciri yang harus anda tahu agar lebih mudah mengenali bentuk ikan sunfish laut tersebut.

Karakteristik Dari Ikan Mola-Mola

Ikan mola-mola dikenal sebagai ikan sunfish laut, dan memiliki nama latin yang sama dengan julukannya yaitu Mola mola. Persebaran ikan yang satu ini cukup sedikit di Indonesia. Walaupun riset menyatakan ikan ini mampu menghasilkan banyak sekali anak dalam sekali proses reproduksi.

Berikut ini karakteristik ikan ocean sunfish yang perlu kalian ketahui :

  1. Ikan yang satu ini memiliki bentuk yang cenderung berbeda dari ikan lainnya. Jika ikan lain memiliki sirip dan ekor pada tubuhnya, ikan ocean sunfish hanya memiliki sirip pada tubuhnya. Selain itu, anggota tubuhnya seperti mulut, perut, dan lainnya cukup lengkap.
  2. Kulit dari ikan ocean sunfish kasar dan cenderung tebal, dengan warna abu-abu yang terkadang terlihat kusam.
  3. Ikan ocean sunfish sangat menyukai sinar matahari, sehingga seringkali ikan ini muncul dan berjemur.
  4. Ikan ini mampu menampung cukup banyak spesies pada tubuhnya. Kebanyakan, berbagai makhluk menempel untuk mencari makanan berupa parasit yang menempel pada tubuh ikan tersebut.
  5. Ikan yang satu ini tidak hanya menyandang predikat ikan teraneh di dunia, namun juga ikan yang paling banyak menghasilkan anak dalam sekali periode reproduksi. Bayangkan saja, sekali bertelur, ikan yang satu ini mampu menghasilkan ratusan juta butir telur dari rahimnya.
  6. Ikan ocean sunfish mampu memiliki berat yang melebihi satu unit mobil. Bahkan pernah tercatat ikan ini memiliki berat hampir sekitar 1 ton untuk satu ekor.
  7. Ikan ini hampir punah karena sering terserang parasit serta mengalami gangguan pencernaan. Di Indonesia saja, hanya di Bali lah tempat kalian bisa berjumpa ikan ocean sunfish.

Nah, karena keunikannya, bahkan dalam bahasa Jerman ikan ocean sunfish dijuluki dengan si “Kepala berenang”. Walaupun bentuknya menggemaskan, ikan ini sangat friendly dan sama sekali tidak membahayakan para pelaut serta penyelam yang mendekatinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *