December 6, 2019

Cara Mengganti Background Foto

Ketika melengkapi berkas-berkas, biasanya ada yang meminta pas foto dengan background tertentu. Hal ini cukup meresahkan karena pas foto yang kita punya memiliki warna background yang berbeda. Kebanyakan pada situasi seperti ini akan segera berlari ke studio terdekat dan foto lagi, bedanya adalah warna background yang digunakan saat foto ulang.

Bayangkan betapa banyaknya waktu yang terbuang untuk perjalanan ke studio, menunggu antri pas foto, sampai pulang mendapatkan hasil pas foto tadi. Tentunya sangat tidak efektif dan sebenarnya ada cara lain yaitu dengan mengganti background foto.

Kode Warna Background Foto

Beberapa instansi atau perusahaan yang meminta kelengkapan data beserta pas foto biasanya ada yang meminta warna background foto yang spesifik. Warna background foto yang sering digunakan adalah merah dan biru. Jadi untuk kode warna yang digunakan untuk background pas foto adalah:

  • Merah menggunakan kode warna #db1514
  • Biru menggunakan kode warna #ObOOa3

Kode warna ini sudah menjadi standar sehingga dapat dipastikan warna background foto dimanapun pasti sama.

pixabay.com

Cara Mengganti Background Foto

Supaya Anda tidak foto berkali-kali untuk background yang berbeda, Anda juga bisa mengedit atau mengubah warna background foto Anda menggunakan komputer atau HP. Edit foto semakin mudah dengan adanya berbagai aplikasi yang tersedia di internet dan online tools yang kini turut menjamur. Semuanya bersaing dalam memberi kemudahan, kenyamanan, dan kualitas yang terbaik. Langsung saja, salah satu aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk mengedit warna background foto melalui HP adalah!

  • Cut Cut

Aplikasi smartphone yang gratis ini dapat digunakan untuk memotong dan edit background foto dengan mudah. Caranya adalah download aplikasi melalui PlayStore, buka aplikasi CutCut dan pilih icon gunting. Akan muncul notifikasi untuk mengakses album Anda, silahkan diklik allow, pilih foto yang akan Anda edit dan aplikasi secara otomatis akan mendeteksi foto Anda dan menghapus backgroundnya. Setelah itu Anda tinggal memilih warna background baru dan klik save untuk menyimpan hasilnya.

pixabay.com
  • Change Photo Background

Aplikasi lain yang bisa Anda andalkan untuk mengganti background foto yaitu Change Photo Background. Sesuai namanya, aplikasi satu ini memang didesain untuk merubah latarbelakang foto. Anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun agar bisa men-download Change Photo Background dan juga ukurannya yaitu hanya 6.4 MB, jadi tidak memberatkan ruang penyimpanan ponsel Anda.

Lewat aplikasi keren satu ini, Anda bisa menghapus latar belakang yang tidak diinginkan dengan mudah dan cepat. Setelah background terhapus, maka Anda bisa melihat objek dengan latar transparan. Berbeda dengan aplikasi perubah background foto lainnya, Change Photo Background ini mampu merubah background lama dengan yang baru dengan cepat. Jadi jika Anda butuh foto dengan background tertentu, Anda bisa memanfaatkan aplikasi satu ini!

  • Photo Backgrounds

Saat seseorang ingin mengganti background foto, biasanya ia akan menggunakan Adobe Photoshop. Photoshop memang sangat berguna ketika kita ingin mengganti background foto, namun bagaimana bagi mereka yang tak paham Photoshop? Nah solusi yang paling tepat yaitu dengan mengunduh aplikasi bernama Photo Backgrounds di Playstore. Dengan aplikasi satu ini, Anda tidak perlu mengeluarkan uang, energi, dan waktu terlalu banyak.

Ukurannya ‘pun sangat kecil yaitu 3.2 MB saja, jadi Anda bisa mengunduhnya dengan cepat. Aplikasi ini menawarkan fitur bernama ‘Advanced Cut Photo’, dimana Anda bisa menghapus latar belakang foto dengan mudah dan cepat. Tak hanya latar belakang, Anda ‘pun bisa menghapus objek pada foto dan menggantinya dengan objek yang lain. Selain itu ada juga opsi ‘The Trim Edges’, dimana Anda bisa memotong setiap bagian dengan rapi dan presisi.

pixabay.com
  • Adobe Photoshop

Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, maka tak opsi yang paling pas selain dengan menggunakan Adobe Photoshop. Dengan sistem layer dan seleksi, Anda bisa dengan mudah mengganti background foto. Tak hanya mengganti warna latar belakang, Anda ‘pun bisa merubah bentuk objek pada foto, mengganti objek pada foto, memberikan efek, dan lainnya. Segera gunakan Photoshop jika Anda ingin merubah background foto!

Itulah beberapa aplikasi yang dapat digunakan untuk meng-edit background foto. Masih ada banyak lagi aplikasi dan online tools yang tersedia di internet. Mudah kan? Anda juga bisa cara memperbesar resolusi foto online dengan mudah lewat beberapa aplikasi yang bisa digunakan di komputer ataupun smartphone.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *