May 28, 2020

Mengulik Awal Mula Kedatangan Suku Melayu Riau

Ada begitu banyak suku yang berada di Riau, salah satunya adalah suku melayu. Hingga saat ini pun, Riau masih menggunakan bahasa melayu. Ras melayu sendiri bisa dikatakan datang ke tanah Riau sudah cukup lama, mengikuti perkembangan zaman maka ras melayu pun mengalami beberapa pengaruh peradaban yang masuk ke Sumatera. Yuk simak lebih jelasnya asal usul suku Melayu Riau pada ulasan berikut.

Kedatangan Suku Melayu di Riau

Ras Melayu datang ke daerah Riau sekitar tahun 2.500 SM. Suku ini berasal dari daratan Asia bagian tengah, dan menyebrang dari Semenanjung Malaysia. Suku Melayu di daerah Riau sendiri adalah salah satu keturunan dari para migran daratan Asia tersebut. Ketika memasuki Indonesia, maka suku Melayu ini selanjutnya berkembang dan mengalami perubahan dari peradaban Hindu hingga Islam.

Bahasa melayu di daerah Riau tidak jauh berbeda dari bahasa Indonesia, hal ini karena mengikuti cara berbicara atau logat dari daerah setempat. Bahkan, bahasa melayu pun dianggap sebagai salah satu dasar dari bahasa Indonesia. Sebelum mengenal tulisan latin, suku melayu di Riau menggunakan tulisan arab melayu atau arab gundul.

Kehidupan Masyarakat Melayu di Riau

Pada masa dahulu orang Melayu Riau yang tinggal di daratan Sumatera dekat dengan Minangkabau, akan menganut faham suku matrilial. Setiap suku akan dipimpin oleh seorang penghulu, dimana penghulu tersebut juga akan langsung menjadi kepala kampung ketika masyarakatnya menetap pada suatu desa.

Saat ini pelapisan sosial dalam masyarakat melayu di Riau tidak lagi seperti zaman dahulu. Meskipun begitu, masih ada beberapa golongan tertentu yang masih dianggap memiliki ciri keturunan sendiri. Golongan tersebut terdiri dari golongan keturunan raja, golongan kepala kampung, serta golongan pemuka masyarakat. Golongan pemuka sendiri adalah mereka yang disebut cerdik, pandai, dan memiliki pengetahuan lebih.

Kepercayaan Suku Melayu di Riau

Pada awalnya, hampir seluruh suku di Riau akan menganut animistis. Yaitu kepercayaan akan adanya kekuatan dari setiap tempat, begitu pula dengan suku melayu. Namun mengikuti perkembangan peradaban di sumatera, maka suku Melayu pun mulai mengenal dan mempelajari kepercayaan lainnya seperti Kristen hingga Islam.

Masyarakat melayu Riau sendiri mulai memeluk Islam sejak abad kesebelas masehi, namun kepercayaan atau tradisi tetap dilestarikan. Tak sedikit pula beberapa diantara mereka yang percaya bahwa, ada makhluk halus yang dapat berubah wujud sebagai buaya putih atau hewan buas lainnya. Bagi yang memeluk agama Kristen maupun Islam, beberapa diantaranya tetap melakukan ritual dalam perayaan tertentu.

Salah satu suku yang cukup lama mendiami Riau adalah suku Melayu, dimana suku ini pun membawa peradaban dan bahasa kedalam tanah Riau. Bahasa serta peradaban suku Melayu di Riau, kini sudah tidak seperti awal pertama kali memasuki Tanah Air. Mengikuti ombak perubahan abad, bahasa serta kepercayaan suku Melayu pun mulai berubah. Namun untuk beberapa perayaan tertentu, tetap dilakukan dalam bentuk budaya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *