December 6, 2019

Mengulik Sejarah Penggunaan Mata Uang Jerman

Salah satu negara yang berada di Eropa ini juga menggunakan mata uang Euro sebagai alat transaksi yang resmi. Tidak hanya di Jerman saja, sebagian besar negara di Eropa  juga menggunakan Euro sebagai mata uang yang resmi sebagai alat tukar. Namun, sebelum itu, mata uang Jerman bukanlah Euro melainkan Mark Jerman. Lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Mengenal Mata Uang Negara Jerman

  1. Awal Digunakannya Mata Uang Negara Jerman

Sebelum menggunakan Euro, negara satu ini pada awalnya menggunakan mata uang dengan nama Mark Jerman yang merupakan mata uang resmi yang digunakan oleh Jerman Barat. Selanjutnya, mata uang ini tetap berlaku sebagai mata uang resmi ketika Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu pada tahun 1990. Uang ini tidak berlaku lagi ketika Jerman telah resmi menggunakan Euro sebagai alat tukar untuk bertransaksi.

  1. Jerman Pernah Menggunakan Reichmark

Sebelum menggunakan Mark Jerman sebagai mata uang Jerman secara resmi, negara ini juga sempat menggunakan Reichmark sebagai mata uang yang resmi untuk alat bertransaksi ataupun perdagangan di negara ini. Lalu Mark Jerman pun dikeluarkan secara resmi untuk pertama kali pada tahun 1948 untuk menggantikan Reichmark ini.

  1. Mata Uang Negara Jerman Berganti Euro

Mata uang Mark Jerman terus digunakan oleh masyarakat Jerman untuk kegiatan transaksi sehari-hari sejak tahun 1948 hingga  Jerman Barat dan Jerman Timur bersatu. Baru pada tahun sekitar 1999, Mark Jerman mulai digantikan dengan mata uang Euro hingga saat ini. Hal itu dikarenakan Euro merupakan mata uang yang resmi digunakan untuk masyarakat Uni Eropa.

Meskipun Mark Jerman telah digantikan oleh Euro sebagai mata uang yang baru, namun ternyata negara ini tidak begitu saja menghentikan peredaran Mark Jerman untuk bertransaksi. Uang kertas dan uang koin dari Mark Jerman sendiri masih diterima sebagai alat tukar hingga tanggal 28 Februari 2002. Hal ini berbeda dengan negara lain yang di Eropa yang membatasi penggunaan dua mata uang yang berdampingan hanya dalam waktu sekitar dua bulan saja.

Akan tetapi, jika terdapat warga Jerman yang masih memiliki uang dalam bentuk Mark Jerman, maka uang tersebut dapat ditukarkan dengan Euro sampai kapanpun tanpa memiliki batas waktu. Anda dapat menukarkannya di setiap cabang Bundesbank manapun. Bahwa masyarakat Jerman dapat menukarkannya kapanpun melaui kantor pos.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *