August 14, 2020

Daftar Tempat Untuk Menjual Foto Melalui Internet

Setiap orang pasti pernah mengabadikan momen melalui sebuah foto, baik menggunakan kamera smartphone ataupun menggunakan kamera profesional. Bahkan tidak sedikit pula yang menjadikan kegiatan ini sebagai salah satu hobinya.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, apalagi dengan adanya internet sekarang ini, ternyata hobi fotografi yang kalian miliki bisa dijadikan sebagai salah satu usaha sampingan yang bisa menghasilkan pendapatan yang lumayan.

Caranya adalah dengan menjual hasil foto kalian ke situs fotografi yang ada di interenet. Dengan catatan hasil foto yang kalian punya harus memiliki kualitas yang bagus dan sesuai dengan kebutuhan situs fotografi tersebut.

Tentu kalian penasaran apa saja situs fotografi yang mau membeli hasil foto kalian. Daripada penasaran langsung saja simak informasinya di bawah ini.

500px Prime

Melalui situs ini, kalian bisa mendapatkan penghasilan dengan menjual foto yang kalian punya. Untuk ukuran foto yang bisa di jual disini harus tidak boleh lebih dari 500 pixel.

Jika foto yang kalian punya memang benar-benar bagus dan juga ada yang berminat untuk membeli foto tersebut. Kalian bisa mendapatkan pendapatan yang lumayan besar. Untuk satu foto yang terjual bahkan bisa dihargai hingga 3 juta rupiah.

Adapun untuk foto yang sudah kalian upload dan belum ada yang berminat. Foto tersebut bisa muncul di iklan online, billboard dan lain sebagainya.

Pada situs 500px Prime terdapat 2 piliihan lisensi yang ada yaitu standar dan komersial. Untuk foto dengan lisensi komersial, kemungkinan foto tersebut akan dihargai lebih maha.

pxhere.com

SmugMug Pro

SmugMug Pro memberikan kalian penawaran yang cukup tinggi untuk setiap foto bagus yang kalian unggah. Kalian sebagai pemiliki foto tersebut akan mendapatkan kimisi sebesar 85% dari harga foto tersebut.

Jadi misalkan foto kalian berhasil terjual 100 dolar lewat SmugMug Pro, maka kalian sebagai pemiliki sah foto tersebut akan mendapatkan komisi sebesar 85 dolar. Jika semakin besar nominal harga yang ada pada foto kalian maka akan semakin besar pula pendapatan yang akan kalian dapatkan.

Tapi untuk bisa menjual foto dengan komisi yang besar, kalian harus mendaftar sebagai member premium. Adapun biaya yang harus di keluarkan untuk menjadi member premium adalah sebesar 12,5 dolar setiap bulannya.

Shutterstock

Mungkin kalian sudah tidak asing dengan situs yang satu ini. Situr ini merupakan salah satu situs yang cukup diminati banyak fotografer untuk menjual fotonya lewat internet.

Jika kalian mengunggah foto di situs ini, kalian bisa mendapatkan penghasilan mencapai 120 dolar setiap kali ada orang yang mengunduh foto kalian. Wow, tentu itu bukan nominal yang kecil untuk harga sebuah foto.

Dengan menggunakan situs ini, kalian boleh menunggah foto kalian sebanyak mungkin. Semakin banyak foto yang berhasil kalian unggah, maka akan semakin besar pula peluang kalian untuk mendapatkan penghasilan dari situs shutterstock.

Selain itu di shutterstock juga ada fitur yang bisa mengundang teman kalian ataupun fotografer lain untuk menjadi anggota di shutterstock. Dengan fitur ini kalian bisa mendapatkan komisi tambahan.

Dimana aturannya adalah setiap kali ada orang yang berhasil bergabung menjadi anggota dan sudah berhasil mengunggah fotonya di shutterstock melalui undangan yang kalian kirimkan. Maka kalian akan mendapatkan pendapatan tambahan sebesar 0,4 dolar.

pxhere.com

iStockphoto

iStockphoto merupakan salah satu situs yang sudah memiliki banyak kontributor yang berasal dari berbagai negara. Hal itu karena iStockphoto sudah berusia 18 tahun.

Kalian juga bisa menjual foto kalian lewat situs ini, dengan syarat kalian harus menjadi kontrbutor iStockphoto. Kontributor bisa dibilang sebagai anggota ataupun member. Jika kalian sudah menjadi kontributor kalian dapat dengan mudah mengunggah foto kalian di iStockphoto.

Sayangnya untuk menjadi kontributor di iStockphoto tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya tim iStockphoto akan menyeleksi dengan ketat semua kandidat calon kontributor.

Bahkan kalian juga harus menjawab beberapa pertanyaan singkat yang di berikan oleh pihak iStockphoto. Hal itu bertujuan supaya kontributor yang diterima sudah sesuai dengan tujuan situs tersebut.

pxhere.com

Etsy

Mungkin banyak orang yang menganggap kalo situs ini sebagai marketplace kostum hallowen hingga dekorasi pernikahan. Sebanrnya Etcy bisa juga dijadikan tempat yang cocok untuk menjual foto kalian.

Komisi yang kalian dapatkan dengan menjual foto di Etsy juga lumayan tinggi. Pasalnya E              tsy hanya akan menerima komisi 20 sen atau 3,5% dari harga jual foto kalian. Sedangkan sisanya akan menjadi komisi untuk anda.

Tentu jika dibandingkan dengan situs lainnya, bisa dibilang Etsy memberikan bayaran yang lebih besar.

Dengan Etsy, foto yang berhasil kalain unggah bisa juga dipromosikan melalui media sosial yang kalian punya. Hal tersebut bertujuan supaya foto kalian yang ada di Etsy cepat terjual.

Itulah beberapa situs yang bisa kalian jadikan sebagai tempat untuk menjual foto yang kalian punya. Dengan menjual foto di internet tentu kalian akan mendapatkan penghasilan tambahan. Semakin banyak foto yang berhasil kalian jual maka akan semakin banyak pula pendapatan yang bisa kalian dapatkan. Jadi tunggu apalagi, langsung saja kunjungi situsnya dan jual foto kalian disana.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *