December 6, 2019

Pada Bulan Apakah Musim Penghujan terjadi di Indonesia

Di musim kemarau ini tentunya cuaca sangatlah panas. Apalagi musim kemarau tahun ini lebih panas jika dibandingkan dengan tahun – tahun sebelumnya. Bahkan di beberapa daerah di indonesia tingkat suhu pada siang hari mencapai 40 derajat celcius. Ini tentru merupakan salah satu suhu terpanas yang pernah di alami bangsa indonesia. Sehingga hal seperti ini banyak orang yang bertanya pada bulan apakah musim penghujan terjadi di indonesia?

Musim Hujan di Indonesia

Pada umumnya musim hujan dimulai pada bulan oktober. Hal ini ditandai dengan mulai turunnya hujan yang semakin lama mempunyai curah hujan semakin tinggi. Musim penghujan di akhiri pada bulan maret. Biasanya musim hujan dengan curah hujan tertinggi hadir di bulan januari. Namun terkadang musim hujan bisa datang lebih awal dan lebih telat. Ini tergantung kondisi cuaca yang memang sulit untuk diprediksi.

Musim Hujan dan Manfaatnya di Indonesia

Musim penghujan sendiri mempunyai banyak manfaat yang ditunggu tunggu oleh banyak orang. berikut adalah manfaat musim penghujan. Yang pertama adalah bisa digunakan sebagai air minum. Air huja memang merupakan salah satu alternatif air bersih yang bisa diminum. Namun bukan berarti air hujan langsung aman untuk dikonsumsi. Melainkan harus di proses terlebih dahulu sehingga air tersebut bersih dari kuman dan bakteri.

Lalu manfaat lainnya saat musim penghujan datang adalah sebagai penyubur tanaman. Memang sudah hal yang lazim diketahui bahwa air merupakan sumber kehidupan. Ini termasuk juga untuk sumber kehidupan tumbuhan. Kekeringan biasanya menyebabkan banyak tumbuhan mati. Tentu ini sangat merugikan khususnya di sektor pertanian. Namun jika musim pnghujan, hal tersebut tentu tidak akan jadi masalah lagi.

Karena tanaman bisa tumbuh subur dengan pengairan yang selalu tercukupi. Manfaat lainnya dari musim penghujan yang jarang disadari adalah hujan bisa memperbaiki kualitas udara. Dengan banyaknya industri dan juga banyaknya keadaan bermotor tentu membuat kualitas udara menjadi buruk. Namun dengan turunnya hujan tentu hal tersebut akan dinetralkan dan udara menjadi lebih segar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *