May 28, 2020

Berencana Wisata ke Bromo, Yuk Intip Keindahan Pasir Berbisik Gunung Bromo yang Populer

Gunung bromo merupakan salah satu tempat wisata yang populer di Jawa Timur yang banyak dikunjungi saat liburan. Salah satu lokasi yang cukup menarik untuk di kunjungi di Gunung Bromo adalah Pasir berbisik yang merupakan lautan pasir yang berada di sekitar gunung Bromo. Bahkan tempat ini pernah menjadi lokasi pembuatan film dengan judul “Pasir Berbisik” Penasaran dengan keindahan panorama dari Pasir Berbisik Gunung Bromo? Yuk simak ulasan berikut.

Keindahan Lautan Pasir yang Ada di Sekitar Gunung Bromo

  1. Ombak Pasir yang Cantik

Pemandangan yang unik dari lokasi ini adalah ombak pasir yang cantik dan tampak indah. Tentunya dengan melihat panorama yang unik tersebut, akan membuat anda tampak takjub. Lautan pasir tersebut sebenarnya adalah kaldera yang raksasa yang masih dalam kawasan pegunungan Tengger. Keindahan ini sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Anda bisa mengambil beberapa gambar yang menarik ketika sedang mengunjungi lokasi ini.

Tak heran karena keindahan tersebut, banyak juga dari para pegunjung atau fotografer yang menjadikannya sebagai objek favorit untuk mengambil gambar dengan latar gugusan pegunungan yang indah. Bahkan ada beberapa dari pengunjung dan penduduk setempat yang menjadikan Pasir Berbisik Gunung Bromo untuk melakukan sesi foto prewedding. Ombak pasir yang indah tersebut, sangat lembut ketika mengenai kaki.

pexels.com
  1. Mendengar Suara Bisikan dari Pasir

Sesuai dengan namanya, hamparan pasir ini memang mengeluarkan bisikan yang merupakan fenomena yang cukup langka. Sebenarnya bisikan tersebut bukan disebabkan karena hal yang mistis melainkan karena adanya angin yang mengenai lautan pasir tersebut sehingga butiran pasir beterbangan dan menghasilkan suara bisikan yang terdengar oleh orang yang melewatinya.

Di sini anda bisa menikmati keindahan pemandangan tersebut sambil duduk atau berbaring di atas tanah. Tentunya hembusan angin yang membuat pasir pasir bergerak akan memberikan sentuhan yang lembut. Namun sebaiknya anda mengunjungi Pasir Berbisik Gunung Bromo ini pada pagi hari atau saat sore hari. Karena ketika siang hari, cuaca di lokasi ini cukup panas dan menyengat. Agar lebih perjalanan menuju lokasilebih aman, sebaiknya gunakan open trip bromo.

  1. Memiliki Luas Mencapai 5,920 hektar

Disebut sebagai lautan pasir karena lokasi ini memiliki luas mencapai 5,920 hektar. Hamparan pasir tersebut membentang mengelilingi Gunung Bromo, Gunung Batok, Gung Kursi, Gunung Watangan dan Gunung Widodaren. Terdapat 7 pusat letusan yang saling menyilang dalam dua jalur. Di lokasi pasir yang halus dan berwarna hitam ini, tidak banyak vegetasi yang tumbuh. Hanya ada perdu dan rerumputan yang hidup.

Keindahan pasir ini semakin sempurna dengan dinding yag berupa tebing yang berjajar mengelilingi lautan pasir tersebut. Tinggi tebing di Pasir Berbisik Gunung Bromo sekitar 200-600 meter dengan kemiringan 60-80 derajat. Sebenarnya fenomena lautan pasir ini dikarenakan adanya dua gunung yang saling berhimpitan sehingga menyebabkan letusan kecil yang mengeluarkan material vulkanik sehingga membentuk lembah yang cukup besar dan kaldera.

Karena kaldera tersebut cukup dalam sehingga material vulkanik yang berasal dari letusan tersebut akhirnya menumpuk di dalamnya sehingga membuatnya menjadi lautan pasir. Berada di sini, akan memberikan kesan anda seakan akan berada di padang pasir yang luas. Apalagi saat mengunjunginya dengan menaiki kuda yang ada di sana. Tentunya akan memberikan pengalaman liburan yang seru dan menyenangkan.

pexels.com
  1. Sebagai Tempat Istirahat Bagi Pendaki

Lautan pasir ini seringkali digunakan bagi para pendaki kwah Bromo. Di Pasir Berbisik Gunung Bromo ada banyak warung yang menjual makanan ringan maupun kopi.  Di sini juga tersedia fasilitas yang cukup legkap seperti toilet dan tempat parkir untuk kendaraan roda dua seperti motor. Karena tempatnya strategis tersebut sehingga tempat ini sangat cocok untuk bersantai sambil menikmati pemandangan yang ada disekitarnya.

Di sini anda juga bisa menemukan para penjual oleh oleh khas Bromo dengan mudah. Terdapat beberapa penjual yang menjajakan kaos dengan menggelar tikar di beberapa tempat. Bahkan anda juga bisa menemukan penjual edelweiss yang ada di sekitar tempat ini. Tempat yang berada di antara kawah bromo dan bukit teletubbies ini sangat tepat menjadi tujuan saat mengunjungi Bromo. Jangan lupa untuk menggunakan open trip Bromo untuk mengunjunginya.

  1. Akses Menuju Lokasi

Sebenarnya ada banyak pilihan untuk sampai di Pasir Berbisik Gunung Bromo, mulai dari mengendarai roda dua hingga menggunakan motor jeep. Namun, bagi anda yang ingin menikmati pemandangan di sekitar sambil duduk manis, akan lebih baik dengan menyewa monil jeep dengan tarif yang ditetapkan yaitu Rp 500 ribu. Namun, anda juga bisa menggunakan motor ketika sedang melewati jalan menuju lokasi ini.

Karena medannya yang cukup terjal dengan gundukan pasir yang tidak merata, maka ketika mengendarai motor ini anda harus berhati hati. Namun, ketika anda mengendarai motor tentunya akan mendapatkan pengalaman yang seru dan menakjubkan. Apalagi saat melewati jalanan yang tidak rata dan cukup menantang. Perjalanan menuju tempat ini lebih mudah melalui kota Lumajang dengan rute Probolinggo-Wonorejo yang  menghabiskan waktu sekitar 3 jam.

pexels.com
  1. Harus Membawa Perlengkapan yang Sesuai

Karena lokasi Pasir Berbisik Gunung Bromo yang berada di pegunungan sehingga udara di sana cukup dingin, maka sebaiknya anda menggunakan pakaian yang cukup hangat dengan perlengkapan seperti jaket, syal, kaos kaki dan kaos tangan. Selain itu, lautan pasir yang terkena oleh angin bisa membuat butiran pasir tersebut berterbangan dan rawan terkena mata dan hidung. Maka sebaiknya gunakan masker dan kaca mata saat sedang mengunjungi tempat ini.

Ada baiknya anda menggunakan pemandu ketika melakukan perjalanan pertama kali ke tempat ini. Namun, jika tidak menggunakan guide sebaiknya anda harus sudah berada di lokasi sebelum hari gelap karena dikhawatirkan akan tersesat. Anda juga hasru memastikan bahwa kondisi tubuh sedang sehat agar tidall mudah drop saat berada di lokasi. Usahakan membawa air putih yang cukup ketika mengunjungi Pasir Berbisik Gunung Bromo, agar tidak sampai mengalami dehidrasi.

Pasir berbisik yang ada di kawasan Gunung Bromo merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup populer. Di sini, anda bisa menikmati keindahan lautan pasir yang sekan akan berbisik ketika terkena tiupan angin. Mengunjungi tempat ini akan membuat anda serasa berada di padang pasir. Agar perjalanan semakin aman dan menyenangkan serta tidak tersesat, sebaiknya anda menggunakan jasa tour untuk paket wisata ke Bromo.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *