August 5, 2021

Pecinta Ikan Hias Wajib tahu, Cara Merawat si Cantik Ikan Diskus

Sudah kenal dengan ikan hias air tawar, ikan diskus ? Ikan yang berasal dari sungai Amazon, Amerika Serikat ini memiliki warna dan corak yang cukup menjadi daya tarik pecinta ikan hias. Hingga saat ini pun, peminat ikan ini memiliki peminat yang cukup banyak. Bagi kamu yang ingin memelihara diskus, perlu diperhatikan karena memerlukan perawatan ekstra. Yuk, cari tahu, bagaimana merawat ikan hias air tawar ini.

Cara Merawat si Diskus, Ikan Cantik dari Amazon

  1. Berikan Makanan Daging yang Berprotein Tinggi

Jangan terkecoh dengan kecantikannya, nyatanya ikan cantik ini termasuk dalam golongan karnivora. Oleh karena itu, berikan pakan daging yang berkualitas dan memiliki protein tinggi. Meskipun kamu bisa saja membetikan pakan pelet, namun daging tetap dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan dari diskus.

Kamu dapat memberikan pakan daging seperti udang, cacing darah, cacing hati sapi, atau cacing putih. Tidak selamanya harus diberikan secara hidup, kamu pun dapat memberikan pakan daging ini dalam bentuk beku. Namun ketika memberikan makanan beku, pastikan tidak ada bakteri atau parasit yang menempel.

  1. Berikan Tempat yang Cukup Besar

Perawatan ikan diskus harus lebih ekstra dari ikan lainnya, perawatan harus dimulai dari tempat tinggal si cantik diskus. Berikan akuarium yang cukup besar, setidaknya ukuran minimal untuk akuarium diskus adalah 1 meter. Serta atur suhu dalam air akuarium, suhu normal untuk ikan ini sekitar 27 hingga 32 derajat celcius.

Berikan pula heater pada akuarium tempat tinggal diskus. Hal ini karena udara dingin sangat membahayakan bagi diskus, usahakan suhu dalam air tetap dengan ketentuan standarnya. Untuk ph air pun, perlu diperhatikan pemilik diskus. Setidaknya pastikan ph air tidak lebih atau kurang dari 6,5, jika lebih atau kurang dari itu maka diskus sangat rentan untuk stress.

  1. Berikan Hiasan Pada Akuarium

Umumnya ketika memelihara ikan cantik ini, perlu mengatur hiasan untuk akuariumnya agar tetap merasa seperti di habitat aslinya. Kamu bisa memberikan campuran tanaman atau beberapa batang  pohon, yang seolah olah membentuk sebagai akar pohon. Kamu juga bisa menambahkan kayu apung untuk menambah kenyamanan dari diskus.

  1. Berikan Penerangan pada Akuarium

Selain pakan dan kebersihan air, penerangan juga faktor yang penting ketika memelihara ikan hias air tawar ini. Berikan penerangan yang cukup pada tempat tinggal ikan diskus, agar membuat ika menjadi lebih sehat. Umumnya memang penerangan akan mengeluarkan suhu panas, maka atur suhu di dalam air untuk menyesuaikannya.

Ada banyak ikan hias air tawar yang cukup digemari oleh pecinta ikan hias, selain arwana nyatanya diskus pun memiliki banyak peminat. Warnanya yang cantik dan polanya yang eksotis, menjadi daya tarik yang sangat cantik bagi penggemarnya. Tak heran jika banyak yang ingin memelihara ikan Amazon ini, namun bagi pemula hendaknya memperhatikan beberapa hal agar ikan tetap nyaman dan panjang umur.