October 29, 2020

Kenali Cara Ampuh Pengobatan Stunting

Stunting seringkali menyerang balita yang tidak disertai dengan tanda-tanda khusus sehingga terlambat untuk ditangani. Lalu apakah stunting masih bisa disembuhkan? Bisa tetapi jika di bawah usia 2 tahun,  jika berusia di atas 2 tahun sulit untuk disembuhkan karena dokter harus berkerja lebih keras lagi.

Dengan menjalankan pengobatan stunting dengan benar maka stunting masih bisa disembuhkan tetapi ada kenyataan lain yang harus diterima. Meskipun seorang balita sudah sembuh tetapi bisa dipastikan jika IQ yang dimiliki sudah tertinggal jauh dari teman seusia nya. Sehingga kecerdasannya akan lebih rendah dari yang lain.

Sebagai orang tua tentu menginginkan anaknya bisa sembuh dari stunting meski harus ada kenyataan kurang baik yang harus diterima. Untuk bisa mengetahui bagaimana cara pengobatan stunting, simak ulasan di bawah ini.

Cara Pengobatan Stunting yang Paling Ampuh

pixabay.com

Memberikan Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

Pengobatan stunting yang pertama adalah dengan memberikan pola asuh yang benar pada bayi. Caranya dengan memberikan inisiasi menyusui dini (IMD) melalui pemberian ASI eksklusif kepada hingga usia 6 bulan. hingga usia 6 bulan jangan sampai memberikan MPASI.

Setelah si kecil berusia 6 bulan sudah diperbolehkan untuk memberikan MPASI. Hal yang perlu diperhatikan jangan sampai memberikan makanan yang tidak memiliki nutrisi yang baik. Adapun makanan yang bisa diberikan adalah sayuran, buah-buahan yang menggandung banyak vitamin A dan sebagainya.

Memberikan Makanan dengan Nutrisi dan Gizi Optimal

Ketika anak terindikasi mengalami gangguan stunting maka pengobatan yang bisa dilakukan adalah mengatur pola makannya. Anak harus mendapatkan makanan yang bernutrisi dan memiliki gizi optimal. Hal ini dilakukan untuk mengejar ketertinggalan pertumbuhan dengan anak seusia nya.

Gizi optimal yang diberikan kepada anak berusia di bawah 2 tahun seperti makanan yang mengandung 40% lemak, 10% protein dan 50% karbohidrat. Banyak kasus stunting terjadi akibat kekurangan protein misalnya tahu, tempe, wortel, brokoli dan sebagainya.

Istirahat yang Cukup

Pengobatan stunting selanjutnya adalah dengan istirahat cukup. Caranya dengan menghindari anak untuk tidur larut malam. Sebisa mungkin upayakan anak bisa tidur dengan nyenyak dan berkualitas.

Ketika anak bisa tidur dengan nyenyak maka hormon pertumbuhan bisa bekerja dengan maksimal. Ini sangat penting dilakukan kepada anak yang mengalami stunting karena bisa mengejar pertumbuhan anak seusia nya.

Ajak Si Kecil Berolahraga dan Melakukan Aktivitas Fisik

Selain memberikan nutrisi dan gizi optimal, juga perlu mengajak anak untuk berolahraga dan melakukan aktivitas fisik. Jangan membayangkan dilakukan dengan hal-hal yang berat, tetapi dengan cara sederhana dengan mengajaknya jalan-jalan, lari-larian kecil, main sepak bola di dalam rumah dan sebagainya.

Melalui cara tersebut tubuh si kecil akan mengeluarkan energi sehingga pada malam hari bisa istirahat dengan cukup dan tidur nyenyak. Selain itu juga akan membuat tinggi badan bertambah.

Lingkungan Sekitar yang Bersih dan Sehat

Supaya anak dengan gangguan stunting bisa tumbuh dengan baik maka harus menjaga lingkungan tempat tinggal supaya bersih dan sehat. Lingkungan yang sehat sangat berpengaruh kepada pertumbuhan si kecil untuk mengejar pertumbuhan anak seusia nya.

Apabila tidak ada perubahan lingkungan tempat tinggal yang sehat dan bersih ketika mengalami stunting maka pertumbuhan si kecil akan terhambat. Kebersihan yang perlu diperhatikan adalah pada sanitasi. Ini harus menjadi perhatian supaya anak bisa mengejar pertumbuhan.

Pengobatan Stunting Anak Di Atas 2 Tahun

pixabay.com

Memperbaiki Asupan Gizi

Pengobatan stunting untuk anak berusia di atas dua tahun adalah dengan memperbaiki asupan gizinya. Beri anak asupan makanan sehat seperti karbohidrat, lemak, protein hewani, sayuran, buah-buahan, dan juga kacang-kacangan. Jangan lupa untuk rutin memantau perkembangan berat badan dan tinggi badan si kecil.

Mencegah Terjadinya Infeksi

Pada dasarnya gangguan stunting terjadi akibat anak kekurangan nutrisi dan gizi. Keadaan ini cukup membuat anak sudah menderita. Untuk itu jangan sampai penderitaan itu bertambah apabila juga terserang infeksi. cara mencegah terjadinya infeksi yaitu dengan menjaga lingkungan sekitar supaya bersih dan sehat.

Memberi Stimulasi Pada Anak

Pengobatan lainnya adalah dengan memberi stimulasi pada anak dengan cara mengajaknya bermain dan jangan memberikan gadget kepada si kecil. Dengan mengajaknya bermain anak akan merangsang kemampuan motorik dan bersosialisasi menjadi lebih baik.

Nah itulah cara ampuh yang bisa digunakan untuk pengobatan stunting. Diharapkan dengan pengobatan tersebut gangguan stunting bisa disembuhkan. Dan bagi orang tua yang memiliki anak yang memiliki tinggi badan rendah bisa memberikan tiens peninggi badan. Dengan mengkonsumsi suplemen tiens peninggi badan maka salah satu langkah untuk mencegah kematian janin saat melahirkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *