November 17, 2019

Hadir Dengan Konsep Baru, Yuk Simak Keren Nya Politeknik Negeri Pontianak

Pontianak tidak hanya terkenal dengan kota khatulistiwa, di kota ini pun menyediakan berbagai fasilitas yang lengkap mulai dari instansi kesehatan hingga pendidikan. Salah satu instani pendidikan yang cukup terkenal adalah Politeknik Negeri Pontianak. Kampus yang telah mewisuda 1.290 lulusan ini memberikan banyak fasilitas dan pelayanan. Apa saja keunggulannya ?

POLNEP Sebagai Instansi yang Mendukung Era Industrialisasi

POLNEP atau yang merupakan singkatan dari Politeknik Negeri kota Pontianak ini merupakan sistem pendidikan jalur profesional, yang menekankan pada penguasaan dan pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Dengan ilmu penguasaan dan pengembangan pengetahuan dan teknologi tersebut, POLNEP berusaha untuk mendukung era industrialisasi Indonesia.

Secara umum sistem pendidikan di POLNEP terdiri dari 3 ciri yaitu pendidikan tinggi yang berbasis kompetensi, pendidikan profesional yang menekankan pembentukan kompetensi, serta pengajaran teori dan praktek untuk memperkuat kemampuan siswa. Dengan adanya ketiga kemampuan yang diajarkan oleh instansi pendidikan ini, akan menghasilkan siswa yang memiliki kemampuan dan pengetahuan luas.

Pengajaran teori yang diberikan oleh Politeknik Negeri Pontianak menekankan pada konsep dasar, dengan pengakaitannya langsung dengan kasus nyata yang terjadi di sekitar. Sehingga mahasiswa akan diajak untuk berpikir kritis, mencapai pemecahan masalah secara praktis dan efisien. Sedangkan pada pengajaran praktis, mahasiswa akan difokuskan pada kemahiran mengintegrasikan teori dengan penanganan proses yang nyata.

pickupimage.com

Program Pendidikan POLNEP

POLNEP memiliki total 11 program pendidikan, dengan 8 jurusan. Untuk teknik sendiri terdiri dari 5 jurusan yang  terdiri dari teknik sipil dan perencanaan, teknik mesin, teknik elektro, teknik pertanian, dan teknik arsitektur. Sedangkan untuk program pendidikan PDD terdapat PDD kota singkawang, PDD kabupaten Polewali Mandar, dan PDD Kabupaten Kapuas Hulu.

Tidak hanya itu saja jurusan lainnya adalah jurusan administrasi bisnis, jurusan akutansi, serta jusuran ilmu kelautan dan perikanan. Seluruh jurusan yang ada pada POLNEP ini akan menghasilkan masyarakat Indonesia, yang mampu meningkatkan era industrialisasi di kota Pontianak maupun negara Indonesia.

Bahkan para mahasiswa teknik perencanaan perumahan dan pemukiman pun, semakin terbantu dengan banyaknya perumahan pontianak terbaru yang bermunculan di kota khatulistiwa ini. Mahasiswa dapat belajar langsung melihat perkembangan yang terjadi di kota Pontianak dengan cepat dan cermat.

pickupimage.com

Sarana dan Prasarana POLNEP

Selain lengkap degan jurusan yang menunjang era industrialisasi, Politenik Negeri Pontianak pun dilengkapi dengan berbagai sarana dan prasarana untuk pendidikan mahasiswanya. Sarana tersebut seperti Laboraturium, lab teknik, lab akutansi, lab arsitektur, lab komputer, lab bahasa, dan lab administrasi.

Tidak hanya itu saja, Politeknik Negeri Pontianak pun memiliki ruang kelas yang luas hingga mampu menampung 4.000 mahasiswa. Tentu dengan keuntungan ini mahasiswa dapat lebih memiliki kemungkinan besar, agar bisa memasuki kelas pelajaran yang diinginkan. POLNEP pun memiliki berbagai tempat praktik, seperti bengkel teknik mesin yang berisi berbagai peralatan yang dibutuhkan.

 Polnep Menghasilkan Masyarakat yang Berkualitas

Sesuai dengan visi yang dimiliki oleh POLNEP, kampus ini akan terus berusaha untuk menjadi lembaga pendidikan tinggi vokasi terbaik dan terpercaya untuk tingkat nasional dan internasional. Untuk mencapai gelar tersebut, maka POLNEP akan selalu membina dan mengembangkan profesionalisme sistem yang sehat dan dinamis.

Politeknik di  Pontianak ini pun berusaha untuk terus mengembangkan dan mendaya gunakan ilmu pengetahuan teknologi, agar kesejahteraan masyarakat semakin meningkat. POLNEP akan menanamkan sebuah kemampuan pada mahasiswa yang dibimbing secara maksimal, sehingga nantinya mereka dapat menjadi masyarakat yang berkualitas.

pickupimage.com

POLNEP memiliki misi untuk menyelenggarakan pendidikan vokasi dan penelitian terapan, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Misi yang ditetapkan oleh POLNEP ini guna menunjang upaya pembangunan nasional yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Pontianak maupun warga Indonesia.

Tujuan kedepan dari Politeknik Negeri Pontianak adalah meningkatkan pendidikan vokasi dalam berbagai bidang keahlian, sehingga lulusan kampus ini dapat memiliki keunggulan yang lengkap. Keunggulan tersebut meliputi keunggulan komparatif dan kompetitif seperti bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, sikap dan keterampilan yang profesional, mampu berkomunikasi dengan efektif, dan menguasai media komunikasi atau komputer dengan benar.

Dari seluruh visi, misi, dan tujuan tersebut maka tak heran jika POLNEP selalu memberikan yang terbaik untuk menunjang pendidikan mahasiswanya. Dengan ruang kelas yang begitu besar, kini mahasiswa tidak perlu mengulang semester apabila ingin mengikuti sebuah kelas pembelajaran.

Mantab Menempuh Pendidikan di Polnep

Politeknik yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Bansir Laut, Pontianak Tenggara, Kota Pontianak ini menjadi sebuah lembaga pendidikan yang terbukti telah menghasilkan banyak lulusan yang berkualitas. Bahkan terbukti setiap tahunnya lulusan POLNEP telah terserap ke dunia kerja, dengan mayoritas sesuai dengan keahliannya.

Dari penelitian yang telah dilakukan, setidaknya hanya 10% lulusan Politeknik Negeri Pontianak yang melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi maupun bekerja di bidang yang berbeda. Melalui riset yang dilakukan pada lulusan teknik sipil, menunjukkan bahwa kualitas lulusan teknik sipil di tempat kerja pun mendapat respon posifit baik dari lingkungan kerjanya maupun perusahaannya.

POLNEP adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi di Pontianak, yang terbukti telah menghasilkan lulusan yang berkualitas. Bahkan menurut riset yang ada, lulusan POLNEP hanya membutuhkan setidaknyak 3 bulan untuk mendapat pekerjaan. Sangat menakjubkan bukan ? Dengan fakta tersebut, membuat anda semakin mantab untuk mengemban ilmu di POLNEP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *