December 1, 2020

Agar Lebih Menarik, Yuk Simak 7 Tips Presentasi Bisnis

Komunikasi merupakan salah satu kemampuan yang sangat penting dimiliki, terutama  ketika ingin melakukan presentasi. Bagi anda yang bekerja dalam bidang bisnis, kemampuan ini sangat diperlukan.

Tidak mengherankan jika, perusahaan akan mengutus karyawannya yang cakap berkomunikasi di khalayak ramai. Selain berkomunikasi, pemateri diharuskan untuk memiliki daya tarik tersendiri. Bagaimana cara agar presentasi bisnis menarik ? Berikut ulasannya.

Rangkuman Tips Melakukan Presentasi Agar Lebih Menarik

pixabay.com
  1. Melakukan Presentasi Dengan Gaya Bercerita

Cakap berbicara audien, merupakan kemampuan yang sangat berguna di bidang bisnis. Sehingga tidak jarang, pembicara menggunakan cara ini untuk menarik para hadirinnya. Tidak hanya menarik, persentasi seperti layaknya bercerita dianggap efektif untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan, gaya bercerita mampu memberikan kesan santai sekaligus memberikan makna yang cukup dalam.

Terutama jika pembicara memiliki style unik ketika bercerita. Gaya uniknya, membuat para audien yang hadir tertarik untuk mendengarkan ceritanya. Sebab, gaya penyampaian yang terlalu formal memunculkan rasa bosan dan cenderung mengantuk sebelum menyentuh pertengahan acara. Untuk meminimalisirnya, pembicara berkewajiban untuk memunculkan nuansa berbeda denganmenyentuh emodi mereka.

Pembawaan santai, membuat pembicara seakan terhubung dengan audiennya. Berdasarkan dari data statistik yang diterima, pembicara yang menggunakan gaya penyampaian presentasi layaknya orang bercerita, dapat memicu emosi pendengarnya. Gaya presentasi ini sungguh menarik untuk dicoba. Rasa ketertarikan tersebut, memungkinkan audiennyta untuk mengingat pembicara hingga ke bawah sadarnya.

  1. Menunjukkan Adanya Kredibilitas

Presentasi bisnis yang sukses, adalah persentasi yang mampu menggaet perhatian beserta kepercayaan audiennya. Salah satu cara menggaet perhatian mereka, dengan menunjukkan kredibilitas anda sebagai pemateri. Cobalah untuk menyisipkan cerita singkat dari latar belakangmu, yang masih terkait dengan topik yang dibicarakan. Secara otomatis, audien merasa bahwa anda memiliki pengalaman lebih di bidang tersebut.

Apabila materi yang diberikan harus dipahami oleh audien, anda bisa menceritakan pengalaman anda secara pribadi. Jika memungkinkan, katakan bagaimana anda berusahan mulai dari nol hingga menjadi seperti sekarang ini.

Dengan menyajikan kesamaan kondisi, mampu mensugesti audien untuk memahami materi yang tengah diberikan. Selain merasa adanya kedekatan secara kondisi, pemikiran tersebut menghadirkan rasa percaya kepada anda.

  1. Eksplorasi Dengan Memberikan Materi Tambahan

Sebagai seorang pembicara, menunjukkan kreadibilitas memang penting dilakukan. Terutama menunjukkan kredibilitas terhadap setiap kalimat yang terucap dari mulut anda. Pada era canggih ini, masyarakat sudah lebih cerdas dan kritis pada setiap perkataan yang dilontarkan seseorang. Oleh karenanya, audien terkadang tidak akan mudah percaya hanya dengan berlandaskan mengenal siapa diri anda.

Tidak cukup mengenal nama anda, karena audien harus mengetahui adanya kebenaran dari pernyataan yang terlontar. Kepercayaan akan timbul bila mereka mengetahui akan kebenaran dari isi presentasi bisnis yang dilakukan.

Tambahkan beberapa informasi tambahan yang sekiranya mendukung konten presentasi. Informasi tambahan dapat berbentuk grafik, riset, cerita, riset yang dilakukan para ahli, dan sebagainya.

Informasi tambahan tersebut, tidak harus diletakkan ke dalam slide presentasi. Cukup menyampaikannya secara verbal, audien akan merasa lebih percaya terhadap ucapan anda. Tidak perlu ragu untuk menyampaikan kreadibilitas yang ada, karena hal tersebut bisa menjadi bukti kongkrit. Tambahkan kalimat seperti “mungkin anda tidak akan percaya dengan apa yang saya sampaikan, namun…”.

pixabay.com
  1. Gunakan Cara Unik

Anda bisa menyajikan informasi tambahan tersebut ke dalam slide presentasi. Gunakan template tertentu, agar tampilan slide semakin menarik. Bosan dengan desain tamplate yang maintsream ? Silahkan kunjungi website free powerpoint templates , untuk memilih aneka template menarik. Tambahkan informasi tambahan ke dalam template tersebut, agar para audien yang hadir mempercayai perkataan anda.

Tidak perlu khawatir untuk tampil beda, karena tampil unik mampu menarik perhatian audien. Cobalah untuk menggunakan warna berbeda, dan berikan beberapa gambar yang masih terkait dengan presentasi bisnis.

Berikan font berbeda, namun tidak menghilangkan unsur profesionalitas anda.  Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran font yang digunakan, agar audien yang duduk di barisan belakang dapat melihat materi yang diberikan.

Ingin tampil berbeda dan tidak membosankan ? Tambahkan media lainnya, untuk mendukung presentasi anda. Misalnya dengan menambahkan audio, foto, ataupun video terkait dengan tema yang dibawakan.

Memberikan media tambahan, mampu meningkatkan daya tarik sekaligus mudah untuk diingat. Tidak perlu ragu untuk menginvestasikan beberapa menit, untuk memberikan visual tambahan.

  1. Berikan Poin Penting

Siapa yang tahan melihat tumpukan tulisan dalam waktu lama ? Selain tidak menarik, rasa bosan mudah muncul ketika melihatnya. Jika dilihat dari dekat, audien akan merasa pusing melihat deretan tulisan yang terlalu panjang. Cobalah menghindarinya, dengan membuat garis besarnya saja atau memberikan poin penting saja.

Jika anda menggunakan power point untuk melakukan presentasi bisnis, berikan saja poin pentingnya. Sesuai dengan namanya, anda tidak perlu bertele tele memberikan materi yang ada. Dari beberapa poin yang ada, pembicara dapat menjabarkannya sendiri sesuai dengan materi yang ada.

Pada dasarnya, manusia tidak mampu mengingat semua materi yang diberikan. Sehingga memberikan tulisan panjang, justru mengganggu konsentrasi.

Singkat nan padat, merupakan cara efektif yang bisa dilakukan ketika melakukan presentasi. Tidak perlu menjelaskan secara detail, mengenai materi yang anda kuasai. Namun dari keseluruhan materi, audien sudah mengerti maksud dan tujuan pemberian materi tersebut. Selain mudah dimengerti, pemberian materi dalam garis besar mampu meninggalkan kesan yang cukup mendalam.

  1. Perkirakan Pertanyaan Beserta Jawabannya

Sebagai pemateri, anda pasti memperkirakan apa saja pertanyaan yang mungkin muncul di benak audien. Pertanyaan itu mungkin saja muncul, ketika anda membaca materi yang akan dipresentasikan. Cobalah untuk mencatat semua pertanyaan yang muncul di benak anda. Setelah itu, carilah jawaban dari pertanyaan tersebut. Anggap saja hal ini seperti latihan, ketika anda mendapatkan pertanyaan menjebak dari audien.

Bukan menjadi rahasia umum lagi jika, ditemukan audien yang memberikan pertanyaan menjebak bagi pembicara. Jebakan tersebut dibuat, sebagai bentuk tes kemampuan beserta wawasan yang dimiliki pemateri.

Agar tidak masuk dalam perangkap tersebut, anda harus mempelajari presentasi bisnis lebih matang.  Dengan begitu, segala argumen yang telah dilontarkan sebelumnya, tidak akan mudah digoyahkan.

Setiap individu memiliki keunikan yang tidak ditemukan pada individu lainnya. Hal tersebut juga berpengaruh, ketika melakukan presentasi. Sebagian orang memilih untuk mengunggulkan dari segi slide, penampilan, maupun wawasan yang dimilikinya agar lebih menarik. Semua poin tersebut kurang lengkap jika tidak diimbangi dengan kemampuan berbicara di depan umum.