November 29, 2022

Produk-produk dengan Bahan Dasar Akrilik

Anda pasti sering mendengar produk-produk dengan bahan dasar akrilik. Namun, mungkin sebagian dari Anda belum paham betul apa itu bahan akrilik. Akrilik merupakan bahan plastik yang bentuknya menyerupain kaca. Hanya saja, akrilik memiliki keunggulan dibandingkan dengan kaca, salah satunya adalah tingkat kelenturannya.

Akrilik memiliki sifat yang lebih lentur dibandingkan dengan kaca, sehingga bahan ini tidak mudah pecah, lebih ringan, dan lebih mudah untuk dibentuk, seperti dipotong, dikikir, dibor, dihaluskan, dikilapkan, atau dicat. Karena kelenturannya inilah banyak yang menggunakan akrilik untuk dibentuk menjadi berbagai macam bentuk, meski bentuk yang agak rumit sekalipun.

pixabay.com

Sifatnya yang tidak mudah pecah juga membuat akrilik sering digunakan sebagai material ideal untuk diaplikasikan pada tempat yang jika pecah akan berakibat fatal, seperti kapal selam. Material akrilik juga sangat tahan terhadap cuaca. Bahan ini tidak akan mengkerut atau berubah warna, meski terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu lama.

Ada dua jenis dasar akrilik yang digunakan sesuai dengan kebutuhannya, yaitu akrilik ekstrusi dan akrilik cetakan. Jenis akrilik ekstrusi memiliki lembaran yang lebih lembut dibandingkan dengan akrilik cetakan. Selain itu, jenis ini juga lebih mudah tergores atau terkena kotoran. Namun, kebanyakan memiliki mutu yang sangat baik. Biasanya akrlik jenis ini digunakan untuk membuat plang, display, dan sejenisnya.

Jenis akrilik yang kedua adalah akrilik cetakan. Akrilik jenis ini memiliki mutu yang lebih baik lagi dibandingkan dengan akrilik ekstrusi. Namun, sesuai dengan mutunya, harganya pun lebih mahal. Untuk masalah kekuarannya, karena lembarannya lebih kokoh, maka akrilik cetakan ini memiliki kekuatan yang lebih dibandingkan dengan akrilik ekstrusi.

Meski kedua jenis ini memiliki perbedaan, tetapi akrilik dengan bahan apapun memiliki keunggulan dibandingkan dengan beberapa material serupa lainnya. Keunggulan akrilik dibandingkan dengan kaca dan plastik bahan lain adalah sebagai berikut:

  • Lebih ringan dibandingkan dengan bahan kaca
  • Lebih tahan terhadap benturan
  • Tidak bereaksi terhadap paparan sinar matahari terik
  • Tahan terhadap cuaca outdoor
  • Dapat didaur ulang
  • Tahan terhadap reaksi kimia dibandingkan dengan bahan plastik yang lainnya
  • Tidak mengandung racun berbahaya
  • Ramah lingkungan
  • Mudah dibersihkan dan dirawat
  • Kejernihan akrilik bisa bertahan hingga bertahun-tahun lamanya
  • Transportasi dan pemasangan bahan bangunan dengan menggunakan akrilik bisa jauh lebih mudah dan biayanya pun jauh lebih murah.

Dalam keseharian kita, ada banyak macam produk-produk dengan bahan dasar akrilik yang dapat dengan mudah ditemukan. Produk-produk tersebut, seperti huruf timbul, box akrilik tempat penyimpanan kosmetik dan barang lainnya, plakat, display stand, nomor meja, AC reflektor, hingga berbagai furnitur berbahan dasar akrilik, seperti lemari, meja, rak sepatu, dan lain sebagainya.

Untuk bahan bangunan sendiri, orang paling banyak menggunakan karilik untuk kanopi rumah. Sebab, terbukti memang bahan akrilik lebih awet dan kuat dibandingkan dengan kanopi berbahan kaca. Namun demikian, harganya juga lebih mahal dibandingkan dengan kanopi kaca. Ada beberapa warna akrilik untuk kanopi yang sering digunakan, seperti transparan dan putih.

Selain untuk kanopi, akrilik juga bisa digunakan sebagai dekorasi ruangan pada rumah, misalnya pembuatan rak atau etalase pajangan dari bahan akrilik. Rak akrilik atau etalase pajangan ini bisa menjadi salah satu elemen dekorasi yang cantik pada ruangan di rumah Anda, karena sifatnya yang tembus pandang. Rak pajangan yang tembus pandang akan membuat rumah semakin terasa luas dan lega.

Produk akrilik bisa didapatkan dengan mudah di toko akrilik. Sebaiknya sebelum memutuskan untuk menggunakan produk akrilik, pertimbangkan terlebih dahulu kegunaannya. Bukan hanya itu, pertimbangan pula kekuatan, serta ketahananan produk tersebut untuk penggunannya. Jika masih kurang paham, sebaiknya Anda konsultasikan terlebih dahulu pada jasa pembuat akrilik atau jasa CNC router.

pixabay.com

Bagi Anda yang belum paham apa itu CNC router, CNC router adalah mesin yang dilengkapi dengan digital signal processing (DSP) dalam memotong atau mengukir suatu bahan. Pengoperasian CNC router adalah dengan menggunakan komputer dan manual dengan layar monitor portable. Akrilik yang ingin dibentuk sedemikian rupa bisa menggunakan CNC router agar lebih sempurna pemotongannya.

Sebab, mesin CNC sangat teliti, tepat, fleksibel, dan sangat cocok digunakan untuk memproduksi akrilik dalam jumlah besar. Sebab, mesin ini dirancang khusus untuk mempercepat proses pengerjaan pemotongan. Bukan hanya digunakan untuk memotong saja, CNC router juga digunakan untuk menggrafir atau mengukir dan membuat marka dari kayu, alumunium, kaca, atau bahan sejenis lainnya.

Untuk pemotongan yang sempurna sesuai dengan keinginan Anda, carilah jasa CNC router untuk akrilik yang terbukti pengalamannya. Sebab, jika salah, Anda akan mendapatkan hasil yang tidak sesuai. Pemotongan akrilik menggunakan mesin CNC router harus dilakukan dengan orang yang profesional dan khusus membuka jasa tersebut.