August 5, 2021

Referensi untuk Diet Ibu Hamil Trimester 1

diet ibu hamil trimester 1

Masa awal kehamilan menjadi salah satu momen krusial. Di masa ini, embrio akan berkembang menjadi janin. Janin ini akan menjadi cikal bakal sang buah hati yang akan bertumbuh hingga nantinya dilahirkan. Di masa awal pertumbuhan ini, tentu nutrisi sangat diperlukan. Nutrisi tidak hanya untuk sang buah hati yang sedang di awal pertumbuhan, tapi ini juga untuk sang ibu yang mengandung. Untuk itu, ada beberapa hal yang bisa dijadikan rekomendasi terkait diet dan pola makan di masa trimester pertama. Makanan dengan nutrisi yang tepat dan seimbang tentu akan memberikan keuntungan bagi ibu dan janinnya.

Yang pertama perlu diperhatikan adalah sayuran. Sayuran hijau perlu diperbanyak karena ada banyak nutrisi dan vitamin dalam sayuran. Vitamin C dan Vitamin K adalah dua vitamin yang bisa dijumpai, dan selain itu ada juga kalsium, zat besi, folat, kalium, dan juga antioksidan. Dalam sayuran hijau, ada kandungan serat yang akan sangat berguna untuk pencernaan. Ini akan mencegah terjadinya sembelit yang mana akan sangat merepotkan ketika seorang wanita sedang hamil. Selain sayuran hijau, kacang-kacangan sangat diperlukan. Kacang panjang, kacang polong, dan pilihan lainnya bisa dimasak sebagai sayuran atau sebagai camilan sehat. Kacang-kacangan sangat baik karena kandungan nutrisi seperti protein yang akan sangat dibutuhkan dalam proses pertumbuhan janin. Lalu, ada juga kandungan folat yang sangat bagus untuk mencegah kecacatan serta mengurangi risiko bayi lahir dengan berat badan yang rendah.

Buah-buahan tentu diperlukan. Perpaduan antara buah dan sayur adalah hal yang sangat dibutuhkan di trimester pertama. Buah memberikan asupan vitamin yang masih belum ditemukan di dalam sayuran. Selain itu, antioksidan yang ada dalam buah tentu sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan sang ibu di masa awal kehamilannya. Setidaknya, buah harus dikonsumsi setiap hari. Buah seperti jeruk, pepaya, kiwi, mangga, alpukat, dan pisang sangat disarankan. Variasi buah memang diperlukan karena nutrisi yang ada di masing-masing sangat berbeda. Untuk membuatnya lengkap, ibu hamil perlu asupan susu serta produk olahan susu. Ini bukan sekedar untuk kandungan protein saja, tapi juga fosfor, hingga bakteri probiotik yang akan diperlukan dalam menjaga pencernaan.