April 6, 2020

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Sedap dan Mudah

Resep sambal goreng kentang ati dibawah ini bisa Anda coba sajikan ketika lebaran tiba. Makanan ini memang menjadi makanan favorit hampir semua orang. Apalagi cara membuatnya memang mudah, jadi Anda harus mulai mencobanya kapan-kapan.

Biasanya selain menambahkan irisan ati, sambal goreng kentang terkadang juga dicampur dengan petai. Jangan khawatir, rasanya sungguh sangat spesial apalagi untuk Anda yang suka petai. Penasaran? Yuk langsung saja disimak di bawah ini resep dan caranya membuatnya.

Resep Sambal Goreng Kentang Ati Sedap dan Mudah

Untuk membuat sambal goreng kentang ati, bahan-bahan yang harus Anda siapkan di antaranya adalah 500 gram kentang. Cuci dan kupas kentang hingga bersih lalu potong dadu agar lebih artistik.

Siapkan juga 6 buah ati ampela ayam, cuci bersih lalu rebus hingga matang. Setelah matang Anda bisa memotongnya menjadi kotak-kotak agar seragam dengan kentangnya.

pexels.com

Untuk bumbu-bumbunya Anda bisa menyiapkan 100 gram cabai, 1 buah tomat, 5 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 lembar daun salam dan 1 batang serai. Siapkan juga 1 sdt gula pasir, 1sdt kaldu jamur, 1 sdt garam, 1 cm lengkuas dan  sdm minyak sayur.

Setelah bahan-bahan siap, Anda bisa memanaskan minyak goreng dan masukkan kentang yang sudah dipotong kotak-kotak. Setelah berubah menjadi kecoklatan, Anda bisa mengangkat kentang kemudian tiriskan agar minyak kering.

Sembari menunggu kentang goreng kering, Anda bisa menghaluskan bumbunya. Haluskan dengan blender bumbu-bumbuan seperti cabai merah, bawang putih, bawang merah dan tomat. Kalau tidak punya blender Anda juga bisa menghaluskannya secara manual, yang penting harus benar-benar halus hingga mudah menyerap ke kentang dan ati.

Setelah bumbu dihaluskan, Anda bisa memanaskan minyak untuk kemudian menumis bumbu tersebut. Tambahkan daun salam, sereh dan lengkuas kemudian tumis hingga bumbu matang. Setelah itu masukkan kaldu jamur, gula merah, gula pasir dan garam. Koreksi rasa lalu tambahkan bumbu yang sekiranya masih kurang. Jika sudah pas, masak hingga bumbu matang dan berubah warna.

Setelah bumbu matang Anda bisa memasukkan kentang goreng dan ati ampela. Aduk hingga bumbu tercampur rata dengan kentang dan ati kemudian angkat jika sudah matang. Sekarang sambal goreng kentang ati bisa disajikan, Anda juga bisa menyimpannya dalam kulkas untuk kemudian dipanaskan keesokan harinya.

pexels.com

Sambal Goreng Kentang Hati Sapi Plus Petai

Anda harus menyiapkan kentang sebanyak 500 gram yang sudah dicuci kemudian dipotong dadu. Untuk hati sapi bisa Anda putuskan sesuai selera Anda, biasanya ukuran yang pas adalah 500 gram hati sapi karena jumlah kentangnya juga sama.

Sambil menyiapkan bumbu, kentang bisa digoreng terlebih dahulu hingga berwarna keemasan lalu tiriskan. Begitu juga hati sapi yang harus direbus selama 20 menit lalu potong kotak-kotak seperti kentang.

Karena ditambah petai, maka siapkan juga petai sebanyak 100 gram dan dibelah menjadi dua. Jika Anda tidak terlalu suka petai maka bisa menggantinya dengan kacang kapri, sama-sama berwarna hijau.

Siapkan juga 2 buah cabai merah iris tipis, 2 cm lengkuas yang dimemarkan, 1 batang serai, 3 lbr daun jeruk, 2 lbr daun salam dan 200 ml santan kental. Jangan lupa juga 1 sdt asam, 2 sdt garam, 2 sdt gula dan minyak goreng untuk menumis bumbu.

Untuk bumbu halusnya Anda bisa menyiapkan 8 buah bawang merah, 4 buah bawang putih, 5 cabai merah, 2 cm jahe dan 1 adt ketumbar halus. Bumbu bisa diulek atau langsung diblender jika ingin hasil yang cepat.

Tumis bumbu halus tersebut dengan minyak goreng sedikit lalu tambahkan serai, lengkuas, daun salam dan saun jeruk purut. Aduk hingga muncul aroma harum selama kurang lebih 5 menit.

Setelah 5 menit Anda bisa memasukkan kentang dan hati sapi dan aduk rata hingga bumbu bercampur dengan kentang  dan hati sapi. Jika sudah selanjutnya Anda bisa menambahkan petai.

Kemudian Anda bisa menambakan 200 ml santan kental dan air asam lalu kecilkan api. Tunggu hingga santan agak menyusut lalu tambahkan gula dan garam seperlunya. Koreksi rasa jika kurang pas Anda bisa menambakan apa yang dirasa kurang. Sentuhan terakhir bisa menambahkan cabai merah kemudian angkat lalu sajikan.

Demikianlah ulasan tentang resep sambel kentang goreng ati plus petai yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Jangan pernah khawatir tentang ide variasi masakan sehari-hari yang mudah dimasak ya. Kami punya banyak sekali referensi resep makanan terpercaya yang bisa menjadi solusi paling andalan untuk Anda. Happy cooking!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *