February 26, 2020

Beberapa Fakta Tidak Benar Terkait Jurusan Sastra Dan Bahasa Korea

Tidak bisa dipungkiri saat ini memang dunia Kpop sangat berkembang di Indonesia. Mulai dari girlband, boyfriend, hingga film atau drama Korea menjadi yang paling dicari oleh anak muda. Namun jauh sebelum ada hingar-bingar tersebut terdapat jurusan bahasa dan kebudayaan Korea – Universitas Indonesia untuk mahasiswa yang memiliki kemampuan di bidang berbahasa asing khususnya Korea. Tidak hanya itu sering terjadi pertukaran pelajar antara mahasiswa Universitas Indonesia dengan universitas yang ada di Korea.

Hal tersebut menjadi salah satu bentuk kerjasama dan komitmen untuk membangun dunia pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi. Namun hal tersebut terdapat beberapa fakta yang tidak benar terkait dengan jurusan sastra ataupun bahasa Korea. Berikut akan kami ulas beberapa fakta terkait dengan bahasa ataupun kebudayaan Korea di bidang pendidikan. Banyak Orang beranggapan jika sastra Korea ataupun bahasa kebudayaan Korea sangat sulit untuk dipelajari.

Namun ketika Anda masuk pada fakultas jurusan tersebut dari awal hingga akhir akan dijelaskan secara detail dengan metode yang modern. Sehingga mahasiswa di dalamnya juga akan cepat dalam merespon kurikulum berbahasa Korea. Jika dilihat dalam beberapa tahun terakhir negara Korea merupakan salah satu negara yang cukup peduli dengan dunia pendidikan. Hal tersebut memudahkan akses anak muda di Indonesia bisa bertukar mahasiswa dengan pihak negara Korea.

Namun fakta yang tidak benar lainnya ialah banyak sekali mahasiswa jurusan bahasa wajib menjadi kpop-ers. Namun Jangan cemas hal tersebut cuma mitos yang berkembang di kalangan anak muda saja. Kesempatan lain yang bisa didapatkan ialah bisa bertemu langsung dengan mahasiswa asli Korea. Hal ini tentu akan menambah link atau channel di dunia pekerjaan nantinya. Itulah beberapa fakta yang tidak benar terkait jurusan bahasa ataupun kebudayaan korea.

pixabay.com

Lima Prospek Kerja Yang Menjanjikan Bagi Lulusan Bahasa Atau Sastra Korea

Namun tidak gampang untuk masuk pada jurusan bahasa ataupun sastra Inggris terutama di Universitas favorit. Karena pada dasarnya mahasiswa yang terdapat di dalam Fakultas tersebut memiliki kuantitas dan kualitas baik. Jika Anda berminat untuk masuk pada fakultas tersebut bisa melakukan beberapa simulasi ataupun pengerjaan soal SBMPTN soshum. Hal tersebut sebagai upaya ikhtiar untuk masuk pada fakultas yang anda inginkan. Jika anda telah diterima pada fakultas sastra dan bahasa Korea Maka terdapat banyak sekali prospek kerja yang menunggu.

Apa saja itu? Apakah anda pernah memperhatikan sebelumnya? Berikut pada artikel ini akan diulas secara lengkap. Baca dari atas hingga bawah maka akan terdapat banyak sekali informasi atau wawasan baru. Pertama, nantinya lulusan sastra ataupun bahasa Inggris bisa menjadi penerjemah atau interpreter. Tidak bisa dipungkiri saat ini semakin banyak selebritis ataupun artis Korea yang mengunjungi negara Indonesia hanya sekedar untuk liburan, atau mengadakan konser dan meet and great.

Namun tidak jarang bahasa telah menjadi kendala untuk selebritis dalam melakukan komunikasi dengan fansnya. Sebagai solusi nantinya pihak event organizer acara pasti membutuhkan jasa seorang spiker atau interpreter yang menguasai bahasa Korea. Sehingga hal tersebut cukup berpotensi untuk anda dapatkan ketika memilih jurusan bahasa dan sastra Korea. Selain itu nantinya anda akan memperoleh banyak relasi ataupun teman baru, opsi lain Anda bisa menjadi tour guide freelance pada biro pariwisata internasional.

Selanjutnya anda bisa memperoleh wawasan di bidang writer. Tidak hanya bahasa dialek nya, menjadi seorang mahasiswa bahasa Korea akan diajarkan soal linguistik ataupun penulisan. Jika anda memiliki kemampuan ataupun fashion di bidang writer. Tentu menjadi penulis merupakan salah satu opsi yang cukup baik untuk mengibarkan karir anda. Pilihan garis untuk menjadi penulis cukup beragam, bisa menjadi penulis kreatif, menulis konten pada perusahaan startup, ataupun menulis novel.

Selain itu Anda juga berpotensi untuk menjadi dosen khususnya di bidang mata kuliah Bahasa Korea. Nantinya jika kesulitan untuk mencari informasi terkait lulusan bahasa korea bisa langsung datang atau mencari informasi pada situs edutore.com. Dalam situs tersebut terdapat banyak sekali informasi terkait dunia pendidikan ataupun informasi terkait berita terbaru. Apakah Anda berminat untuk mendaftarkan diri pada fakultas sastra dan bahasa korea?

pixabay.com

Berpotensi Untuk Menjadi Staf Kedutaan Besar Negara Korea-Indonesia

Siapa yang tidak mengenal kredibilitas universitas Indonesia? Tentu banyak sekali alumni dari universitas tersebut yang berkecimpung di dunia politik atau pemerintahan. Jika nantinya anda terdaftar sebagai mahasiswa bahasa dan kebudayaan Korea – Universitas Indonesia, maka salah satu prospek kerja paling baik ialah menjadi staf kedutaan besar antara negara Korea dan Indonesia. Bahkan dalam beberapa waktu lalu Presiden Jokowi juga memberikan kesempatan bagi milenial untuk menjadi staf khusus kepresidenan.

Hal ini bisa memberikan porsi lebih bagi para mahasiswa di bidang bahasa ataupun sastra Korea untuk berkontribusi dalam bidang apapun dengan pihak negara Korea. Bentuk kualifikasi menjadi seorang staf kedutaan besar harus memenuhi beberapa syarat termasuk mahir ataupun aktif berbahasa Korea dengan lancar dan baik. Itulah beberapa informasi terkait dengan pentingnya menjadi mahasiswa di bidang bahasa ataupun sastra Korea.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *