December 1, 2020

Kisah Dibalik Lantunan Terindah Shalawat Burdah

Bagi umat muslim bersholawat adalah hal yang memang harus dilakukan. Umat muslim di seluruh dunia memang memiliki kewajiban untuk melakukan sholawat akan tetapi hal tersebut cukup jarang dilakukan disamping karena kurangnya waktu, edukasi tentang shalawat serta cara yang cukup merepotkan untuk melakukan hal tesebut. Akan tetapi kini masyarakat tak perlu repot karena ada aplikasi download lagu yang dapat secara mudah digunakan oleh masyarakat untuk mendownload sholawat nabi yang akan di dengarkan. Menurut Berakal.com kini masyarakat dapat mendengar sholawat nabi dimana saja dan kapan saja tanpa perlu repot melafalkannya secara langsung. Kini para umat muslim dapat mendengar sholawat ini melalui aplikasi telepon seluler mereka. Dengan berbagai layanan dan kemajuan teknologi saat ini membuat masyarakat dapat secara mudah mendengarkan sholawat melalui aplikasi telepon seluler mereka.

Kisah Di Balik Terciptanya Shalawat Burdah

Shalawat burdah adalah salah satu sholawat yang sering kali digaungkan oleh masyarakat di negara-negara Islam. Tak hanya di kawasan tempat bermulanya Islam akan tetapi juga  di banyak negara Islam lainnya. Dalam banyak cerita sholawat burdah dibuat dan dikarang oleh imam Ahmad bushairi yang berasal dari Mesir. Bushiri atau Al bushiri sendiri adalah sebutan bagi sebuah daerah di kawasan Mesir. Di kawasan tersebut imam Ahmad bushairi belajar tentang gramatikal Arab dan sastra lalu belajar untuk menghafalkan Al Qur’an. Dari berbagai pembelajaran yang dia terima Ahmad bushiri semenjak belia membuat dia telah terbiasa untuk melafazkan dan menghafal berbagai hal tentang Al Qur’an.

Di kawasan tersebut Al bushiri terkenal sebagai seorang sufi yang mana terkenal dengan kemampuannya untuk menulis bait dan syair-syair indah. Sebagai seorang sufi Al bushiri telah banyak memberikan sumbangsih tentang literasi dan berbagai tulisan cantik dan indah yang telah dia lantunkan. Di suatu kisah diceritakan bahwa imam bushiri pernah mengalami sakit dan lumpuh hingga 3 tahun. Pada masa sakit ini lah Al bushiri berhasil menulis syair indah sholawat burdah yang sangat terkenal. Karena terkenal ini lah nabi datang dan berkunjung ke kediaman Al Bushiri. Nabi datang dengan jubah dan sorban putih yang kemudian menyelimutkan jubah tersebut pada Al bushiri. Al bushiri yang kala itu masih sakit dan lumpuh diminta oleh nabi untuk berdiri dan berjalan. Dengan kuasa Allah SWT Al bushiri dapat sembuh dan berjalan seperti biasa.

Sholawat Burdah Dan Beragam Penggunaannya

Berbicara tentang sholawat Burdah tentu tidak akan habis hanya dari cerita saja. Selain kisah dibalik terciptanya sholawat yang sangat indah dan mengagumkan ini, sholawat Burdah memang menjadi salah satu jenis sholawat yang paling banyak dilantunkan oleh umat Islam. Menurut bahasa Arab Burdah adalah lantunan qosidah atau syair yang berisi lantunan ayat yang ditujukkan untuk memuji nabi Muhammad. Sholawat Burdah ini juga merupakan salah satu sholawat yang memiliki lirik sangat indah dan memuji segala hal mengenai nabi Muhammad Saw. Sholawat Burdah sering dilantunkan oleh banyak kalangan dari berbagai umat muslim. Umat muslim di Indonesiapun sering kali melantukan barisan bait ini sebagai bentuk kecintaan mereka pada nabi Muhammad Saw dan sebagai salah satu cara untuk memuji segala hal mengenai keagungan nabi Muhammad Saw. Nabi Muhammad adalah nabi terakhir umat muslim yang menjadi panutan bagi banyak umat muslim di seluruh dunia.

Selain Indonesia banyak negara muslim yang juga melafazkan sholawat ini diberbagai kesempatan. Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki penduduk umat muslim terbesar sehingga berbagai sholawat telah terbiasa dilantunkan di tempat ini. Selain Indonesia kawasan timur tengah juga sangat sering melakukan sholawat ini sebagai salah satu bagian utama dari berbagai kegiatan mereka. Sholawat ini ditujukan untuk memuji nabi Muhammad dan mengagungkan nama nabi yang telah memberi pencerahan bagi umat muslim di seluruh dunia. Di beberapa negara Islam melantunkan sholawat ini beserta dengan bait dan artinya. Kawasan negara Arab biasanya akan mengadakan acara khusus untuk melantunkan sholawat ini dan mengkaji satu persatu informasi yang bisa diketahui atau bisa didapat dari lantunan bait ini. Dari acara ini lah biasanya anak-anak sekolah atau masyarakat umum memiliki banyak informasi dan akhirnya memahami secara tepat tentang sholawat ini.

Sholawat Burdah tak hanya sekedar sebagai salah satu lantunan ayat yang wajib dibaca saja akan tetapi sholawat Burdah dianggap sebagai salah satu cara terbaik atau termudah untuk mengapresiasi kerinduan pada nabi Muhammad Saw. Kerinduan pada nabi dengan melantunkan ayat-ayat dari sholawat Burdah bisa jadi salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh para umat muslim di seluruh dunia. Banyak sastrawan dunia yang menganggap bahwa sholawat Burdah ini adalah salah satu karya puisi terindah yang pernah tercipta. Hal ini tentu sangat membanggakan bagi umat muslim karena gaung sholawat Burdah bahkan telah diakui oleh banyak sastrawan dunia yang tidak beragama muslim sebagai salah satu bentuk puisi terindah yang pernah dibuat. Sholawat Burdah akan selalu menjadi sebuah lantunan ayat yang menunjukan betapa umat muslim sangat merindukan nabi Muhammad Saw.