February 26, 2020

Mengenal SSD Laptop

Saat ini telah hadir sebuah perangkat penyimpan data pengganti sebuah hardisk. Di mana pengganti hardisk ini memiliki kinerja yang jauh lebih cepat, jauh lebih tinggi, bahkan konsumsi dayanya pun terbilang cukup rendah. Akan tetapi, pengganti hardisk ini juga memiliki kinerja yang jauh lebih tinggi bahkan memiliki konsumsi daya yang terbilang rendah.

Nah, untuk salah satu pengganti hardisk yang biasanya terpasang pada sebuah laptop dinamakan dengan SSD. SSD ini adalah sebuah singkatan dari Solid State Drive. Saat ini apabila Anda akan membeli sebuah laptop terbaru, biasanya Anda akan diberikan penawaran akan memilih hardisk biasa HDD maupun menggunakan SSD.

Mengenal Apa Itu SSD

Ssd laptop maupun Solid State Drive ini adalah salah satu penyimpanan yang menggunakan serangkaian IC yang digunakan sebagai memori dan juga digunakan untuk menyimpan sebuah data maupun informasi.

Semua orang sudah dipastikan tidak akan asing lagi dengan USB Flash Drive maupun USB Thumb Drive atau juga USB Memory Stick. Ini adalah salah satu alat elektronik yang bisa digunakan untuk menyimpan sebuah data yang juga bisa dibawa kemana saja kemudian dicolokkan pada terminal USB computer ketika Anda ingin mengambil maupun menyimpan data.

pxhere.com

SSD ini juga bisa dianggap sebagai versi canggih dari USB Flash Drive dengan kapasitas yang jauh lebih besar bahkan memiliki sebuah fungsi sebagai pengganti Hardisk yang selama ini juga digunakan dalam sebuah perangkat computer.

Jadi, SSD ini adalah salah satu perangkat elektronik yang memiliki fungsi untuk menyimpan sebuah data seperti Hardisk atau HDD. Akan tetapi, konstruksinya ini juga digunakan seperti USB Flash Drive yang juga tersusun dari sejumlah IC sebagai sebuah memori. Seperti USB Flash drive, SSD ini juga tidak memiliki komponen yang bergerak di dalamnya.

Bahkan untuk data maupun informasi hanya disimpan di dalam microchips. Bahkan jauh berbeda dengan hardisk yang memiliki sebuah lengan mekanik yang juga bergerak kesana sini dan digunakan untuk menulis serta membaca data di atas sebuah piringan magnetic. Perbedaan ini juga nantinya membuat SSD mampu bekerja jauh lebih cepat dibandingkan dengan hardisk.

Hardisk HDD ini bergerak secara mekanik dan digunakan untuk mengambil serta menyimpan data maupun informasi. Sedangkan SSD ini bergerak secara elektrik dan digunakan untuk menyimpan maupun mengambil data serta informasi. Tentunya SSD ini memiliki kinerja yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD.

Mengenal Komponen dari SSD

Mengenal pengertian serta komponen dari SSD ini memang sangatlah penting. Di mana banyak orang yang jual laptop bekas tanpa memberikan keterangan tentang spesifikasi apapun di dalamnya. Jadi, tentunya akan jauh lebih baik apabila Anda memahami komponen-komponen dari SSD yang ada pada laptop.

Pada umumnya, SSD ini akan menggunakan apa yang disebut sebagai flash memori dengan basis NAND. Ini adalah salah satu jenis memori Non-Volatile, di mana non-volatile ini memiliki makna berarti memori tersebut tetap bisa menyimpan data meskipun tegangan supplynya akan dimatikan. Hal ini juga merupakan salah satu prinsip dasar dari sebuah memori permanen seperti USB Flash drive.

Sebelumnya, banyak yang meragukan ketahanan data yang tersimpan di dalam memori jenis ini. Bahkan banyak orang yang juga beranggapan bahwa data yang tersimpan ini hanya mampu bertahan selama beberapa tahun saja. Data ini pun akan lenyap apabila disimpan jauh lebih lama lagi. Akan tetapi, kenyataannya, tidak demikian terlebih lagi dengan teknologi masa kini.

pxhere.com

Mengenal Perbandingan SSD dan HDD

Sebelum membeli dari beberapa orang yang jual laptop bekas, akan lebih baik Anda juga memahami perbedaan dari SSD maupun HDD. Di mana beberapa perbedaannya adalah:

  • Komponen Daya

Untuk SSD memiliki daya 2 sampai dengan 3 watt, sedangkan HDD memiliki daya 6 sampai dengan 7 watt.

  • Harga

Untuk harga SDD ini tentunya jauh lebih mahal dibandingkan dengan HDD pada umumnya.

  • Kapasitas

Untuk SSD ini memiliki kapasitas yang kurang dari 1 TB untuk notebook, sedangkan untuk desktop ini maksimal 1 TB. Sedangkan untuk HDD notebook dengan ukuran 500 GB sampai dengan 2TB dan untuk desktop dengan kapasitas 6 TB.

  • Noise atau Kebisingan

Untuk SSD ini tidak memiliki komponen yang bergerak. Sehingga nantinya tidak akan menghasilkan suara yang bising. Sedangkan untuk HDD ini memiliki komponen yang bergerak sehingga terkadang menghasilkan suara yang bising.

Jadi, untuk kesimpulannya adalah SSD laptop ini memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan HDD. Untuk membeli sebuah laptop terbaik dengan memori atau penyimpanan SSD ini, Anda semua diharuskan untuk mencari begitu banyak referensi. Di mana jenis laptop yang akan Anda beli ini sudah sesuai dengan semua komponen dan spesifikasi yang Anda butuhkan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *