October 26, 2020

Sudah Tahu Ciri-Ciri Kain Sutra Yang Harus Anda Ketahui ?

Sutra adalah salah satu jenis bahan yang berasal dari serat protein alami yang bisa ditenun dan menjadi bahan kain. Terdapat salah satu jenis kain sutra yang umum yang digunakan sebagai bahan pembuatan kain yakni yang berasal dari serat sutra yang dihasilkan dari kepompong ulat sutra murbei. Sehingga tekstur bahannya akan terasa lebih nyaman saat dikenakan. Selain itu, ada pula ciri-ciri lain yang bisa anda ketahui tentang kain satu ini. Berikut simak ulasannya.

Sekilas Tentang Kain dengan Bahan Sutra

Sutra merupakan serat protein alami yang dapat ditenun dan menjadi tekstil. Pada umumnya jenis sutra yang dijadikan untuk bahan membuat kain adalah kepompong yang dihasilkan oleh larva ulat sutra murbei. Selain digunakan untuk bahan pembuatan kain, serat sutra juga dapat digunakan untuk bahan pakaian yang berkualitas tinggi seperti gorden, seprei, benang jahit dan juga benang sulam hingga kain parasut dan senar musik.

Jika dilihat dari proses pembuatannya, kain sutra sendiri terbagi menjadi dua kelompok. Diantaranya adalah kain yang dibuat dengan alat tenun mesin atau ATM dan sutra yng dibuat dengan alat tenun bukan mesin (ATBM). Berdasarkan jenis pembuatannya tersebut, masing-masing tentunya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Ciri-Ciri Dari Kain Dengan Bahan Sutra Yang Wajib Untuk Anda Tahu

Karena kepopuleran kain satu ini, maka banyak juga beredar kain berbahan sutra dengan kualitas KW. Untuk itu, anda juga harus selektif dan mengerti ciri-ciri dari sutra yang asli. Adapun ciri-cirinya adalah pada sutra yang asli, maka benang penyusun yang terdapat sangatlah kuat sehingga tidak mudah lepas. Selain itu, kain dengan bahan sutra asli mempunyai kekuatan menyerap yang baik. Sehingga akan terasa dingin ketika digunakan meskipun pada suhu yang panas.

Untuk kandungan asam amino yang terdapat di dalam serat sutra menjadikan kain tersebut terasa lebih lembut ketika menyentuh kulit. Selain itu, kain yang berbahan sutra juga mampu berfungsi sebagai tabir surya yang berguna untuk melindungi kulit manusia dari paparan cahaya ultra violet yang ditimbulkan oleh matahari

Tak hanya itu saja, bahan sutra pun memiliki keunikan yakni dapat bercahaya layaknya mutiara. Hal tersebut disebabkan karena adanya susunan fibroin atau protein yang dihasilkan dari ulat sutra yang terdapat pada serat sutra. Dan ciri yang terakhir adalah serat benang sutra yang asli, ketika dibakar akan cepat habis dan juga mengeluarkan bau yang khas seperti bau rambut yang terbakar. Dengan beragam ciri tersebut, maka tentunya anda dapat membedakan kain sutra yang asli dengan tidak.

Dengan berbagai ciri dan kelebihan yang terkandung dalam kain berbahan dasar sutra tersebut, tak heran jika kain satu ini dijuluki dengan queen of fabrics. Dimana dapat diartikan jika kain satu ini sangat lembut, berkilau, mewah dan halus. Untuk itu, anda haruslah mampu untuk mengetahui jenis sutra yang asli atau palsu agar anda tidak tertipu jika ingin membelinya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *