May 28, 2020

Tempat Kursus Mekanik Motor Injeksi Terbaik dan Termurah

Perkembangan teknologi yang begitu pesat menyebabkan semakin banyak produk baru yang tercipta. Salah satu hasil dari perkembangan teknologi khususnya di bidang otomotif adalah lahirnya teknologi injeksi. Jika dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yaitu karburator, teknologi injeksi termasuk teknologi terobosan yang melampaui karburator.

Betapa tidak, tidak seperti karburator yang masih bergantung pada settingan manual, teknologi injeksi telah menggunakan settingan otomatis dan dilengkapi dengan berbagai sensor canggih. Dengan kelebihannya yaitu lebih efisien dan irit konsumsi bahan bakar serta sifatnya yang lebih ramah lingkungan menyebabkan teknologi injeksi perlahan-lahan menggeser karburator.

Sebagai teknologi yang mulai digunakan di seluruh dunia, tentunya teknologi injeksi memiliki prospek yang baik dalam bidang otomotif sehingga sangat wajar jika teknologi ini mulai dipelajari oleh para mekanik maupun calon mekanik. Tidak sulit untuk mempelajari teknologi injeksi karena sudah banyak tempat kursus mekanik yang menyediakan materi pembelajaran tentang teknologi injeksi.

Memilih Tempat Kursus Mekanik Motor Injeksi

ilustrasi (photo: pixabay.com)

Tempat kursus mekanik motor injeksi terbaik dapat diketahui dari beberapa hal yaitu sebagai berikut:

  1. Materi yang diajarkan

Tempat kursus mekanik motor injeksi terbaik akan mengajarkan materi yang relevan. Dengan kata lain, materi yang diberikan dan diajarkan harus mengikuti perkembangan zaman misalnya untuk  materi motor injeksi adalah anti-lock braking system, combi brake system, idling stop sytem dan starter ACG.

Anti-lock braking system atau yang biasa disingkat ABS adalah sistem pengereman pada motor yang diatur sedemikian rupa agar saat pengereman mendadak tidak terjadi penguncian roda. Teknologi ABS dirancang dengan tujuan keamanan.

Dengan adanya teknologi sensor ABS, resiko terjadinya kecelakaan saat berada di jalanan licin atau saat melakukan pengereman mendadak diharapkan dapat berkurang. Jika ABS membuat roda tidak terkunci saat melakukan pengereman mendadak, maka combi brake system membuat rem depan dan rem belakang bekerja secara bersamaan.

 Idling stop systematau ISS adalah suatu sistem yang berfungsi untuk mematikan mesin secara otomatis saat sepeda motor sedang berhenti sejenak termasuk saat berhenti di lampu merah. Kelebihan teknologi ini adalah dapat mengurangi konsumsi bahan bakar yang tidak perlu. Akibatnya, emisi gas buang pun dapat berkurang sehingga lebih ramah lingkungan.

Teknologistarter ACG adalah teknologi yang membuat mesin sepeda motor terdengar lebih halus saat dinyalakan. Teknologi yang satu ini berbeda dari starter konvensional yang menggunakan gir. Teknologi starter ACGmenggunakan teknologi magnetik sehingga suara yang dihasilkan saat mesin dinyalakan lebih halus dan tidak berisik.

  1. Tenaga pengajar

Tenaga pengajar adalah faktor yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Tenaga pengajar yang profesional serta berkompeten akan membantu siswanya untuk mengerti serta memahami materi yang diberikan. Tenaga pengajar yang baik ditentukan salah satunya dari metode pembelajaran yang diberikan serta cara mengajar yang efektif.

  1. Kelengkapan sarana belajar

Tempat kursus mekanik motor injeksi terbaik akan menyediakan sarana belajar yang lengkap. Mulai dari sarana dan prasarana seperti bahan-bahan dan alat praktik yang lengkap, modul pembelajaran dengan materi yang lengkap, hingga sarana penunjang yang tak kalah penting yaitu ruang pembelajaran atau ruang kursus yang nyaman.

Meskipun terkesan sepele, namun ruang belajar yang nyaman sangat penting untuk mendukung proses belajar siswa. Ini karena ruang belajar yang nyaman dapat membuat siswa memfokuskan pikirannya kepada pelajaran yang diberikan.

ilustrasi (photo: pixabay.com)
  1. Biaya

Biaya adalah salah satu faktor yang sering dijadikan pertimbangan bagi seseorang saat akan mengambil kursus. Tentunya lembaga kursus yang menawarkan paket kursus dengan harga terjangkau akan lebih banyak dilirik, termasuk lembaga kursus mekanik yang menawarkan paket belajar serta fasilitas pembelajaran yang lengkap dan tenaga pengajar yang profesional.

  1. Metode pengajaran

Lembaga kursus yang baik adalah lembaga kursus yang membagikan ilmu dengan metode pengajaran yang mudah dimengerti dan dipahami yaitu metode praktik. Mengajarkan teori memang penting namun tanpa adanya praktik, teori tidak akan tersalurkan. Selain itu, metode praktik juga akan mempercepat proses belajar karena siswa akan lebih cepat memahami materi.

Ada banyak hal yang dapat dipelajari di tempat kursus mekanik motor injeksi. Meskipun hanya membutuhkan waktu singkat, namun pengetahuan serta keterampilan yang didapat tidak akan mudah terlupakan. Hal itu dapat terjadi karena metode pembelajaran yang berupa praktik langsung sehingga materi yang diberikan akan lebih mudah diingat.

Metode pembelajaran yang didominasi praktik langsung juga membuat masa belajar menjadi lebih singkat jika dibandingkan dengan metode pembelajaran yang berbasis teori. Dengan waktu belajar yang lebih cepat tentunya biaya yang dibutuhkan akan lebih sedikit.

Selain itu, tempat kursus mekanik motor injeksi juga umumnya memberikan garansi pengajaran hingga bisa atau jaminan lapangan kerja sehingga siswa akan merasa lebih termotivasi dalam belajar untuk menjadi mekanik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *