December 5, 2021

Tips Ampuh untuk Peternak Domba Agar Meraup Laba yang Tinggi

Banyak orang yang memilih daging domba karena harganya murah dibandingkan daging sapi. Beternak domba merupakan peluang usaha yang menjanjikan. Apalagi jika domba yang diternak cepat besar, maka peternak bisa menjual dombanya lebih cepat. Dengan demikian keuntungan yang diperoleh akan semakin tinggi. Apa Saja tips untuk peternak domba agar domba yang dipelihara cepat besar? Yuk simak ulasan di bawah ini

Cara Beternak Domba

  1. Menyiapkan Kandang untuk Beternak Domba

Membuat kandang merupakan syarat yang harus dipenuhi sebelum memelihara domba. Kandang yang baik akan membuat domba lebih nyaman dan tidak mudah stres, sehingga dapat tumbuh secara cepat. Kandang yang baik untuk domba harus memiliki lubang untuk menampung kotoran dan agak terbuka sehingga cahaya matahari dapat masuk. Buatlah kandang yang kuat sehingga tidak mudah rusak jika domba yang anda pelihara banyak bergerak.

  1. Memilih Bibit yang Tepat

Sebelum beternak domba, anda harus memilih bibit domba yang unggul agar tidak mudah terserang penyakit. Bomba yang sehat dihasilkan dari indukan yang unggul. Ciri-ciri indukan betina yang baik adalah memiliki badan yang besar dan panjang dan tidak terlalu gemuk, berumur 15-2 tahun, tidak terdapat cacat, bulunya tidak kaku serta selaput mata yang tidak pucat. Ciri-ciri induk jantan yang baik hampir sama dengan indukan betina.

  1. Memberikan Pakan yang Bagus Untuk Pertumbuhan

Pemberian pakan merupakan hal yang harus diperhatikan bagi peternak domba. Pakan yang sesuai akan mendukung proses pertumbuhan domba sehingga cepat besar dan gemuk. Pakan domba harus memiliki gizi yang seimbang dengan kandungan karbohidrat, protein, lemak dan mineral yang lengkap. Jenis pakan domba ada dua yaitu pakan hijauan dan pakan konsentrat. Anda juga bisa menambahkan suplemen organik untuk membantu penyerapan nutrisi.

  1. Perawatan Domba Agar Tetap sehat

Agar domba yang diternak tetap sehat dan tidak mudah penyakit, anda harus rutin menjaga kebersihan kandang. Bersihkan kandang dari sisa pakan domba atau kotoran dan semprot menggunakan disinfekttan. Selain itu, mandikan domba setiap seminggu sekali dan potonglah kukunya apabila sudah terlalu panjang. Anda dapat memeriksa tempat penyimpanan pakan domba agar tidak sampai ada jamur.

  1. Pengobatan Saat Domba Terserang Penyakit

Peternak domba harus mengenali gejala domba yang sedang sakit agar penyakitnya tidak semakin parah. Penyakit yang sering menyerang domba adalah penyakit cacingan dan kudis. Domba yang terserang penyakit cacingan dapat diobati dengan pemberian obat cacing seperti albedazol secara rutin. Sedangkan jika domba terserang penyakit kudis anda dapat membersihkan kulit yang terserang kudis dengan air hangat, lalu mengoleskan obat kudis.

Beternak domba memang sangat menguntungkan, apalagi jika jumlah domba yang diternak cukup banyak. Sayangnya beternak domba harus dilakukan dengan cara yang tepat agar domba yang dipelihara sehat dan cepat gemuk. Anda harus membersihkan kandang domba secara rutin agar domba tidak mudah terserang penyakit.